Aneka Tips: Membersihkan Karang Gigi Ternyata Mengerikan

Sampe gw umur 21 tahun ini, gw ke dokter gigi baru sekali. Itu pun waktu gw masih SD, nemenin nyokap gw ke dokter gigi. Terus gw disuruh sekalian periksa. Sebenernya ga ada masalah apa-apa, cuma ada gigi susu yang udah waktunya copot, tapi gw ga berani nyopotnya. Hehehe..

Nah pas beberapa hari yang lalu, gw ke dokter gigi lagi. Rencananya buat bersihin karang gigi. Soalnya kata temen gw (dan ikatan dokter gigi sedunia =P), bersihin karang gigi itu PENTING!

Berhubung gw takut dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan alat-alat kedokteran, malemnya pas mau tidur, gw jadi parno sendiri. Nanyain hal-hal ga jelas ke adek gw. Kira-kira begini percakapannya:

? Bersihin karang gigi sakit ga, sih?
Ga. Tapi kalo kena gusinya ya agak ngilu-ngilu dikit.
? Terus abis itu bisa langsung makan?
Bisa.
? Kerasa aneh ga?
Ga berasa apa-apa. Ga ada bedanya kayanya.
? Bersihinnya berapa menit?
Paling 10 menit lah.
? Capek donk mulutnya mangap 10 menit? *udah ga jelas nanyanya*
Ya ga mangap terus. Kan ntar tiap berapa menit disuruh kumur-kumur.
? Keluar darahnya ga?
Pas kumur-kumur ada darahnya sedikit, terus ada pasir-pasirnya juga.
? HAH, KELUAR DARAHNYA?? *udah parno*
Iya, tapi dikit doank, ga kerasa.
? Alatnya kaya gimana?
Kaya besi tipis panjang gitu. Pake listrik. Tapi biasanya ada yang manual juga.
? Tajem gitu, ya?
Iya, ujungnya tajem.
? Kalo kena lidah berdarah donk lidahnya? *makin ngaco*
…… *adek gw mulai kesel sepertinya* Bukan berdarah lagi, BISA KEPOTONG LIDAHNYA!!
? …………………….. *Gw makin parno, ga bisa tidur*
Keesokan harinya………
Gw dateng ke dokter gigi, dengan (sedikit) ketakutan. Berhubung adek gw nyuruh gw duluan, dengan sok berani akhirnya gw maju dan duduk di kursi pasien yang lebih nyaman daripada bangku sekolah gw.

Sang dokter ngecek gigi gw sebentar. Terus berkomentar: “Hmm.. lumayan sih, ga banyak-banyak banget”. Gw pun menarik napas lega. Terus dia ngambil alat mengerikan, yang kira-kira bentuknya mirip kaya gini:

Diambil dari: diniarsj.wordpress.com

Mulailah proses pembersihan karang gigi. Gw mulai denger bunyi-bunyi kreettt.. kreettt… Terus ada yang bergetar-getar juga.

Daaannnn…. pengumuman penting: Yang bilang bersihin karang gigi ga sakit itu BOHOONNGGGGG!! Hmm.. oke ga segitu dramatisnya sih, sebenernya ga sakit-sakit banget. Tapi suara alatnya yang bunyi kret-kret-kret bikin gw parno dan telinga gw sakit! Udah gitu linuuuuuuuuuu.. Pas disuruh kumur-kumur gw liat ada darah bercampur semacam pasir gitu, gw langsung merinding.

Dalam pikiran gw, “karang-giginya-lumayan-ga-banyak-banyak-banget” itu artinya sedikit, paling cuma 5 menit beres. Ternyataaaaa.. 15 menit lebih! Gw mau protes, tapi ga bisa ngomong jelas. Daripada lidah gw ketusuk terus putus atau bolong, gw memilih untuk diam saja.

Akhirnya setelah kurang lebih 15 menit, giliran gw selesai. Gigi gw berasa agak aneh dan ga nyaman. Agak sakit kalo mangap besar-besar atau mingkem kuat-kuat. Sambil nungguin adek gw, gw berdiri di depan kaca ngeliatin gigi gw yang masih sedikit berdarah-darah. Udah mirip kaya orang meratapi nasib di depan cermin.

Terus ternyataaaa adek gw cuma 5 menit!! Argghh, curang amet. Gw protes ke dokternya. Eh malah bilang gini: “Oh kalo adek kamu, karangnya masih muda. Jadi masih lembek dan gampang dibersihin. Kalo kamu, itu karang tua. Udah keras dan agak susah bersihinnya, makanya agak lama dan linu-linu.” Untung dokternya ngomong gitu pas udah selesai, jadi ga bikin gw tambah parno.

“Tapi kamu giginya bagus, kok. Rajin dibersihin aja, minimal 1 tahun sekali. Penting, lho. Soalnya kalo ga dibersihin, tulang gigi bakal tertekan dan rapuh. Akhirnya giginya bisa ompong,” si dokter nyeletuk lagi. Mungkin dia mau sedikit menghibur gw gara-gara liat tampang gw udah ketakutan.

By the way, gw mau infoin, harga buat ngebersihin karang berkisar antara 50 ribu – 75 ribu rupiah. Berhubung gw karangnya banyak, jadi bayarnya 75 ribu deh. Tapi gw sedikit kagum dengan si dokter dan peralatannya. Karang gigi gw semua lenyaaappp seketika!!

Pulang dari dokter, gw jadi sering berhalusinasi denger bunyi ‘kret-kret-kret‘ dan gigi gw jadi linu. Sampe pas mau tidur, gw agak takut sikat gigi. Hehehe..

Bagaimanapun, gw tetep puas karena sekarang gigi gw bersih, bebas karang gigi!

***

PS: Ga sesakit dan semengerikan itu, sih, sebenernya.. Cuma gw suka parno sendiri aja. Buktinya setelah 4 tahun kemudian (iyaaa, butuh 4 tahun buat ngumpulin keberanian), gw masih berani membersihkan karang gigi lagi. Pastinya harganya sudah lebih mahal dan prosedurnya pun sedikit berbeda.

Kisahnya gw tulis di: Pengalaman Kedua Membersihkan Karang Gigi.

Oh ya, buat yang giginya bolong, alangkah baiknya cepat ditangani. Kalo tidak, kemungkinan menjadi sangat menyakitkan dan harus dicabut, seperti kisah si Mr Hamburger yang gw tulis di: Pengalaman Mencabut Gigi Berlubang.

Salam sehat!

Share this!

33 thoughts on “Aneka Tips: Membersihkan Karang Gigi Ternyata Mengerikan

  1. Hahaha ternyata gigi anda lebih parah dari saya…
    Gigi saya malah lebih sehat sekarang…

  2. hahaha gw juga takut banget ke dokter gigi. walaupun ga sakit ya sebenernya, blm pernah jg lidah sampe kepotong *diih jangan sampe dah* tapi ttp aja buat gw dokter gigi itu syerem hahhaa

  3. Semalem gw baru bersihin karang gigi, awalnya parno karna liat alatnya dan bunyi suara alatnya… tp pas gw coba kaga sakit biasa aja. tp emang ngeluarin darah banyak si dr gusi… setelah dibersihin hasilnya enak dah pokonya… 🙂

  4. wah bagus donk klo gitu mbak..
    emang ga sakit2 banget sih, cm agak linu2 gitu n berdarah2, jadinya parno sendiri x_x
    tapi emang sih, setelah dibersihin enak hasilnya 🙂

  5. pengen ngebersihin item2 di gigi nih *karang gigi sih sebenarnya hehe*
    waktu darahnya keluar, itu kerasa sakit atau linu ? atau sakit + linu ?
    jadi takut nih ke dokter gigi …

  6. Kerasa linu sih, tp dikiiittt..
    Yg bikin serem tuh suara alatnya itu, bawa earphone aja 😀

    Wah ntar karangnya makin keras, makin linu lho. Jd mending buru2 dibersihin deh.. 😛

  7. kemaren aku mah baru tambal gigi depan gara-gara jatoh n gigi nya retak,,, 300rb buat tambal dan kayak nya aku tertarik mau bersihin karang gigi juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published.