Anjing Yang Baik Hati

Kalo ada nominasi anjing paling baik sedunia, kayanya si Miki bisa terpilih dan masuk 100 besar, deh. Memang sih, dia bukan superhero yang membasmi kejahatan dan menjunjung tinggi keadilan. Tapi dia bisa melakukan sesuatu yang manusia aja sulit melakukannya: Dia menyanyangi siapa saja.
Sayang Kucing
Kata sapa anjing dan kucing tidak bisa hidup rukun? Tumbuh besar bersama seekor kucing manis dan anak-anaknya, membuat Miki jadi berhati lembut.

Pernah suatu hari, ada anak kucing nyasar masuk ke dalam rumah. Melihat kejadian itu, kedua anjing gw yang lain kegirangan. Mereka berusaha menyerbu anak kucing yang ketakutan dan bersembunyi di sela-sela meja yang sempit. Miki, bukannya ikut menyerbu, tapi dia malah berdiri di depan kedua anjing lainnya, berusaha menghalangi mereka, bahkan menggonggong memarahi mereka. Si kucing, yang tidak mengerti bahasa anjing, tentu tetap diam dan ketakutan. Tapi dengan bantuan Miki, gw pun bisa membawa si kucing keluar dengan selamat.
Sayang Tikus
Setiap malam, Miki tidur di garasi depan yang sudah menjadi tempat penyimpanan barang. Tak mengherankan, di ruangan itu, ada tikus di mana-mana.
Hampir setiap harinya, para tikus menghampiri piring Miki untuk mengambil beberapa biji makanan anjing. Maklumlah, tikus kan ga bisa baca, makanya mereka ga tau kalo itu makanan anjing, bukan makanan tikus.
Beberapa tikus membawa satu per satu makanan kembali ke rumahnya, tetapi ada beberapa pula yang cukup berani dan makan di tempat. Melihat hal itu, gw ngeliat si Miki yang lagi ngeliatin para tikus dengan santainya tanpa bergerak sama sekali.
Gw panas-panasin, “Mik, itu makananmu dimakan tikus!” sambil gw tunjuk-tunjuk tikusnya.
Bukannya bangun dan ngejer tikus, Miki malah ngeliatin gw, seolah-olah matanya berbicara ‘Biarin aja, berbagi makanan itu indah’.
Sayang Ikan
Beberapa tahun lalu gw pelihara ikan mas di dalem akuarium. Seiring berjalannya waktu, ikan mas pun makin besar dan makin panjang badannya. Akuarium dengan panjang 2m itu pun, terasa sempit buat dia.
Suatu malam, saat gw sudah terlelap. Gw dibangunkan oleh gonggongan Miki. Berhubung Miki jarang sekali menggonggong, gw pun keluar kamar untuk melihat keadaan. Astaga! Miki lagi gonggongin ikan mas yang tergeletak tidak berdaya di lantai. Rupanya, ikan mas ini loncat keluar dari akuarium dan jatuh ke lantai. Berkat Miki, ikan mas itu pun tertolong dan kembali ke akuariumnya.
Beberapa minggu setelah kejadian tersebut, ikan mas dipindahkan ke rumah teman papa yang mempunyai kolam ikan. Semoga dia lebih leluasa dan bahagia di rumah barunya.
Anjing Suci
Tahu sendiri kan, anjing jantan biasanya mempunyai kemauan untuk ‘ehem-ehem’ yang besar. Lagi-lagi, Miki berbeda. Gw ga pernah liat dia ‘ehem-ehem’. Dia selalu jadi korban dari kedua anjing lain, kadang cuma bisa pasrah tidak mampu melawan. Bahkan saat kedatangan anjing betina, dia pun tidak tertarik dan lebih memilih untuk tidur.
Miki
Terima kasih untuk semuanya Miki.
You will never be forgotten. Your memories will always remain in our hearts.

Semoga kamu terlahir di alam yang lebih baik.

RIP Miki
2004-2015

Share this!

2 thoughts on “Anjing Yang Baik Hati

  1. Aku jadi ingat anjingku Dodo, juga sangat baik dan sangat cerdas.

    Memang hanya seekor anjing yang bisa mencintai seseorang lebih dari mencintai dirinya sendiri 🙂

    Dia akan selalu hidup dalam memori dan hati kita bukan? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.