Jalan-Jalan Terus: Zoo Negara Malaysia

Setelah mendengar Zoo Negara mendatangkan dua ekor panda dari China, gw memutuskan untuk berkunjung ke Zoo Negara lagi. Biaya masuk dengan atau tanpa melihat panda berbeda. Untuk turis, RM80 (sekitar 280 ribu rupiah) untuk masuk dan melihat panda, dan RM50 (sekitar 175 ribu rupiah) untuk masuk tanpa melihat panda.
Zoo Negara Malaysia

Zoo Negara bisa dibilang cukup luas. Ukuran tiap kandang cukup besar sehingga para binatang bisa leluasa bergerak. Di sini, ada 3 binatang yang favorit gw: tapir, penguin, dan panda.

Dari sekian banyak binatang di sana, hanya beberapa binatang yang gw foto. Binatang-binatang yang sering gw lihat, seperti gajah, jerapah, beruang, ular, buaya, kura-kura, monyet, kuda nil, dan lainnya. Berikut beberapa binatang yang gambarnya gw abadikan:

Tapir bobo
Harimau ngantuk
Penguin makan
Rhino jalan-jalan

 

Unta Punuk Satu bernyanyi

 

Kandang panda berada di bagian belakang Zoo Negara, nampak berbeda dari kandang-kandang hewan lainnya: indoor, ber-AC, dan terkesan mewah. Hanya yang membeli tiket untuk melihat panda yang bisa masuk ke sini. Satu tiket hanya untuk satu sesi berdurasi 20 menit.

 

Lima menit pertama dihabiskan untuk briefing. Perlu diketahui bahwa di dalam ruangan ini, pengunjung tidak diperbolehkan untuk membawa makanan dan minuman, teriak-teriak atau berlari-lari, karena itu membuat panda menjadi takut dan menjadi agresif.

Pas gw ke sana, ada sepasang panda bernama Xing Xing dan Liang Liang. Gw ga bisa bedain mana Xing Xing, mana Liang Liang, secara mereka ga pake name tag kaya anak sekolah gitu. Yang gw tau, salah satunya sedang tertidur lelap. Untungnya panda yang satu lagi justru sedang aktif-aktifnya. Dia memeluk batang kayu, berguling-guling, berjalan-jalan, memanjat, bergelantungan, kebingungan bagaimana cara turun, mendorong-dorong batang kayu, bahkan kaget sendiri saat batang kayu yang dia dorong terjatuh dan mengeluarkan bunyi yang cukup keras.

 
Sepertinya di menit pertama, gw udah langsung jatuh cinta sama hewan yang satu ini. Such an adorable animal!
Panda bermain
Aku lucu, kan?
Sepulangnya dari Zoo Negara, gw iseng-iseng mencari informasi tentang panda. Beberapa informasi membuat gw makin mengerti kenapa hewan ini jadi hewan langka.
Berikut beberapa fakta menarik tentang panda yang gw kumpulkan dari berbagai sumber:

  1. Inspirasi awal untuk menjadikan panda sebagai logo WWF datang dari lahirnya seekor panda bernama Chi-Chi ke Kebun Binatang London tidak lama sebelum WWF didirikan. “Kami menginginkan satwa yang karismatik, terancam punah, dan dicintai oleh banyak orang di dunia. Dengan menggunakan panda sebagai logo, kami juga dapat berhemat karena logo ini hanya memerlukan tinta hitam,” kata Sir Peter Scott, salah satu pendiri WWF Internasional.
  2. Panda adalah hewan yang soliter. Mereka hanya akan berinteraksi dengan panda lainnya saat ingin kawin.
  3. Masa subur panda betina sangatlah singkat, yaitu sekitar 2-3 hari per tahun. Selain itu, mereka juga dikenal sebagai hewan yang selektif dalam memilih pasangan. Parahnya lagi, sebagian besar panda jantan tidak memiliki ‘pemahaman’ yang cukup tentang kawin. Sebuah kebun binatang di Beijing malah memberi pendidikan seks dengan memutar video sepasang panda yang tengah kawin.
  4. Panda tidak bisa berlari kencang. Kecepatan lari tercepat mereka bahkan lebih lambat daripada kecepatan lari manusia.
  5. Meskipun 99% dari pola makan mereka adalah bambu, sistem pencernaan panda dirancang untuk mengkonsumi daging. Bahkan, panda hanya menyerap 20%-30% dari nutrisi bambu. Maka dari itu panda menghabiskan waktu 12-16 jam sehari untuk memenuhi nutrisi hariannya untuk bertahan hidup.
  6. Panda dewasa beratnya bisa mencapai 150 kilogram. Batas usia panda mencapai 30 tahun di penakaran dan 10-20 tahun di alam liar. Tinggi panda mencapai 150 cm
  7. Ibu panda berukuran 900 kali lebih besar daripada anaknya saat lahir. Ketika lahir, anak panda hanya berbobot 3-4 ons, besarnya mirip seperti bayi tikus.
  8. Bayi panda tidak bisa membuka mata setelah lahir. Diperlukan waktu sekitar 50 sampai 60 hari sampai anak panda bisa membuka matanya.
  9. Bayi panda perempuan membutuhkan waktu 4-5 tahun untuk menjadi dewasa dan bayi panda laki-laki membutuhkan waktu 6-7 tahun untuk menjadi panda dewasa.
  10. Panda betina bisa melahirkan 2 anak panda sekaligus. Namun, biasanya mereka menelantarkan salah satu anaknya agar bisa fokus ke anaknya yang lain.

BONUS: Panda adalah satu-satunya makhluk yang mempunyai lingkaran hitam di sekitar mata, tetapi tetap lucu. Berikut gambarnya:

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published.