Jalan-Jalan Terus: Itinerary Eropa Barat 13 Hari 12 Malam

Pas lagi bongkar-bongkar hard disk, gw nemu itinerary (daftar perjalanan) pas gw liburan ke Eropa Barat beberapa tahun yang lalu. Gw akan share di post ini, siapa tahu ada yang butuh.

Buat informasi, liburan gw ke Eropa Barat ini ikut tur, 13 hari lamanya. Selama di Eropa, transportasi yang digunakan dari satu objek wisata ke objek wisata lain, dan dari satu negara ke negara lain adalah bus, yang tentunya sudah diatur oleh tur agennya.

Total biaya untuk tur (termasuk visa, hotel, transportasi, tiket pesawat, dan makan di hari-hari tertentu) = USD 2.000 atau sekitar 20 juta rupiah (saat itu USD belum semahal sekarang).

Hari 1: Selasa, 07 Juni 2011

JAKARTA – ROME

 
Berkumpul di Bandara pada sore hari untuk bersama group tour memulai penerbangan ke Eropa.

Hari 2: Rabu, 8 Juni 2011

ROME

 
Pagi hari tiba di kota Roma, Anda langsung diajak untuk city tourmengunjungi Gereja Katholik terbesar di dunia ST. PETER BASILICA yang berada di VATICAN. Photo stop di COLLOSEUM, melempar koin di TREVI FOUNTAIN. Anda juga akan melewati ROMAN FORUM, SUNGAI TIBER, MONUMENT VITTORIO EMMANUELLE.
Antri masuk ke St. Peter Basilica
St. Peter Basilica
Bagian dalam St. Peter Basilica
Colloseum
Trevi Fountain

Hari 3: Kamis, 9 Juni 2011

ROMEPISA – PRATO

 

Perjalanan menuju kota Pisa untuk melihat menara miring PISA, BAPTISTERY & THE CATHEDRAL. Anda juga berkesempatan berburu berbagai souvenir khas Italy di toko-toko sekitarnya. Sore hari melanjutkan perjalanan menuju kota Prato.

Baptisery & The Cathedral
Menara Miring Pisa

Hari 4: Jumat, 10 Juni 2011

PRATO – VENICE

 
Perjalanan dilanjutkan menuju kota di atas air VENICE. Dengan menaiki taksi air dari pelabuhan TRONCHETO menuju pulau terbesar MURANO ISLAND untuk melihat DOGE’S PALACE, BRIDGE OF SIGH & ST. MARCO SQUARE dan dapat juga mengikuti tour tambahan naik gondola menyusuri kanal-kanal.
Bridge of Sigh
Venice

 

Hari 5: Sabtu, 11 Juni 2011

VENICELUCERNE

 
Melanjutkan perjalanan ke LUCERNE, salah satu kota tercantik di Swiss dengan pemandangan pegunungan bersalju abadi dan danau-danau. Setibanya langsung menuju hotel.

Hari 6: Minggu, 12 Juni 2011

LUCERNEMT TITLISLUCERNE

 
Menuju MT. TITLIS yang terkenal bersalju abadi dengan menaiki cable car hingga ketinggian 3.020m (bila cuaca mengijinkan) sambil menikmati keindahan pegunungan Alpen. Selanjutnya kembali ke Lucerne untuk mengunjungi CHAPEL BRIDGE, DANAU LUCERNE, LION MONUMENT dan toko-toko lokal yang menjual coklat, souvenir, hingga jam dengan berbagai merk terkenal.
Melihat salju pertama kali di Mt Titlis
Lion Monument
Chapel Bridge

Hari 7: Senin, 13 Juni 2011

LUCERNE – SCHAFFHAUSEN – TITISEE – FRANKFURT

Meninggalkan negara Swiss menuju kota FRANKFURT, GERMAN. Dalam perjalanan, Anda melewati SCHAFFHAUSEN yang dimana terdapat air terjun terbesar RHINE FALLS di negara Swiss. Kemudian Anda berkesempatan berkunjung ke TITISEE di kawasan hutan hitam atau “black forest” yang terkenal dengan pemandangan alam yang indah dan asal jam ‘cuckoo clock’.

Rumah-rumah di Frankfurt
Salah satu monumen di Frankfurt

Hari 8: Selasa, 14 Juni 2011

FRANKFURT – COLOGNE – AMSTERDAM

Hari ini perjalanan wisata dilanjutkan menuju negara Kincir AMSTERDAM dengan menelusuri Rhine Valley yang menemani perjalanan menuju COLOGNE yang terkenal sebagai asal parfum “Eu de Cologne – 4711″.

Cologne Cathedral, German
Amsterdam
Klompen Belanda

Hari 9: Rabu, 15 Juni 2011

AMSTERDAM – VOLENDAM – AMSTERDAM

Menuju desa nelayan VOLENDAM yang indah, Anda berkesempatan berfoto menggunakan pakaian tradisional Belanda. Kemudian city tour melewati NATIONAL MONUMENT, DAM SQUARE, CENTRAL STATION, ROYAL PALACE, mengunjungi pengasahan berlian yang terkenal COSTER DIAMOND dan dilanjutkan dengan canal cruise.

I amsterdam, di depan Coster Diamond
Canal cruise

Hari 10: Kamis, 16 Juni 2011

AMSTERDAM – BRUSSELS – PARIS

Pagi hari meninggalkan kota AMSTERDAM menuju kota BRUSSELS, BELGIA. Selanjutnya “Walking Tour” ke OLD TOWN untuk mengunjungi GRAND PALACE, GROTTE MARK,lambang kota Brussels MANNEKEN PIS dan acara shopping coklat Belgia yang terkenal, souvenir, dan lainnya. Sore hari tiba di PARIS, PERANCIS untuk bermalam.

Grand Palace Belgium
Manneken Pis
Manneken Pis lagi makan waffles
 

Hari 11: Jumat, 17 Juni 2011

PARIS

Pagi hari Anda akan city tour di kota PARIS. Photo stop di EIFFEL TOWER. Selanjutnya melewati GEREJA NOTRE DAME, LOUVRE, ARC DE TRIOMPHE, CHAMPS ELYSEES, PLACE DE LA CONCORDE, dan INVALIDES. Sore hari Anda akan diajak shopping di GALLERY LAFAYETTE (Minggu / hari besar tutup!).

Eiffel Tower
Arc de Triomphe

Hari 12: Sabtu, 18 Juni 2011

PARIS – JAKARTA

Setelah sarapan, acara bebas dan berbelanja. Hingga tiba waktu nya di antar menuju bandara untuk meninggalkan kota Paris dengan penerbangan kembali ke Tanah Air.

Hari 13: Minggu, 19 Juni 2011

JAKARTA

Tiba di Jakarta dengan membawa kenangan indah wisata. Terima kasih atas partisipasi Anda dan sampai jumpa di acara wisata lainnya.

Share this!

16 thoughts on “Jalan-Jalan Terus: Itinerary Eropa Barat 13 Hari 12 Malam

  1. Hi…great travel…and so many nice picture…
    Mbak..boleh dong infonya travel 13 harinya dulu travelnya apa ya???
    mohon di share…thank you

  2. Hi Stefanie,
    Mau nanya nich, kira2 kalau kita mau apply US Visa di Singapore, gimana ya caranya?
    kira2 persyaratannya apa aja?
    Soalnya saya ada customer di US sana. dan Pimpinan perusahaan tempat saya kerja berencana mengatur saya dan sales lain untuk ke sana. Berhubung mereka Singaporean, keknya ga perlu visa. Karena saya Indonesian yang hold S Pass di Singapore.
    Minta saran dan cara2 nya ya..
    Thanks Stefanie

    1. Hi LL,

      Dulu sih aku ke website imigrasi US nya, terus isi form nya online. Semua diisi sedetail mungkin. Kalo untuk business trip, bisa taro minta nama, alamat, dan kontak customer di sana.

      Abis itu daftar buat interview, sekalian bawa surat pengantar dari HR. Interview nya cepet kok, ga nyampe 5 menit (tapi antrinya 1 jam). Waktu itu aku cuma ditanya: US nya mau ke mana, ngapain ke sana, di SG kerjanya apa, dan gajinya berapa. Terus officernya langsung kasih tau on the spot bakal diterima atau ditolak.

      Kalo diterima, passport bisa diambil (atau dikirim) 3 hari kerja kemudian. Kalo ditolak, nanti dia bakalan kasih tau alasannya dan kamu bisa coba lagi nanti.

      Harusnya kalo business trip dan punya S Pass atau EP, lebih mudah dan less strict.

  3. Haii…mau nnya donk
    Aku ada rencana mau ikut tur express dwidaya ke eropa barat+dubai akhir Mei ini…
    Nah di dftr perjalanannya itu cuman ditanggung makan pagi aja semuanya.
    Aku mau nanya soal makanan disana nih,
    Nasi pasti gk ada kali ya n serba roti semua ya?
    Harga makanan disana gmn ya? Mahal banget gk?
    Soalnya nanti ongkos lunch sm dinner ditanggung sndiri nih. 😔

    1. Hi Anonim,

      Aku komen yang soal Eropa Barat ya, soalnya aku ga pernah ke Dubai.

      Kalo makan pagi yang ditanggung itu, kemungkinan besar ya makan di hotel. Berdasar pengalaman, semua hotel yang aku tinggalin di sana nyediain sereal, susu, roti, sosis, dan daging-daging an. Ga ada nasi / mie nya. Papaku, yang biasa makan harus pake nasi, sampe muak dan males makan pagi. Hihihi.

      Untuk restoran, mayoritas western restaurant, yang jualan steak, burger, sandwich, pizza, atau makanan barat lainnya. Kalo mau cari nasi, carinya ke Asian restaurants. Ada, tapi agak jarang. Untuk rasa, jangan dibandingkan sama yang kaya di Asia ya, di sana rasanya agak tawar hehehehe.

      Harga makanan lumayan mahal. Sekali makan berat bisa sekitar EUR 15 – 20 an per meal. Kalo mau murah, cari restaurant fast food kaya McD, Subway, atau sandwich / pizza pinggir jalan gitu. Kalo itu, kurang dari EUR 10 juga dapet.

      1. halo.. nanya juga dong.. itu klo meals nya kosong dari travel agent nya, kita nyari sndiri berarti jalan sendiri dari hotel or gmn sis? (mungkin bisa share pengalaman)
        ak rencana mau pergi nih.. rutenya hampir sama kayak sis punya 13 hari 10 malam. dan bolong makannya banyak banget..
        mau siapin dana nya biar ga meleset antara belanja dan makan …
        aku ajak bonyok dan pergi sama suamiku… suamiku uda pesen suru bawa rice cooker mini ama beras dia kapok2 di turki kangen ama nasi… (aku bilang malu nanti ama temen2 1 group tour… hahaha )
        air minum mahal ga di sana? or kita bisa bawa water bottle untuk diisi?
        toilet umum bayar ga sis? (hehe soalnya pas sy ke turki bayar kira2 uang indo 30rb an lah sekali ke toilet) hehe..

        ditunggu reply nya ya sis
        thanks..
        -vivi-

      2. Hi vivi,

        Kalo meal kosong, berarti harus cari sendiri. Bukan jalan sendiri dari hotel si. Jadi gini, misalnya dalam satu hari jadwalnya ke objek wisata A, B, sama C. Tiap lokasi biasa dikasih waktu 2-3 jam, dan semua kumpul lagi di tempat dan waktu yang dijanjikan. Selama 2-3 jam ini, kamu ya dilepas, bebas kemana aja asalkan nati balik lagi ke tempat perjanjian. Mau foto-foto silakan, mau shopping silakan, mau makan ya boleh, ga makan pun ga apa-apa. Semua biaya ditanggung sendiri dan harus pinter-pinter bagi waktu aja.

        Hmm.. kenapa malu? Orang-orang Indonesia banyak kok yang bawa rice cooker kecil, malah ada yang bawa rendang instant segala. Hihihi. Lumayan buat menghemat lho. Soal air minum, ga perlu beli, karena keran air dingin bisa langsung minum. Kalo takut, bisa beli air botolan yang besar di supermarket. Aku ga inget harganya berapa, tapi ga mahal lah. Dan kalo beli air minum diperiksa baik-baik, karena ada yang sparkling water.

        Toilet umum di objek-objek wisata gitu rata-rata bayar, mahal pula :(. Dulu sih average EUR 1 ya. Terus aku inget di Venice gitu ada yang EUR 2. Ah, pokoknya mahal deh toilet. Jadi kalo di hotel atau masuk restoran, puas-puasin pake toilet dulu sebelum jalan. Hehehe.

      3. Ooh, ok deh…
        Tengkiu yaaa sis buat infonya ☺☺
        Hehehe…

        Oyaaa mau nanya lg bole?
        Hehe, ngmng2 kartu prabayar disana gmn yaa??
        Soalnya aku sendiri pke tsel, n aku liat paket data buat ke eropa muahal banget 😢

Leave a Reply

Your email address will not be published.