Makanan yang Harus Dicoba Di Malaysia

Buat kalian yang ingin berlibur ke Malaysia ataupun yang sekarang berada di Malaysia, jangan lupa mencicipi makanan-makanan berikut. Beberapa memang bukan masakan yang benar-benar khas Melayu. Makanya, masakan serupa juga sering kita temui di Indonesia, Singapura, dan China. Akan tetapi, masakan-masakan tersebut juga sangat populer di Malaysia! Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba. Yang pasti rasanya ENAK TENAN!

Nasi Lemak

Sekilas, namanya terdengar seperti “Nasi berminyak yang bikin gendut”. Akan tetapi sebenarnya nasi lemak berarti nasi yang kaya rasa. Nama ini berasal dari proses memasaknya dimana beras direndam dalam santan dan kemudian dikukus. Biasanya proses memaksaknya menggunakan daun pandan sehingga rasanya khas.
Nasi lemak biasanya disajikan dengan sambal, irisan mentimun segar, ikan asin kecil yang digoreng, kacang goreng, dan telur rebus atau goreng. Lauknya bisa ditambah ayam goreng, cumi-cumi pedas, kerang, atau rendang sapi.
Nasi Lemak (Kuali.com, 2015)

Roti Canai, Roti Prata, dan Roti-Roti Lainnya

Salah satu makanan yang berasal dari India yang bisa ditemui di setiap mamak (India muslim) restoran. Roti canai banyak variasinya, ditambah telur menjadi roti telur, ditambah keju menjadi roti cheese, ditambah bawang merah menjadi roti onion, ditambah margarin dan gula menjadi roti planta, dan masih banyak lagi.

Roti-roti tersebut bisa dinikmati dengan berbagai cara. Namun umumnya dengan disajikan dengan berbagai pilihan kari: kentang, ayam, kambing, sapi, atau ikan. Beberapa variasi roti lainnya, bisa dinikmati dengan gula atau susu kental manis.

Roti canai (drnaz, 2012)
Roti Telur (Foodspotting, 2012)
Roti Tisu (thecattylife, 2010)

Nasi Kerabu

Nasi kerabu sangat populer di Kelantan dan Terengganu. Nasinya berwarna biru dan warna tersebut dihasilkan dari warna kelopak bunga Telang yang baik untuk kesehatan. Biasanya dimakan dengan ikan kering atau ayam goreng, daging, kerupuk, acar dan salad lainnya.
Nasi Kerabu (HealthWorks.my, 2014)

Kangkung Belacan

Kangkung belacan adalah masakan khas Melayu yang cara masaknya pun cukup simpel. Kangkung dicuci bersih dan ditumis dengan bawang merah, bawang putih, terasi, dan potongan cabai merah. Di Indonesia disebut juga kangkung cah terasi.

Kangkung Belacan (Morsels and Musings, 2008)

Kwie Tiau Penang

 

Hidangan yang sangat terkenal di Penang ini dibuat dari kwie tiau yang ditumis dengan lemak babi ditambah kecap manis, cabe, terasi, telur, sosis, udang, kerang, tauge dan daun bawang. Biasanya disajikan di atas selembar daun pisang atau di atas piring.
Kwie Tiau Penang (www.flickr.com/photos/avlxyz/)

Penang Laksa

Penang laksa dibuat dengan sup makarel ikan kembung dan asam yang memberikan sup rasa asam yang unik. Bahan-bahan lain yang membuat rasanya khas yaitu serai, lengkuas, dan cabai.
Penang Laksa (HealthWorks.my, 2014)

Penang Rojak

Penang rojak atau rujak khas Penang, sebenarnya mirip seperti rujak buah versi Indonesia, namun sedikit berbeda baik dari segi isi maupun saus. Penang rojak biasanya terdiri dari mentimun, nanas, mangga, jambu, bengkuang, apel dan potongan cumi goreng yang kecil. Semua buah dipotong kecil-kecil dan dicampurkan dengan saus hitam pekat yang dibuat dari gula, cabai, jeruk nipis dan pasta udang. Terakhir, ditambahkan kacang yang sudah dihancurkan dan kerupuk yang renyah.

Penang Rojak (Maureen Ow, 2013)

Bak Kut Teh

Bak kut teh terdiri dari iga babi direbus dalam bumbu dan rempah-rempah (kayu manis, cengkeh, dang gui, biji adas, bawang putih, dan bahan lainnya) selama berjam-jam. Walaupun secara harfiah berarti “Daging-Tulang-Teh”, namun sebenarnya tidak ada teh dalam hidangan tersebut. Teh ditambahkan dalam nama tersebut karena Teh Oolong (salah satu jenis teh China) yang biasanya diminum setelah memakan bak kut teh, dipercaya bisa melarutkan jumlah lemak babi yang berlebihan.
Untuk kuahnya, digunakan bahan-bahan ramuan Cina yang rasanya manis dan khas. Bak kut teh kuah biasanya dihidangkan dengan ditambahkan jamur, tahu, dan cakue.
Bak Kut Teh Soup (Food 2 Buzz, 2012)
Bak Kut Teh Dry (Food 2 Buzz, 2012)

Yong Tau Foo

Yong tau foo (yong tao foo / yong tau fu) adalah makanan China Hakka yang merupakan variasi tahu: kulit tahu, tahu putih, tahu goreng, ataupun tahu yang diisi dengan campuran daging atau ikan. Tak jarang ditambahkan sayuran seperti jamur, pare, okra, dan lainnya.

Yong tau foo dimakan dalam berbagai cara, baik digoreng kering dan dinikmati dengan saus dan sambel atau disajikan dengan sup yang rasanya khas.

Yong Tau Foo (vkeong.com)

Satay Celup

Satay Celup (atau sate celup) sangat populer di Melaka. Seperti sate pada umumnya, hidangan ini menggunakan bahan-bahan yang ditusuk dengan tusuk sate dan dimakan dengan bumbu sate. Keistimewaannya, sate celup menyajikan lebih dari 80 jenis sate, dari makanan laut, daging dan berbagai sayuran segar. Sebelum dimakan, sate-sate tersebut dibenamkan ke dalam panci yang berisi saus sate mendidih sampai matang.

Sate Celup (dslimbeauty, 2014)

Nasi Ayam Hainan

Dari namanya, bisa dibilang masakan ini berasal dari Hainan, China. Nasi ayam Hainan merupakan masakan yang sangat populer di Singapura dan Malaysia.

Cara membuatnya, ayam direndam dalam air mendidih sampai matang, kemudian dicelupkan ke dalam air dingin agar dagingnya tetap lembut. Ayam kemudian bisa dipanggang atau dimasak dengan kecap asin sesuai selera. Untuk nasinya, beras dimasak dengan kaldu ayam, jahe, dan daun pandan. Keduanya dinikmati dengan saus sambal yang rasanya asam-pedas.

Chicken Rice (Go Makan, 2014)

Chilli Crab

Chilli Crab sebenarnya hidangan khas Singapura namun tidak kalah populer di Malaysia. Hidangan ini tak sepedas namanya dan tak sepedas penampilannya. Kepiting lumpur, jenis kepiting yang biasa digunakan, ditumis dengan campuran saus tomat-cabai yang tebal, manis dan gurih.

Chili Crab (The Food Dictator, 2015)

Wantan Mee

Wantan Mee (Wonton Mee) yang artinya mie pangsit ini sangat terkenal di Hong Kong, Singapura dan Malaysia. Namun, versi Malaysia sedikit berbeda dengan versi negara asalnya, Hong Kong. Di Malaysia, mie telur yang berwarna kuning, dimasak sampai matang, ditiriskan, dan disajikan di atas piring. Mie tersebut kemudian ditambahkan kecap hitam dan dihidangkan dengan irisan babi panggang (char siew) dan sayuran. Pangsit dan sup biasa disajikan pada mangkuk terpisah untuk melengkapi kenikmatan mie.

Wantan Mee (Openrice, 2014)

 

Ada yang mau traktir nambahin?
Share this!

10
Leave a Reply

avatar
8 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
3 Comment authors
Po Stefanie AndriantaKue SempritRonPengobatan KeputihanHammad Rosyadi Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Kue Semprit
Guest

bagus ni Makanan yang Harus Dicoba Di Malaysia
jadi pengin ke malaysia lagi

Kue Semprit
Guest

Terimakasih Artikel Makanan yang Harus Dicoba Di Malaysia nya sangat bagus dan membantu sekali, semoga sukses selalu yaa .. Aamiin

Po Stefanie Andrianta
Guest

Gw malah sekarang lagi pengen pulang ke Indonesia karena kangen makanan Indonesia.
Makasih udah berkunjung.. Salam kenal 🙂

Kue Semprit
Guest

iyyya

Hammad Rosyadi
Guest

Waw.. jadi pengen banget ke malaysia.. hehe

Po Stefanie Andrianta
Guest

Semuanya bikin ngiler =D

Pengobatan Keputihan
Guest

kangkung nya yang bikin ngiler

Po Stefanie Andrianta
Guest

Yup, emang makanan-makanan ini udah tersebar luas.
Nasi Kerabu juga kayanya di Indonesia ada deh, pernah liat di mana gitu pas lagi jalan-jalan.

Ron
Guest

Selain nasi kerabu, semua udah pernah makan. 😀

Sebagian besar bisa ditemukan di Indonesia juga cuma beda namanya. Roti canai sama roti telur tuh paling demen kalau ke rumah makan india :p