Singapore Employment Pass

Akhirnya, setelah hampir 3 minggu menunggu, Singapore Employment Pass gw di approved juga! Terima kasih buat semuanya yang sudah membantu baik dalam bentuk doa, kata-kata motivasi, tenaga, ataupun waktu. Really appreciate it!

Kali ini, gw mau menjelaskan proses aplikasi Singapore Employment Pass. Tentunya, sebelum memulai proses ini, kamu harus sudah mendapatkan tawaran pekerjaan di Singapore. Kalo belum, coba daftar di situs-situs pencari kerja seperti Monster (khususnya IT), jobstreet, jobscentral, atau sejenisnya.

Balik lagi ke topik, secara garis besar, begini tahap-tahapnya pembuatan Singapore Employment Pass:

  1. Start Application
  2. In-Principle Approval
  3. Notification Letter
  4. Card Registration
  5. Work Pass Card

1. Start Application

Inilah titik awal di mana pembuatan Employment Pass (EP) / S Pass kamu dimulai. Setelah employer kamu mulai menyerahkan semua dokumen untuk Employment Pass ke MOM, kamu bisa mengecek statusnya sendiri secara online di website Ministry of Manpower (MOM) Singapore.


Proses ini biasanya memakan waktu 1-8 minggu. Gw sendiri, EP di-approved 13 hari kerja setelah date of application. Sedangkan Mr Hamburger,  yang juga ikut pindah ke Singapore, 14 hari kerja.

2. In-Principle Approval

Setelah 1-8 minggu, kalo semuanya lancar, status EP kamu bakal berubah menjadi ‘Approved’. Selamat!!!

Pada tahap ini, employer kamu akan mengirimkan In-Principle Approval Letter (IPA). Tugas kamu hanya mengecek baik-baik data yang ada di sana dan pastikan data diri kamu benar dan gaji juga sesuai persetujuan. IPA ini harus kamu print dan harus kamu bawa saat melewati imigrasi Singapore.

Selain sebagai bukti bahwa kamu masuk ke Singapore untuk bekerja, IPA juga berfungsi sebagai single entry visa. Kita sebagai orang Indonesia memang tidak butuh visa, namun beberapa negara asing membutuhkan visa untuk masuk ke Singapore.

IPA hanya berlaku selama 6 bulan, artinya, dalam waktu 6 bulan, kamu harus segera melapor ke MOM untuk mendapatkan Work Pass Card.

3. Notification Letter

Warga negara asing yang memasuki Singapore diwajibkan mengisi kartu kedatangan seperti yang terlihat di gambar berikut:

Disembarkation / Embarkation Card

Saat di imigrasi, kamu harus menyerahkan IPA dan kartu imigrasi di atas kepada petugas imigrasi. Halaman pertama dan kedua dari kartu imigrasi, akan disimpan oleh petugas. Sedangkan halaman ketiga dan IPA kamu akan dikembalikan. SIMPAN HALAMAN KETIGA KARTU IMIGRASI INI BAIK-BAIK.

Selanjutnya, datanglah ke kantor dengan membawa passport aslimu dan halaman ketiga kartu imigrasi tadi. Ikutin aja apa yang diminta oleh employer-mu. Gw sendiri hanya perlu menanda-tangani Declaration Form, yang intinya gw menyatakan kalo gw tidak sedang menderita / tidak pernah menderita HIV, AIDS, dan TBC; serta setuju untuk memberikan informasi apapun yang diperlukan oleh MOM. Sebagian mungkin harus melaksanakan Medical Check-Up, semua tergantung permintaan dari MOM dan biasanya sudah tertulis di dalam IPA.

Kemudian employer akan memberimu Notification Letter dan segala dokumen yang perlu kamu bawa ke kantor MOM, seperti pasport, IPA, kartu imigrasi, dan declaration form yang sudah ditandatangani olehmu dan oleh pihak employer. Daftar dokumen yang harus kamu bawa tercantum di halaman kedua Notification Letter.

4. Card Registration

Paling lambat, dua miggu setelah kamu mendapatkan Notification Letter, kamu harus segera melakukan Card Registration di kantor MOM. Kalo tidak, EP mu akan dibatalkan.

Setelah semua dokumen siap, buatlah appointment dengan MOM secara online melalui link INI. Datanglah pada tanggal dan waktu yang telah kamu pilih dengan membawa semua dokumen untuk pengambilan foto dan sidik jari.

Berdasarkan pengalaman gw, kamu boleh saja datang 1 jam lebih awal. Kalo sepi, bisa langsung dilayani. Gw sendiri di kantor MOM kurang dari 10 menit dan semua sudah selesai. Mereka kerjanya cepat dan tidak bertele-tele.

Setelah selesai, mereka akan mengambil semua dokumen yang kamu bawa, kecuali passport, IPA, dan Notification Letter. Mungkin ada yang bertanya, “Lho, terus kalo kartu imigrasinya diambil, gw ga bisa keluar dari Singapore sampe Work Pass Card gw jadi, donk?” Tenang saja, berbekal Notification Letter, kamu sudah boleh bekerja dan juga keluar masuk Singapore sebelum Work Pass Card kamu jadi, asalkan Notification Letter kamu belum expired.

Notification Letter ini sendiri berlaku sampai 1 bulan dari tanggal pengeluaran, waktu yang lebih dari cukup untuk menunggu MOM mengeluarkan Work Pass Card.

5. Work Pass Card

Empat sampai lima hari kerja setelah kamu menyelesaikan proses Card Registration, MOM akan mengirimkan Work Pass Card kamu ke kantor. Inilah akhir dari proses pembuatan Employment Pass.

Selamat, kamu resmi menjadi pekerja asing yang legal di Singapore!! Work Pass Card ini akan menjadi KTP-mu selama di Singapore, yang bisa kamu gunakan sebagai tanda pengenal, membuka rekening bank, keluar masuk Singapore dengan lebih leluasa, menggunakan auto gate di bandara, dan sebagainya.

Work Pass Card / Employment Pass Card

Frequently Asked Questions (FAQs) and Answers

Selama proses pembuatan Employment Pass (EP), banyak sekali pertanyaan yang timbul di benak gw, seperti pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Barangkali ada yang punya pertanyaan-pertanyaan serupa, semoga jawaban gw bisa membantu.

Apakah perbedaan Employment Pass (EP) dan S Pass?

Ada banyak tipe visa kerja Singapore, tapi yang gw sering denger cuma 2: EP dan S Pass. S Pass itu untuk skilled and semi-skilled workers dengan gaji minimum SGD 2.200 per bulan. Sedangkan EP itu untuk professionals dengan gaji minimum SGD 3.300 per bulan (Per 1 Jan 2017, gaji minimum naik menjadi SGD 3.600 per bulan).

Gw sendiri belum begitu paham apa keuntungannya EP dibanding S Pass, mungkin berpengaruh kalo kamu mau jadi Permanent Resident. Yang gw tau sekarang, pemegang EP dengan gaji minimum SGD 5.000 ke atas, bisa memperoleh Dependant’s Pass, artinya bisa membawa serta pasangan dan anak yang berumur kurang dari 21 tahun untuk ikut tinggal di Singapore. Untuk yang mau membawa serta orang tua, gaji minimumnya adalah SGD 10.000 per bulan.

Apakah gw mempunyai kualifikasi yang cukup untuk mendapatkan EP atau S Pass?

Silakan cek di SINI.

Berapa lamakah proses pembuatan Employment Pass (EP)?

Berkisar antara 1-8 minggu. Gw sendiri approved setelah 13 hari kerja.

Selama proses pembuatan EP, bolehkah gw dateng ke Singapore?

Boleh-boleh saja. Tapi maksimal 1x aja, ya. Karena katanya kalo keseringan, malah dicurigai dan ditolak. Udah gitu, jangan sekali-kali bilang ke pihak imigrasi kalo kamu lagi nungguin SP / EP. Bilang saja kalo kamu lagi berlibur.

EP gw statusnya ‘Pending inputs from vetting agencies. Expected outcome is 2 months from the Date of Application‘, apa maksudnya?

Status EP gw dari Pending ➾ Pending inputs from vetting agencies Approved. Stuck di status ‘Pending inputs from vetting agencies‘ sekitar 10-11 hari kerja.

Yang gw denger, kalo universitasmu tidak tercantum di SINI, MOM akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Status ‘Pending inputs from vetting agencies‘ itu berarti MOM sedang melakukan pengecekan terhadap pihak kampus, untuk memastikan bahwa kamu benar-benar mahasiswa di sana, CGPA (kalo di Indonesia lebih dikenal dengan nama IP) yang tercantum benar, dan ijazahmu asli. Lamanya proses ini biasa tergantung dari pihak kampus / universitasmu. Berdoa saja mereka merespon dengan cepat.

Apa yang harus gw lakukan kalo status EP gw ‘Pending inputs from vetting agencies‘?

Cukup menunggu dan berdoa.

Setelah EP gw di-approved, gw harus ngapain?

Employer-mu akan mengirimkan In-Principle Approval (IPA) Letter. Kamu cukup nge-print surat ini dan menunjukkannya ke petugas imigrasi saat memasuki Singapore. Setelah itu, datanglah ke kantormu sambil membawa passport asli dan kartu imigrasi. Employer-mu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan setelah itu.

Apa itu In-Principle Approval (IPA)?

Selain sebagai bukti bahwa kamu masuk ke Singapore untuk bekerja, IPA juga berfungsi sebagai single entry visa.

Apakah gw harus terbang menuju Singapore dari Indonesia?

Tidak. Dari negara mana saja tidak masalah.

Apakah gw harus medical check-up?

Tergantung permintaan dari MOM. Biasanya tertulis di dalam IPA apa kamu harus medical check-up atau tidak. Kalau tidak, kamu hanya perlu menandatangani declaration form yang menyatakan kalo kamu tidak menderita HIV, AIDS, dan TBC.

Declaration Form nya dapet dari mana?

Pihak MOM sudah mengirimkannya ke employer kamu, pada waktu yang bersamaan dengan IPA kamu.

Bolehkah gw medical check-up di luar Singapore?

Tergantung tipe visa nya. Ada yang boleh, ada yang tidak. Kalopun boleh, yang dites harus memenuhi syarat. Kalo ga salah, mereka nge-test HIV, TBC, Malaria, dan Syphilis.

Supaya aman, kalo memang diharuskan medical check-up, lebih baik medical check-up di Singapore saja, dokter sana pasti sudah terbiasa dan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Setelah gw punya IPA, bolehkah gw masuk ke Singapore sebagai turis untuk sekedar berlibur atau mencari tempat tinggal?

Boleh. Kalo memang niatnya mau berlibur, saat masuk imigrasi, tidak perlu menunjukkan IPA.

Setelah gw dapet Notification Letter, apa yang harus gw lakukan?

Dalam waktu kurang dari 2 minggu, segera buat appointment dengan MOM secara online di SINI. Datang ke kantor MOM pada tanggal dan waktu yang disepakati untuk pengambilan foto dan sidik jari. Jangan lupa membawa semua dokumen yang dibutuhkan, seperti yang tertulis di halaman kedua Notification Letter.

Bolehkah gw bekerja atau keluar masuk Singapore sebelum Work Pass Card gw jadi?

Boleh, asalkan Notification Letter masih berlaku.

Bolehkah gw bekerja sebelum mempunyai Notification Letter?

Tidak boleh.

Employment Pass gw di-reject. Gimana, donk?

Wah, maaf sekali, kalo soal ini gw ga bisa membantu. Mungkin bisa meminta employer kamu untuk menanyakan alasannya dan mengajukan appeal.

***

Buat para pembaca yang sedang gundah gulana menunggu Employment Pass-nya di approve, tunggu aja dengan sabar dan banyak-banyak berdoa!

Bagi yang bekerja di bidang IT, mungkin tertarik untuk membaca Daftar Gaji IT di Singapura sebagai referensi.

Cek juga postingan gw tentang biaya hidup di Singapura per bulannya di SINI. Atau untuk yang berencana ke Singapore dalam waktu dekat, supaya tidak kaget akan budaya mereka, baca dulu Budaya Masyarakat Singapura.

Share this!

274
Leave a Reply

89 Comment threads
185 Thread replies
7 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
51 Comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ari

Hi stefanie,

terima kasih infonya, cukup lengkap, cuman masih ada pertanyaan yang belum terjawab, kebetulan saya udah dapat kerja sekarang lagi proses aplikasi working pass ini, dokumen yang dibutuhin HR itu passport, ktp, dan ijazah(dalam bahasa inggris), nahh disini pertanyaan saya :
1. KTP dan passport yang dikirim itu foto copy atau asli ya ?
2. Perlu di legalisir kah ?
3. Rencana ijazah akan translate di sworn translator ke bhs inggris, butuh legalisir dari kampus/kemenhukam/kemenlu gak ya ?

Thanks ya sebelumnya.

Irfan

Hi Stef

Tulisannya bagus, bener2 membuka wawasan buat aku yg nol banget soal apply kerja ke Singapore.

Pengalaman kerjaku terhitung September ’18 1y8m, tepat 2 tahun di bulan Feb ’19 nanti dan Akan lulus S2 management di bulan oktober (Amin)… sekarang sebagai ERP Consultant.

Naah Ada beberapa pertanyaan stef
1. Dengan pengalaman kerja dan pendidikan seperti itu, kira2 salary yg pas di angka berapa ya kalo mau apply di akhir tahun ini?

2. Aku rencana mau langsung bawa istri, kira2 memungkinkan ga ya? Lalu persyaratannya apa aja?

3. Minimum salary di Singapore tahun 2018 untuk IT consultant berapa ya?

Thank you Stef 🙂

Theresia

Hai stephanie blh aku, tnya lg ? Utk kos daerah bedok yg murah di mn y? Blh aku minta email stephanie. Cu n gbu. Thanks y dear

Theresia

Hai stef sori y aku salah panggil nama, krn td siang agak panik. Tks n gbu

Theresia

Hai vivi blg minta alamat email krn byk yg nau sy tnyakan. Tks n gbu

Theresia

Stephanie sori y aku salah panggil nama.

Theresia

Hai vivi. Sy sdh dpt job d sing. Step pertama yg hrs sy urus d jkt apa aja y vi. Kl blh bs kita lanjut by email. Tks n gbu

vivi

Hi, aku baru dapet approval untuk S Pass, total dari tanggal submission nya it took 4 weeks. Nah sekarang, di IPA nya ada medical check up kan, orang HR nya bilang bisa ke klinik Raffles aja. Itu bisa langsung dateng aja trus kasi form yg dikasi barengan sama IPA nya trus tunjukin passpor aja gt? I’m aware that you didn’t go through this medical thing, ya kan? Then after I arrived in SG, apa yg harus aku lakuin dulu? Should I meet with the HR of the company or go directly for the med check up. I did asked them… Read more »

UnicornM

Hi Stef mau ikut bantu jawab aja ya kebetulan baru 2 minggu lalu ngejalanin semua. Kalo aku begitu sampe sg lgsg ke HR nya dan dikasih form utk rujuk ke klinik terdekat kantor. kemudian med check hari itu jg. nah bsk nya sudah bs mulai kerja, ketika hasil med check keluar, baru deh HR aku buat appointment sama MOM dan aku dtg ke MOM nya. in 3 days time s pass card bakal dikirim ke HR kita ^^ good luck on ur first day!!

UnicornM

sudaah jd setelah hasil medical check up keluar, HR lgsg buat appointment ke MOM dan aku pergi kesana abis lunch break, lgsg foto dll. 3 hari kemudian kartunya keluar deh. jd prosesnya semua serba gampang asal tau prosedur aja. aku rasa gak beda2 bgt sama waktu Stef apply EP. koordinasi aja sama HR nya, kebetulan HR ku helpful bgt sih jd mereka yg urusin jg.

Jaya

Hi Stef, thanks udah nulis ttg EP ini, setelah scroll2 komen dan ga nemu akhirnya memutuskan tanya. Pernah tau ga kalo misal EP dah diterima, tapi kita memutuskan ga jadi berangkat, misal utk suatu alasan. Itu resiko nya buat kita apa ya? Thanks.

Binz

Salam Kenal Stefanie, mo nanya buat keterima kerja di SG lebih prioritas pengalaman bidang IT ya? kalau bidang financial gt peluang keterimanya gmn ya? soalnya saya sdh lamar berkali2 lom ada interview sama sekali. saya pengalaman kerja financial 7thn lbh d jkt. Dan apakah kalau mau lamar kerja di SG harus sesuai skills dan pengalaman kerja yg expert ya baru ada peluang di interview? Terima Kasih

michael

hi stef mau nanya, ep gw disubmit tgl 3 august 2018. 3 august status pending, 6 august statusnya jadi “We need inputs from other agencies to process this application. In most instances, the outcome will be available in 4 week’s time. Some cases may take longer”. gw baca” di forum ini sepertinya tidak ada yg status nya kaya gt. bedanya apa ya dengan status yg “pending inputs from vetting agencies”? thank you.

UnicornM

hi stef apakah ada kemungkinan kalau lebih dari sebulan S-Pass nya bakal di tolak? punyaku udh sebulan lebih blm ada kabar 🙁

Gunawan

Mba stef gmn caranya ngecek ke MOM staus e pass kita yang sudah di daftarkan perusahaan,butuh apa aja?thanks

andiwahyutama

mbak stef, nanya dong,

td mbak bilang klo pas lg diperiksa sama petugas imigrasi, tinggal nunjukkin IPA sebelum EP nya jadi, tp abis itu dibilang juga jgn kasih tau petugas klo kita sedang menunggu progress pembuatan EP (termasuk ngakunya liburan aja). Jd yg bener gmn dong mbak ? hehhe

Thnks.

Yonas

My spass bru aja di reject 😭😭
I dont even know why..:(

Yonas

Hi Stef,

Aku udah lagi nunggu Spass nih, masih worry banget takut gak lolos..
Sekarang sih memang baru 6 working days ya.. semoga bisa cepat dapat kabarnya..

Jadi company ini bilang kalau EP akan butuh wkt sampai 3 bulan, oleh krn itu jdi dia apply-in Spass buat aku yg katanya cm 2-4 weeks.. cuma ak jd agak merasa rugi gmn gtu krn kayanya kalo dpt EP lebih enak aja ya.. but anyhow for now sih yg penting diloloskan sja deh spass nya hehe.. takut nih.. XD bantu doanya ya hehehe

Yonas

Hi Stef,

Aku udah lagi nunggu Spass nih, moga aja bisa lolos ya.
Baru 6 working days sih, jadi bersabar dulu deh.
Nah sebenernya temen2 aku yang udah di SG tuh semuanya EP, ini juga harusnya EP cuma company nya bilang akan di-apply kan Spass, karena kalau EP bisa sampai 3 bulan kata dia. Jadi di-apply Spass deh.
Nah karena hal itu jadi merasa rugi aja entah kenapa ya, karena rasanya lebih enak dapet EP.
Sekarang masih worry Spass gak lolos 🙁 Mohon doanya hehe..

UnicornM

halo stef, mau tanya dong. jd spesifiknya beda S pass sm EP itu apa yaa? soalnya aku ada di offer kerja gajinya +- 2000 sgd dan perusahaan yg apply work permit nya gitu ke mom nya. jd aku terima kabar aja dpt atau enggak. doain ya biar dapet! thank u for the sharing btw.

caroline

Hai semua, Mau share nih pengalaman apply EP. jadi sebelumnya aku pernah kuliah di salah 1 private uni sg slama 4 tahun. habis itu balik kerja di jakarta selama 2 tahun, karna mikirnya males tuh buang2 waktu cari kerja di sg. jadi tahun 2017 aku putusin buat cari kerja di sg dan kebetulan dapetlah karena di recommend ma sodara. nah kebetulan prusahaanku ini org sg nya dikit jadi gak bs apply S Pass. Di prusahaan ini aku di offer 3.8k buat apply EP, tapi pas coba SAT dengan gaji 3.8K cuman bs dapet S Pass, tapi prusahaannya tetep coba apply… Read more »

Arvelsky

Akhirnya terdampar disini.
Bulan depan juga rencana mau ke SG, masalahnya cuma kerja jadi exhibitor 4-6 hari.
Apa tetep perlu Permit?
Tapi kalo ketauan bakal amsyong juga.

Gabriella

Hi Stef,

thanks for making this blog entry yang helpful banget buat aku.
I will move to SG by end of this May 2018.
Dan punya pertanyaan untuk pajak penghasilan sih.
Karena yang d jelasin oleh company yang disana, gajiku secara bruto.
Kalo secara netto, pajak penghasilan Indonesian yang kerja disana dipotong berapa persen ya per bulan?
Maybe you can share some info?
Thanks a lot

April

Kak blog nya inspiratif banget lho. Oya mau nanya, untuk accounting finance ada peluang kerja kah untuk orang selain warga negara singapore? Trus kalo apply online gitu apa harus bikin account di jobstreet singapore ya? Aq punya account di jobstreet indonesia, tapi salary yg tertulis kan dalam nominal rupiah, sedangkan yg di apply kan SGD, gimana ya? Aq bachelor pengalaman 7 tahun kerja, sudah assessment online di mom, hasilnya: qualify for S pass only.

Jane

Hi, Stefanie.
Seneng banget bisa nemu blog kamu 🙂

Aku kerja di perusahaan korea di indonesia sebagai translator dan CRM. Kita punya cabang di singapore dan rencananya bos mau nugasin aku buat pindah ke cabang singapore dan kerja disana tapi selama 2 bulan aja. Nah aku bingung harus urus work permit atau ngga.
Rencananya awal mei aku udah harus berangkat ke singapore.
Mugkin kamu bisa bantu kasih inspirasi, hehe.

Terima kasih sebelumnya 🙂

Chris

Hi Stef,

Saya baru Akan kerja di SG bulan depan nih. EP baru Aja di approved.

Sekarang lagi cari info pajak penghasilan yang harus di bayar di SG nanti.

1.Bisa share ga pengalaman mu.
2. Saya baca2 di page irass, 6 bulan pertama pajak non resident. Apa betul?
3. Ada tax relief/refound per tahun ga ya?

Trims sebelumnya

Hi Stefanie ^^

Aku nemu blog kamu pas lagi cari info soal Spass and Epass.
Mau tanya soal temen kamu yang di-apply-in S-Pass dengan kualifikasi gaji S-Pass tapi dari MOM berubah jadi Employment Pass tersebut, pada akhirnya apakah jadi dia dapetnya E-Pass?
Soalnya visa aku juga sedang dalam proses vetting agencies itu, tapi di pass type tertulis Employment Pass bukan S Pass, jadi bingung.
Thankyou!

Yohanes

Hi mau share sedikit. Setelah penantian panjang, EP aku akhirnya keluar. Status EP Pending durasi nya sekitar 7 hari. Lalu status pending vetting sekitar 9 hari. Setelah itu approved dan sudah dapat IPA. Thanks God.

Hardo Sinaga

Halo Mbak Stefanie,
Saya Hardo, mau berencana ke Singapore Mei depan, sudah dapat IPA dari employernya. Saya mau tanya2 untuk paspor untuk bekerja ke SG, perlu ga sih pakai paspor TKI? Atau bisa hanya pakai paspor biasa? Karena aku lihat di situs imigrasi Indonesia ada paspor TKI dan paspor biasa.

Raissa

Hi teman-teman, Mau sharing ya. Aku tahun kemarin kerja di Singapore selama 4 bulan, EP holder. Sebenernya gak kepingin kerja secepat itu. Kerja di luar adalah keinginan aku banget. Tapi selama di perusahaan ini aku mendapatkan treatment tidak menyenangkan. Jadi aku memutuskan untuk cabut. Kemudian aku freelancing, balik ke Indo, liburan ke sana sini sambil apply kerja lagi di Singapore. Digital nomad. Sampai pada akhirnya dapat tawaran kerja lagi di pertengahan Februari 2018. Saat itu mau imlek, jadi delay diurusin EP-nya. HR cuti, libur perusahaan, dll. Mereka baru submit sekitar akhir Februari dan kemudian statusnya rejected. Katanya gara-gara sekarang EP… Read more »

Halo ka stefanie, Makasih bgt infonya sangat berguna.. Aku juga udah baca2 artikel2 kk, suka bgt! Pengen nanya ka, aku IT lulusan salah satu kampus swasta di indonesia BIN*S, aku baru lulus alias anak fresh-graduate dan aku punya sedikit pengalaman kerja, yaitu satu tahun as php backend programmer dan sometimes full-stack, remote working dengan satu perusahaan. Terus aku jg pernah exchange one sem di malaysia sih.. Yang mau aku tanyain dan minta saran ke kk, aku rencananya mau lamar kerja as fresh graduate ke singapore, aku baru lamar di jobstreet sm glassdoor, blm ada yg jawab, ada +-30 lamaran udah… Read more »

Livia

Hi ci, terimakasih atas artikelnya ya. Sangat membantu sekali. Tapi aku mau tanya, apakah visa ini juga bisa berlaku untuk yg mau melakukan internship?

Gunawan

Halo Stefanie,

Terima kasih sharing yang sangat bermanfaat, oh iya menurut pengalaman sis apakah suatu keharusan kita menguasai/setidaknya mengerti bahasa mandarin untuk dapat diterima kerja disana?
Apakah mayoritas perusahaan mensyaratkan kemampuan bahasa mandarin untuk kualifikasi kandidatnya? Mohon pencerahan.

Terima kasih
Gunawan