Singapore Employment Pass

Akhirnya, setelah hampir 3 minggu menunggu, Singapore Employment Pass gw di approved juga! Terima kasih buat semuanya yang sudah membantu baik dalam bentuk doa, kata-kata motivasi, tenaga, ataupun waktu. Really appreciate it!

Kali ini, gw mau menjelaskan proses aplikasi Singapore Employment Pass. Tentunya, sebelum memulai proses ini, kamu harus sudah mendapatkan tawaran pekerjaan di Singapore. Kalo belum, coba daftar di situs-situs pencari kerja seperti Monster (khususnya IT), jobstreet, jobscentral, atau sejenisnya.

Balik lagi ke topik, secara garis besar, begini tahap-tahapnya pembuatan Singapore Employment Pass:

  1. Start Application
  2. In-Principle Approval
  3. Notification Letter
  4. Card Registration
  5. Work Pass Card

1. Start Application

Inilah titik awal di mana pembuatan Employment Pass (EP) / S Pass kamu dimulai. Setelah employer kamu mulai menyerahkan semua dokumen untuk Employment Pass ke MOM, kamu bisa mengecek statusnya sendiri secara online di website Ministry of Manpower (MOM) Singapore.


Proses ini biasanya memakan waktu 1-8 minggu. Gw sendiri, EP di-approved 13 hari kerja setelah date of application. Sedangkan Mr Hamburger,  yang juga ikut pindah ke Singapore, 14 hari kerja.

2. In-Principle Approval

Setelah 1-8 minggu, kalo semuanya lancar, status EP kamu bakal berubah menjadi ‘Approved’. Selamat!!!

Pada tahap ini, employer kamu akan mengirimkan In-Principle Approval Letter (IPA). Tugas kamu hanya mengecek baik-baik data yang ada di sana dan pastikan data diri kamu benar dan gaji juga sesuai persetujuan. IPA ini harus kamu print dan harus kamu bawa saat melewati imigrasi Singapore.

Selain sebagai bukti bahwa kamu masuk ke Singapore untuk bekerja, IPA juga berfungsi sebagai single entry visa. Kita sebagai orang Indonesia memang tidak butuh visa, namun beberapa negara asing membutuhkan visa untuk masuk ke Singapore.

IPA hanya berlaku selama 6 bulan, artinya, dalam waktu 6 bulan, kamu harus segera melapor ke MOM untuk mendapatkan Work Pass Card.

3. Notification Letter

Warga negara asing yang memasuki Singapore diwajibkan mengisi kartu kedatangan seperti yang terlihat di gambar berikut:

Disembarkation / Embarkation Card

Saat di imigrasi, kamu harus menyerahkan IPA dan kartu imigrasi di atas kepada petugas imigrasi. Halaman pertama dan kedua dari kartu imigrasi, akan disimpan oleh petugas. Sedangkan halaman ketiga dan IPA kamu akan dikembalikan. SIMPAN HALAMAN KETIGA KARTU IMIGRASI INI BAIK-BAIK.

Selanjutnya, datanglah ke kantor dengan membawa passport aslimu dan halaman ketiga kartu imigrasi tadi. Ikutin aja apa yang diminta oleh employer-mu. Gw sendiri hanya perlu menanda-tangani Declaration Form, yang intinya gw menyatakan kalo gw tidak sedang menderita / tidak pernah menderita HIV, AIDS, dan TBC; serta setuju untuk memberikan informasi apapun yang diperlukan oleh MOM. Sebagian mungkin harus melaksanakan Medical Check-Up, semua tergantung permintaan dari MOM dan biasanya sudah tertulis di dalam IPA.

Kemudian employer akan memberimu Notification Letter dan segala dokumen yang perlu kamu bawa ke kantor MOM, seperti pasport, IPA, kartu imigrasi, dan declaration form yang sudah ditandatangani olehmu dan oleh pihak employer. Daftar dokumen yang harus kamu bawa tercantum di halaman kedua Notification Letter.

4. Card Registration

Paling lambat, dua miggu setelah kamu mendapatkan Notification Letter, kamu harus segera melakukan Card Registration di kantor MOM. Kalo tidak, EP mu akan dibatalkan.

Setelah semua dokumen siap, buatlah appointment dengan MOM secara online melalui link INI. Datanglah pada tanggal dan waktu yang telah kamu pilih dengan membawa semua dokumen untuk pengambilan foto dan sidik jari.

Berdasarkan pengalaman gw, kamu boleh saja datang 1 jam lebih awal. Kalo sepi, bisa langsung dilayani. Gw sendiri di kantor MOM kurang dari 10 menit dan semua sudah selesai. Mereka kerjanya cepat dan tidak bertele-tele.

Setelah selesai, mereka akan mengambil semua dokumen yang kamu bawa, kecuali passport, IPA, dan Notification Letter. Mungkin ada yang bertanya, “Lho, terus kalo kartu imigrasinya diambil, gw ga bisa keluar dari Singapore sampe Work Pass Card gw jadi, donk?” Tenang saja, berbekal Notification Letter, kamu sudah boleh bekerja dan juga keluar masuk Singapore sebelum Work Pass Card kamu jadi, asalkan Notification Letter kamu belum expired.

Notification Letter ini sendiri berlaku sampai 1 bulan dari tanggal pengeluaran, waktu yang lebih dari cukup untuk menunggu MOM mengeluarkan Work Pass Card.

5. Work Pass Card

Empat sampai lima hari kerja setelah kamu menyelesaikan proses Card Registration, MOM akan mengirimkan Work Pass Card kamu ke kantor. Inilah akhir dari proses pembuatan Employment Pass.

Selamat, kamu resmi menjadi pekerja asing yang legal di Singapore!! Work Pass Card ini akan menjadi KTP-mu selama di Singapore, yang bisa kamu gunakan sebagai tanda pengenal, membuka rekening bank, keluar masuk Singapore dengan lebih leluasa, menggunakan auto gate di bandara, dan sebagainya.

Work Pass Card / Employment Pass Card

Frequently Asked Questions (FAQs) and Answers

Selama proses pembuatan Employment Pass (EP), banyak sekali pertanyaan yang timbul di benak gw, seperti pertanyaan-pertanyaan berikut ini. Barangkali ada yang punya pertanyaan-pertanyaan serupa, semoga jawaban gw bisa membantu.


Apakah perbedaan Employment Pass (EP) dan S Pass?

Ada banyak tipe visa kerja Singapore, tapi yang gw sering denger cuma 2: EP dan S Pass. S Pass itu untuk skilled and semi-skilled workers dengan gaji minimum SGD 2.200 per bulan. Sedangkan EP itu untuk professionals dengan gaji minimum SGD 3.300 per bulan (Per 1 Jan 2017, gaji minimum naik menjadi SGD 3.600 per bulan).

Gw sendiri belum begitu paham apa keuntungannya EP dibanding S Pass, mungkin berpengaruh kalo kamu mau jadi Permanent Resident. Yang gw tau sekarang, pemegang EP dengan gaji minimum SGD 5.000 ke atas, bisa memperoleh Dependant’s Pass, artinya bisa membawa serta pasangan dan anak yang berumur kurang dari 21 tahun untuk ikut tinggal di Singapore. Untuk yang mau membawa serta orang tua, gaji minimumnya adalah SGD 10.000 per bulan.

Apakah gw mempunyai kualifikasi yang cukup untuk mendapatkan EP atau S Pass?

Silakan cek di SINI.

Berapa lamakah proses pembuatan Employment Pass (EP)?

Berkisar antara 1-8 minggu. Gw sendiri approved setelah 13 hari kerja.

Selama proses pembuatan EP, bolehkah gw dateng ke Singapore?

Boleh-boleh saja. Tapi maksimal 1x aja, ya. Karena katanya kalo keseringan, malah dicurigai dan ditolak. Udah gitu, jangan sekali-kali bilang ke pihak imigrasi kalo kamu lagi nungguin SP / EP. Bilang saja kalo kamu lagi berlibur.

EP gw statusnya ‘Pending inputs from vetting agencies. Expected outcome is 2 months from the Date of Application‘, apa maksudnya?

Status EP gw dari Pending ➾ Pending inputs from vetting agencies Approved. Stuck di status ‘Pending inputs from vetting agencies‘ sekitar 10-11 hari kerja.

Yang gw denger, kalo universitasmu tidak tercantum di SINI, MOM akan melakukan penyelidikan lebih lanjut. Status ‘Pending inputs from vetting agencies‘ itu berarti MOM sedang melakukan pengecekan terhadap pihak kampus, untuk memastikan bahwa kamu benar-benar mahasiswa di sana, CGPA (kalo di Indonesia lebih dikenal dengan nama IP) yang tercantum benar, dan ijazahmu asli. Lamanya proses ini biasa tergantung dari pihak kampus / universitasmu. Berdoa saja mereka merespon dengan cepat.

Apa yang harus gw lakukan kalo status EP gw ‘Pending inputs from vetting agencies‘?

Cukup menunggu dan berdoa.

Setelah EP gw di-approved, gw harus ngapain?

Employer-mu akan mengirimkan In-Principle Approval (IPA) Letter. Kamu cukup nge-print surat ini dan menunjukkannya ke petugas imigrasi saat memasuki Singapore. Setelah itu, datanglah ke kantormu sambil membawa passport asli dan kartu imigrasi. Employer-mu pasti tahu apa yang harus kamu lakukan setelah itu.

Apa itu In-Principle Approval (IPA)?

Selain sebagai bukti bahwa kamu masuk ke Singapore untuk bekerja, IPA juga berfungsi sebagai single entry visa.

Apakah gw harus terbang menuju Singapore dari Indonesia?

Tidak. Dari negara mana saja tidak masalah.

Apakah gw harus medical check-up?

Tergantung permintaan dari MOM. Biasanya tertulis di dalam IPA apa kamu harus medical check-up atau tidak. Kalau tidak, kamu hanya perlu menandatangani declaration form yang menyatakan kalo kamu tidak menderita HIV, AIDS, dan TBC.

Declaration Form nya dapet dari mana?

Pihak MOM sudah mengirimkannya ke employer kamu, pada waktu yang bersamaan dengan IPA kamu.

Bolehkah gw medical check-up di luar Singapore?

Tergantung tipe visa nya. Ada yang boleh, ada yang tidak. Kalopun boleh, yang dites harus memenuhi syarat. Kalo ga salah, mereka nge-test HIV, TBC, Malaria, dan Syphilis.

Supaya aman, kalo memang diharuskan medical check-up, lebih baik medical check-up di Singapore saja, dokter sana pasti sudah terbiasa dan lebih tahu apa yang harus dilakukan.

Setelah gw punya IPA, bolehkah gw masuk ke Singapore sebagai turis untuk sekedar berlibur atau mencari tempat tinggal?

Boleh. Kalo memang niatnya mau berlibur, saat masuk imigrasi, tidak perlu menunjukkan IPA.

Setelah gw dapet Notification Letter, apa yang harus gw lakukan?

Dalam waktu kurang dari 2 minggu, segera buat appointment dengan MOM secara online di SINI. Datang ke kantor MOM pada tanggal dan waktu yang disepakati untuk pengambilan foto dan sidik jari. Jangan lupa membawa semua dokumen yang dibutuhkan, seperti yang tertulis di halaman kedua Notification Letter.

Bolehkah gw bekerja atau keluar masuk Singapore sebelum Work Pass Card gw jadi?

Boleh, asalkan Notification Letter masih berlaku.

Bolehkah gw bekerja sebelum mempunyai Notification Letter?

Tidak boleh.

Employment Pass gw di-reject. Gimana, donk?

Wah, maaf sekali, kalo soal ini gw ga bisa membantu. Mungkin bisa meminta employer kamu untuk menanyakan alasannya dan mengajukan appeal.

Buat para pembaca yang sedang gundah gulana menunggu Employment Pass-nya di approve, tunggu aja dengan sabar dan banyak-banyak berdoa!

Bagi yang bekerja di bidang IT, mungkin tertarik untuk membaca Daftar Gaji IT di Singapura sebagai referensi.

Cek juga postingan gw tentang biaya hidup di Singapura per bulannya di SINI. Atau untuk yang berencana ke Singapore dalam waktu dekat, supaya tidak kaget akan budaya mereka, baca dulu Budaya Masyarakat Singapura.

Share this!

144 thoughts on “Singapore Employment Pass

    1. hi, Setahu wa EP yg sering kena pending for vetting input agencies. tapi kenapa ya wa S pass juga kena gitu. any idea ?

      qa org indo and study di singapore 6 tahun lebih got bachelor degree and also acca. qualified for both EP and S pass. tapi krn salary yg di offer hanya berqualified S pass maka mereka apply S pass for me. terus di status check nya tertulis pass type : employment pass and status berubah dr pending ke pending for vetting agencies, (4 hari setekah submit application)

      bantu doakan donk, pls

      1. Kalo diliat-liat, sepertinya kamu dapet EP tuh.

        Temenku juga ada yang begitu. Salarynya kurang dari 3.600, cuma qualified buat S-Pass. Tapi karena dia punya degree dan beberapa tahun exp (walaupun di bidang lain), dia dapet EP instead.

        Good luck ya, pray hard!

  1. Terima kasih atas postingannya bener bener membantu kita-kita yang uneasy, anxiously, harap-harap cemas, menunggu keputusan MOM. Informasinya cukup lengkap. Aplikasi saya dimasukkan tanggal 26 Februari 2016 dan keluar keputusan disetujui tanggal 15 Maret berarti sekitar 12 hari kerja. Beberapa hari sebelum tanggal 15 saya bolak balik ke artikel ini hahaha sambil ngarepdotcom untungnya semuanya lancar. Ty again.

  2. Mba, calon perusahaanku sedang mem-proses EP. Tapi saya tidak diberi tahu atau tidak disuruh untuk mengecek secara online. Apakah bisa saya menanyakan ke calon perusahaan ku, … dan apa saja yg perlu ditanyakan?

  3. Oh sama, perusahaan gw yang dulu juga ga ngasih tahu kalo bisa cek online. Aku malah taunya dari temen.

    Ga usah nanya apa-apa sih, cukup ke website MOM nya aja. Terus masukin nomer passport, nama, sama tanggal lahir kalo ga salah (yang jelas data diri pribadi. Ga perlu data calon perusahaan).

    Oh ya, ngecek nya harus pas jam kerja, Senin – Jumat gitu. Di luar jam kerja, ga bisa ngecek.

    Good luck ya, Bia 😀

    1. Hi, How long for the result for Spass (change company)? What is the meaning of “Pending inputs from vetting agencies. Expected outcome is 2 months from the Date of Application.”? I have been 11 days but the status still pending. Do you know why? Thank you

  4. Hi,

    Aku masih bekerja di sing sebagai S”pass holder. 15 OCt iniaku akan resign, Company yang baru ada apply, date of application 27/09/2016, dan sampai hr ini statusnya masi pending.
    Berapa persen untuk S’pass ku diapprove yah?
    Any idea?

    Thank you

    1. Hi Qian,

      Kalo baru pertama kali bikin, biasanya sekitar 3 mingguan (+/- 15 hari kerja) udah dapet keputusan.

      Kalo sebelumnya udah pernah kerja di SG, gw kurang tahu pastinya. Harusnya sekitar 15 hari kerja juga atau bisa lebih cepat.

      Masalah bakal di approve atau ga, cuma MOM dan Tuhan yang tau. Pastinya mereka bakalan ngereview pekerjaan kamu sebelumnya dan alasan resign nya juga. Kalo terlalu sering ganti pekerjaan dalam jangka waktu singkat, kemungkinan besar ditolak.

      Selama masih pending, berarti masih terbuka kesempatan. Pray hard and good luck ya 🙂

  5. Hi,

    Thank you for your reply.
    Aku sudah 1 tahun 8 bulan disini, Spass ku masih valid hingga 15 oktober (minggu depan akan di cancel dari current company), dan baru pertama kalinya aku ganti pekerjaan.
    Statusnya sampai sekarang masih “Pending inputs from vetting agencies”, expected outcome 2 months”.
    Well, my colic is only 4 days. hmm, well.. i think mom lebih strict utk org indo yah.
    Well.. pray for me

    Thank you

    1. Hi Qian,

      Kayanya sih aman lah kalo sebelumnya kerja hampir 2 taun gitu.

      Status ‘pending inputs from vetting agencies’ memang paling lama.

      Colleague nya orang mana nih? Malaysian atau bule kah? Biasa kalo malaysian atau bule gitu, memang cepet dapetnya, apalagi kalo universitasnya terdaftar di MOM list.

      Emang denger-denger, Singapore lagi memperketat foreigners yang mau kerja di SG sih.

      Anyway, moga-moga SP mu lancar!

  6. Hi, How long for the result for Spass (change company)? What is the meaning of “Pending inputs from vetting agencies. Expected outcome is 2 months from the Date of Application.”? I have been 11 days but the status still pending. Do you know why? Thank you

    1. Hi JW,

      It usually takes around 10 – 15 working days (2-3 weeks). I got mine in 12 working days.

      “Pending inputs from vetting agencies” means that they are still verifying your background and making sure that all submitted documents are valid. They might contact your university to verify your degree and other details are genuine. The result could come earlier or later, depending on how fast those agencies respond.

      All you can do right now is to wait patiently and pray hard. Good luck!

  7. Hi Salam Kenal,
    Mau tanya klo stefanie lulusan luar negeri ya sehingga bisa dapat EP pass, karena sekarang kerja di Spore susah karena foreigner dibatasin. Anyway thanks for sharing this article, it is really useful 🙂

  8. Hi, I have a question I’m hoping you can help me clarify.
    Does the status “Pending inputs from vetting agencies” usually only require checking education background or previous employments as well? Reason is my previous employer has had quite a bad reputation with the MOM and I’m worried that this will affect the assessment.

    Thank you in advance!

    1. Hi AM,

      The status “Pending inputs from vetting agencies” means they are checking on your educational background and your employment history. I heard, you will get a higher chance of approval if your new job pays significantly higher.

      I am not really sure regarding the previous employer’s reputation, but I believe that’s between them and MOM, they may face difficulties in hiring a foreigner in future. But it should not affect you.

      All the best and good luck.

  9. Hi stefanie,

    Aku lagi dalam tahapan change employment ne karena dapat offering yang lebih oke. Aku cek ep online statusku masih pending input from getting agencies. Nah selain ngecek education background, apakah MoM bakalan ngecek juga pengalaman kerjaku sewaktu masih di Indonesia juga kah?

    1. Terus apakah MoM ini dalam melakukan pengecekan terhadap employment history , bakalan menelpon perusahaan perusahaan tsb? Soalnya saya melampirkan juga semua surat referensi yang saya dapat selama waktu masih bekerja di jakarta.

      1. Thanks stefanie

        Jadi untuk lebih amannya mending nungguin sampai EP proses aku di approve saja ya baru aku ngajuin resign di tempat kerja sekarang? Btw kamu software programmer juga ta , spesialisasi di bahasa programming apa?

      2. Tergantung perusahaan yang sekarang berapa lama notice period nya terus nego sama perusahaan yang baru. Misalnya notice period 2 minggu, kamu bisa nego minta join 2 minggu setelah EP approved.

        Iya aku programmer juga. Biasa megang C#, tapi sekarang lebih ke database. Salam kenal 🙂

  10. Ic2, aku company sekarang notis 2 bulan, sudah di advise sama hr tempat kerja baru , tunggu sampai EP di approve dulu baru mengajukan resign. Wah se aliran kita .net juga ya

    1. Iya perusahaanku yang dulu juga 2 bulan. Jadi aku verbally bilang ke bos dulu sebelumnya. Baru setelah approved, aku officially kasih resignation letter.

      Untungnya bosku baik, kalo EP ditolak aku stay, kalo diterima aku pindah. Hehehehe.

      Good luck ya buat EP nya.

      1. Tapi apakah pengaruh ya stef kalo pas apply EP baru dalam posisi sedang bekerja di Singapore, processing timenya harusnya bisa lebih pendek?

  11. Hi Stefanie,
    Salam kenal, saya mau tanya kalau EP statusnya pending inputs from vetting agencies, kira2 berapa lama bisa di approved ya ?
    krn saya tanya sama agent yg ngurus gak bisa jawab.

    1. Hi Wayan,

      Aku juga sebenernya ga bisa jawab. Yang tahu hanya Tuhan dan orang MoM nya. Hehehe.. Tapi biasanya sih dalam 10-15 hari kerja (hari libur, Sabtu, dan Minggu tidak dihitung) udah di approved kalo ga ada masalah. Kalo aku sendiri, 12 hari kerja udah jadi.

      Good luck ya.

      1. Hi Wayan dan Steph,
        Aku juga lagi menunggu EP nih kena vetting application date per tanggal 10-03-2017. Berubah jadi vetting per tanggal 17-03-2017
        Baca2 sih yah cuma bisa menunggu aja hehe.. Kabari ya wayan kalau udah jadi approved
        Thanks

  12. Hi Yudha,
    Congrat ya.. jadi 15 hari kerja ya approved.
    Punya saya baru di submit 22 Mar 17, dan jadi pending input 27 Mar sampai skr, jadi ya sabar nunggu aja.
    Bisa contact2 ya kalau sudah di Sing.

  13. Hi Yudha,
    Congrat ya sudah approved. Jadi 15 hari kerja ya. Punya saya baru submit 22 Mar 2017 dan input pending status di 27 Mar 2017. Saya tetap sabar menunggu krn hanya MOM dan Tuhan ya tahu. Semoga approved.

  14. Dear Steph dan rekan2, apa proses work visa ini rata2 ada medical test? Apakah harus test di singapore? Karena selama ini proses rekrutmen hanya online dari Indonesia. Many thanks infonya.

    1. Hi Anon,

      Perlu medical test atau tidak itu tergantung MoM nya. Tiga temenku yang lain diminta medical test, tapi aku sama salah satu temenku yang lain cuma disuruh tanda tangan declaration form doank. Entah apa yang membedakan.

      Saranku sih mending medical di sini aja. Temenku sih semua medical test di sini. Toh dokter sini pastinya sudah ngerti apa saja yang harus dicek. Soal biaya ga perlu khawatir, biasanya boleh claim perusahaan kok.

    1. Hi Anon,

      Kamu bakal tau kamu butuh medical check-up atau ga setelah IPA kamu keluar. Di IPA, ntar ada penjelasannya apa kamu harus check-up atau hanya perlu menandatangani declaration form.

      Kalo hanya tanda tangan, declaration form dikirim oleh MoM ke kantor. Jadi saat IPA kamu jadi, kamu cuma perlu datang ke kantormu untuk tanda tangan, dan membawa semua dokumen yang dibutuhkan ke MoM office.

  15. Hi Step dan Rekan-rekan.
    EP saya per pagi ini approved. Total 15 hari kerja.
    Terimakasih kasih untuk semua informasi dan sarannya.
    Thank

  16. Hi stefani..
    Mau nanya, cara cek status aplikasi di website MOM apakah harus pake FIN? Sy belum dikasih tau FINnya sama employer.

    Infonya sudah apply tanggal 7 April 2017, penasaran mau cek hasilnya.

    Thanks in advance
    Arie

      1. Di ket. Requestor’s particulars minta FIN, sy masukin no passport sy aja kan, terus input nama. Terus di travel document sy masukin no passport juga.. Hasilnya no record found. Sy baca di forum katanya harus pake FIN..

      2. Abis masukin requestor’s particular, kan ada 3 pilihan. Kamu pilih pilihan yang kedua. Masukin no passport tanpa spasi.

        Kalo hasilnya no record found, berarti belum apply. Coba dicek lagi sama perusahaannya.

        Ga mungkin pake FIN sih, kan visanya aja belum jadi, gimana bisa punya FIN.

  17. Hi stef,

    Company aq lg apply s pass buat aq, terakhir die ksih status msih pending inputs from vetting agencies kmudian wktu aq sendiri di website MOM nya kok pass type nya jadi employment pass ya? Ada tahu kenapa kira2?
    Oh iya aq ad master degree cuman gal related sma krjaan, occupation aku accounting tpi master degreenya management (MM).. mohon pendapatnya ya..
    Thank you

    1. Hi Nisa,

      Keputusan S Pass atau EP memang di tangan MoM. Tapi kalau kamu dapetnya EP, lebih bagus berarti.

      Temenku juga ada yang begitu, experience ga related, tapi dapet EP juga.

      Good luck ya, semoga cepet keterima.

      1. Amiin….
        Oh gitu ya… terakhir company nya ksih aku status pass type ny S- Pass cuman aku check sndri pass type nya employement pass, bisa berubah gtu ya?
        Walaupun salary yg di declare d bwah minimum EP, apakah bs d approve jd EP?
        Thank you..

      2. Bisa aja kok. Justru denger-denger, kalo jadi EP kayanya kemungkinan di approve-nya lebih besar.

        Temenku yang experience-nya ga related itu juga gajinya jauh di bawah EP, tapi di approved.

  18. Hmm begitu, tpi setelah di approve, apakah ada penyesuaian salary gk y? Karena EP holder minimum salary 3,6k.. kn si employer declare salary jg di employment / s form pstinya standar utk s pass.
    Apakah ada EP holder yang udah di approve , salary yg diterima lebih rendah dri yg seharusnya?
    Thanks.

    1. Enggak ada penyesuaian. Karena pas apply, MoM memang sudah tahu salary yang diterima, tapi karena pertimbangan lain, tetap dikasih EP. Yang kasus temenku itu, sampe sekarang salary dia juga kurang dari standard EP kok.

      Tapi ya mungkin setelah lulus probation, mungkin bisa nego lagi sama bos minta kenaikan. Hehehe…

  19. Hi Stefanie,
    Saya baru dapat kerja di Sg. Dan perusahaan sudah apply kan S Pass per tanggal 04 May 2017. Setiap hari saya selalu cek status tersebut di website online. Statusnya pending hingga tanggal 15 May 2017 S Pass tersebut ditolak (rejected) dengan alasan not qualify for S Pass. Dari HR katanya karena mereka apply salary 2200. Setelah itu, HR bantu appeal S Pass tersebut dengan menaikkan gaji menjadi 2400 per tanggal 15 May 2017. Dua hari setelah tanggal appeal, status tersebut berubah menjadi “Pending input from vetting agencies. Expected outcome is 2 months from date of application.”
    Ini maksudnya apa ya?
    Dan kira2 ini bakal ditolak lagi ga?
    Thanks a lot.

    1. Hai LL,

      Wah alasannya terlalu general ya. Kalo dari range gaji sih, sudah pas dengan persyaratan. Apa ada ijazah diploma atau S1, atau sertifikasi lainnya? Kalo ada, bisa disubmit sebagai dokumen tambahan. Persyaratan-persyaratannya bisa dilihat di http://www.mom.gov.sg/passes-and-permits/s-pass/eligibility

      Kalo dilihat-lihat, apply yang kedua ini ada peningkatan. Seenggaknya dari pending, ganti jadi pending input from vetting agencies, ga langsung di-reject. Artinya pihak MoM sedang mengecek background kamu, apa data yang kamu submit itu benar.

      Soal bakalan ditolak lagi atau ga, itu cuma MoM yang bisa jawab. Semoga aja diterima. Good luck!

  20. Hi Stefanie,
    Thanks for your reply.
    Iya. Udah submit ijazah S1 yang dari Indonesia dan yang translation cert juga udah disubmit.
    Semoga aja ya cepat diterima.
    Soalnya saya khawatir banget sama S Pass sekarang. Apalagi dengar2 sekarang lebih ketat.
    Tapi saya tidak bisa berbuat apa2. Hanya bisa menunggu dan berdoa.
    Bantuin lewat doa ya. 🙂
    Thanks and Gbu.

      1. Hi Stefanie,
        S pass saya baru diapproved per pagi ini. Total 15 hari kerja. Tetapi address di IPA nya salah. Jadi company lagi minta ganti ke mom. Katanya harus re-submit dengan alamat yang benar. Jadi harus tunggu. Setelah yang benar punya udah selesai, baru boleh medical check up.
        Kira2 itu lama ga ya?
        Apa harus tunggu 15hari kerja lagi dari awal?
        Huhuhu…..

      2. Akhirnyaaaa! Selamat ya.

        Alamatnya siapa yang salah? Alamat kantor? Atau alamatmu? Kalo alamatmu sih ga masalah, itu formalitas doank, kan nanti pindah SG juga harus ganti alamat. Dulu aku malah kasih alamat apartment kontrakan lama yang rent-nya udah mau expired.

        Gw ga tau kalo harus re-submit berapa lama. Mungkin 1-2 hari-an doank. Tapi kalo udah punya pass, dan cuma mau update alamat sih, via web, 5 menit selesai.

        Di IPA nya disuruh medical check up kah? Medical check-up di SG aja, biasanya sih bisa claim company.

  21. hello Stephanie,

    mw nanya nih, perusahaan yg mw mempekerjakan saya itu udah apply visa dari 15 may 2017.. saya baru check status online itu minggu depannya di tgl 22 may 2017. Pas saya cek tgl 22 itu, status nya pending input from vetting agencies.. sampai hari ini saya cek status masih sama.. saya jadi khawatir employment akan di cancel di karenakan employment pass terlambat jadi ga bisa masuk kerja pada tgl yg di tetapkan sama sih perusahaannya.. untuk case km itu, dari pending -> pending input from vetting agencies berapa lama ya? terus dari pending input from vetting agencies -> approve itu langsung ya? atau kembali ke status pending lagi? apa saya boleh follow up ke HR?

    1. Hi Ang,

      Dulu aku proses keseluruhannya 12 hari kerja, stuck di status ‘pending input from vetting agencies’ sekitar 10-11 hari kerja. Hari kerjanya dari Senin-Jumat ya, Sabtu, Minggu, dan libur nasional tidak dihitung. Abis ‘pending input’ itu, selanjutnya ya sudah ada hasilnya, antara approved atau rejected.

      Kalo awal apply tanggal 15 Mei dan sampe sekarang belum berkabar, itu masih wajar kok. Berdoa aja minggu ini sudah tahu hasilnya. Mau follow up ke HR juga ga apa-apa, sekaligus tanya gimana kalo sudah harus kerja pada tanggal yang ditetapkan tapi visanya belum selesai.

      Good luck ya, semoga cepat di-approved.

    2. Saya punya sudah apply 19 may dan sampai sekarang masih status pending….kamu punya lagi cepat prosesnya banding ak….

      1. Biasanya pending>pending input from vetting berapa lama ya?
        Ak punya sudah masuk hari ke 10 kerja ni…..sabar aje…haha

      2. Status ak sama teman ak sama sih.still pending…
        Mungkin prosesnya Indonesia sama Malaysia beda.

      3. Oh Mat orang Malaysia kah? Bahasa Indonesianya lancar sekali.. hehehe…

        Bisa jadi prosedurnya sedikit berbeda. Temen-temenku orang Malaysia lebih cepat dapatnya, ada yang cuma 8 hari kerja. Dan sebagian memang ga pake status pending input from vetting agencies itu.

        Good luck ya Mat, tolong update kalo sudah ada kabar buat referensi yang lain ^^

      4. Hi Stefan,

        Ak punya EP prosesnya update:
        1st time
        19/5/17-pending
        1/6/17-rejected
        2nd time
        14/6/17-pending
        29/6/17-approve

        Ak punya EP ngak ada pending getting input.quota byk buka lepas raya aidilfitri.

        IPA mcm mana dapat nya sih?

  22. Hi stef..
    S pass aku udh proses 15 hari kerja tpi knapa msih pending vetting ya?? Haduhh jdi galau.. kira2 tau kenapa ya?

    1. Lho, jadinya dapet EP atau S Pass?

      Waduh, kalo udah 15 hari gitu, deg deg an juga ya. Tapi ya aku juga ga tau kenapa. Menurutku sih ada beberapa kemungkinan, mungkin MoM belum selesai melakukan verifikasi, mungkin pihak kampus responnya lama atau kurang kooperatif, mungkin yang apply lagi banyak-banyaknya, dan sebagainya. Tapi sabar aja, selama tidak di-reject berarti masih ada harapan.

      1. Hi stef,
        Pass stype ny msih ttp employment pass cuman status masih pending vetting…
        semoga gk di reject, i really hope..

      2. hi Step…
        Finally, my pass approved per today. udh hampir hopeless karna udh 2 bulan lebih.. thank you sarannya hehe

      3. hi step.

        iya lama amat gk tau knapa,.. tpi syukurlah yang penting approved. oh iya mau tnya setelah visa di approved berapa lama ya MOM kasih IPA ke employer? hehe

  23. Thanks a lot Stefani 🙂
    Iya.. alamat tempat tinggal.
    Makasih banyak ya buat saran2 dan reply nya yang sangat cepat.
    Saya cukup terbantu dengan ini 🙂
    Sharing ini sangat bagus dech.. 👍👍👍

  24. Hi Stef.
    Aq udah dapat work pass card.
    Punyaku s pass.
    Pertanyaan ku jika kontrak kerja ku habis ( 2th) apa aku bisa perpanjang lagi.?

    1. Hi Roy,

      Yang memperpanjang bukan kamu, tapi nanti company-mu yang urus.

      Bisa atau tidaknya juga tergantung kuota S-Pass company-mu nantinya, dan keputusan MoM. Tapi tenang aja, perpanjang itu jauh lebih mudah dibanding bikin baru.

      1. Oww..
        Jika company pertama tidak memperpanjang saya join di company lain brrti bisa lebih mudah ya..?

  25. Hi Stef, comment yg sebelumnya remove aja pls hahhaa. Ada website saya 😀

    Mau tanya dong. Kalo menurut kamu 3++ years of experience dan di offer 5k bisa tembus gak ya EP nya? Saya juga udah cek SAT nih trus dengan details saya 4.8k baru eligible for both EPass and SPass.

    Nah trus HR nya juga udah bilang kalo mereka udah posting di jobbank.

    Nah kalo SAT minimum 4.8k dan saya di offer 5k harusnya lebih gede gak sih chances nya dapeting EPass nya.

    Application status nya skrng di Pending from vetting agency setelah 2-3 hari dari submission date. Deg deg-an banget nih skrng

    1. Hi goldskull,

      Keliatannya sih, high chance ya. Dari sisi gaji, itu lumayan besar lho untuk 3 years exp. Terus diliat dari sisi HR, mereka juga sudah melakukan hal yang benar (sebelumnya sudah post di job bank).

      Ditunggu saja, memang stuck di pending vetting itu agak lama, aku sih dulu sekitar 12 hari kerja. Berdasar komentar teman-teman pembaca, rata-rata juga sekitar 10-15 hari kerja kok.

      Good luck ya

      1. Hi Stef,

        Thanks yah! Amin bakalan di approved! Nah soale saya coba Di SAT nya harus minimal 4.8 dan untung aja si Company offer lbih tinggi. Jadi at least 3 hal Udah bagus sih. Soale saya liat di forum lain. Kalo kerja sama body shopping company gitu bakalan lama banget nunggu nya. Ini saya kerja nya bakalan sama end employer nya langsung kok Hehe.

        Thanks info nya! Mohon doa nya!!! 🙂 beneran ini buat deg deg-an apalagi saya ada offer tapi di malaysia 🙁 dan pgn nya itu yg di singapore. Jadi Dilemma banget skrng.

  26. Hi goldskull,

    Keliatannya sih, high chance ya. Dari sisi gaji, itu lumayan besar lho untuk 3 years exp. Terus diliat dari sisi HR, mereka juga sudah melakukan hal yang benar (sebelumnya sudah post di job bank).

    Ditunggu saja, memang stuck di pending vetting itu agak lama, aku sih dulu sekitar 12 hari kerja. Berdasar komentar teman-teman pembaca, rata-rata juga sekitar 10-15 hari kerja kok.

    Good luck ya 🙂

  27. Hi Stef,

    Iya hehe, tapi kok timing nya agak gak pas ya, 🙁 jadi dilemma banget skrng.

    Kalo cek di EPOnline itu ada batasnya gak sih? atau ntar bakalan berpengaruh (negative atau positive) ke application nya sendiri gak ya?

    1. Santai.. santai..

      Moga-moga aja diterima. High chance sih. Kalo toh sampe ditolak, kan udah ada back up yang di Malaysia itu.

      Rasanya sih enggak ada batasnya ya. Aku dulu malah sehari cek 2x lho, kaya orang minum obat. Hahaha…

  28. Hi, mau tanya dong, maaf kalau sebelumnya ud dibahas, tau cara untuk apply internship for student? sudah dapet perusahaannya, tinggal gimana caranya dari sini urusnya, mohon bantuannya ya! terima kasih banyak!

    1. Hi Renel,

      Kalo untuk internship, biasanya visanya ada 3 pilihan:Training Employment Pass (TEP), Training Work Permit (TWP), sama Work Holiday Pass. Dua yang pertama (TEP dan TWP) itu employer-nya yang akan apply buat kamu. Tapi kalo Work Holiday Pass, kamu yang apply sendiri.

      Kalo dilihat dari situasimu, kamu kan sudah dapet perusahaan. Harusnya ya employer-mu yang ngurusin visa nya, kamu cuma perlu submit dokumen yang diperlukan saja. Visanya nanti bisa dapet TEP atau TWP. Aku ga begitu tau dua ini bedanya apa, yang aku tau TEP itu salary-nya per bulan harus SGD 3000 ke atas.

      Lebih jelasnya, bisa cek di website MOM (lihat bagian Trainees and students): http://www.mom.gov.sg/passes-and-permits

      Good luck 🙂

      1. Hi,

        Thank you atas konfirmasinya. Jadi begini, sekarang saya itu berkuliah di salah satu universitas di jakarta, yang dimana nanti liburan 3 bulan itu mau dipakai internship di singapore, jadi harus saya yang apply sendiri karena bukan dari perusahaannya, cuma mereka sudah setuju kalau mau intern ditempat mereka. Nah tadi sempet baca baca, tidak ada tulisan negara indonesia sebagai negara yang diterima.

        http://www.mom.gov.sg/passes-and-permits/work-holiday-programme/eligibility
        atau
        http://www.mom.gov.sg/passes-and-permits/work-and-holiday-visa-programme/eligibility

        terus memang makan waktu 3bulanan ya?

      2. Hi Renel,

        Wah aku barusan nyadar kalo Work Holiday Pass bukan diperuntukkan untuk WN Indonesia.

        Kalo kasusnya seperti itu, aku ga ngerti deh. Karena legalnya, kalo mau magang (kecuali yang punya student visa), harus punya visa kerja antara TEP atau TWP. Dan kedua visa itu yang mengurus adalah employer.

        Saranku sih, coba kamu cek dengan employer. Kalopun mereka tidak bisa membuatkan visa, mungkin bisa berbagi informasi. Barangkali ada pengalaman serupa dengan kandidat lain.

        Untuk magang, lamanya bervariasi, biasanya 3-6 bulan. Proses pembuatan visanya sendiri bisa memakan waktu 3 minggu.

  29. Mau tanya dong…
    Saya di terima di perusahaan Singapura, nantinya perusahaan itu akan buka cabang di indonesia.
    Karena harus ada training 1-2 tahun terlebih dahulu maka perusahaan itu mengajukan visa kerja dengan meminta semua dokumen yang di butuhkan.
    Pada tgl 21-06-17 perusahaan submitted ke MOM dan pada tgl 11 kemarin pihak perusahaan menghubungi saya bahwa application di tolak/rejected oleh MOM, saya tanya ke pihak perusahaan apakah dokumen saya yang bermasalah?? Katanya bukan, tapi ada requirements yang harus di penuhi oleh perusahaan dan sekarang perusahaan sedang melakujan appeals, lalu saya di minta menunggu sekitar 2 minggu lagi.
    Mohon pencerahaannya, apakah di rejected itu karena ijasah saya berhubung ijasah D3 saya dari kampus kecil, atau karena memang perusahaan requirements nya kurang lengkap?? Dan apakah appeals setelah di rejected masih ada harapan di approved?? Kira2 visa kerja jenis apa yg di ajukan oleh perusahaan saya??
    Thanks

    1. Hi badaruddin,

      Perusahaanmu tentu bisa mengecek atau bertanya langsung ke MoM mengapa visamu ditolak, makanya mereka dengan yakin bilang kalo ada requirements yang kurang dari pihak mereka. Aku pernah denger kasus serupa juga, kalo memang mereka bisa memenuhi requirement yang kurang dan mengajukan appeal, masih ada harapan untuk diterima kok.

      Untuk ijazah D3, ga bisa mendapat EP, tapi masih bisa mendapat S Pass. Kalo kamu kurang yakin, bisa coba eligibility test-nya di: http://www.mom.gov.sg/passes-and-permits/s-pass/eligibility

      1. wah udah 2 minggu blm ada kbr juga nih, statusnya msh rejected aja gak berubah ke pending atau vetting kaya tmn2 di atas, kutanya ke pihak perusahaan katanya ngu bbrp wktu lg…
        jadi dagdigdukser nih…
        ada pengalaman kaya gni gak ya.. kira2 knp n bakal d approved gak ya…

      2. Hi badaruddin,

        Temen gw juga ada kasus serupa, tapi katanya prosesnya memang lama.

        Untuk mengajukan appeal, harus menunggu 2 minggu setelah direject, tidak bisa langsung.

        Dan setelah appeal, temen gw nunggu 3 minggu lagi sebelum akhirnya approved.

        So, pray hard dan sabar aja 🙂

  30. Hi Fanie,

    Salam kenal gue cuman mau sharing aja pengalaman gue semoga bermanfaat buat yang lain. awal bulan september kemarin gue di terima di salah satu telco di SG dengan salary 6200SGD gue ada pengalaman kurang lebih 10 tahun kerja di bidang yang sama dengan ijazah S1 dari salah satu universitas di jakarta. Mereka apply EP buat gue pertanggal 29 september 2017, dan tanggal 5 october udah keluar hasilnya dan di reject..:( sekarang mereka mau appeal ke MOM terkait application gue semoga aja hasilnya bisa berubah…amiin… saran dari gue buat temen2 yang mau kerja di SG apabila udah sign job offer jangan langsung resign dari kerjaan yang sekarang karena perjuangan belum berakhir sampai disitu masih ada rintangan berikutnya yaitu MOM dan terakhir medial check up kalo companynya nganjurin medical check up. HRD employer gue udah notif gue pas gue sign job offer jangan resign dulu tunggu sampai EP selesai di proses karena banyak kasus saking senengnya orang keterima kerja mereka langsung resign ketika dapat job offer, lebih safe kita resign apabila work permit sudah keluar dan hasil medical checkup sudah ok. Sekarang gue lagi nunggu appeal EP gue untung gue belum resign jadi masih bisa gajian bulan ini..:) mohon doanya dan semoga pengalaman gue berguna buat teman2 yang lagi cari kerja di SG…:)

    1. Kebetulan EP gw juga apply per tanggal 29 September 2017 dan sampai sekarang statusnya masih Pending, udah keburu resign lagi dari company sebelumnya 🙁
      Dapat info kalau MoM minta waktu tambahan sampai 3 bulan (dr yg biasanya 2 bulan) karena ini pertama kali gw apply kesana.
      Yang awalnya berharap 11-15 hari kerja keluar hasilnya, jadi harus nunggu ntah sampai berapa hari kerja, ada yg punya pengalaman?

      1. Hi Andy,

        Wah, harusnya jangan resign dulu ya. Tapi kalo sudah terlanjur, ya apa boleh buat.

        Aku ga ngerti di bagian dapet info kalo MoM minta waktu tambahan. Apa pihak MoM email kamu minta kamu nunggu 3 bulan gitu?

        Dulu juga aku pertama kali apply, accepted dalam waktu 13 hari kerja. Sekarang emang denger-denger SG makin ketat. Semoga aja kamu bisa cepet keterima.

  31. Hy sis,

    Sis maw tanya donk, biasa butuh brp hari baru bisa lihat status pass di ep online mom ya? saya sudah coba check sesuai dgn cara yg sis bilang di atas tpi hasilnya E0000236 : No record found.

  32. Hy sis,

    Sis maw tanya donk biasa butuh waktu berapa lama untuk bisa lihat status pass di ep online mom. Saya sudah coba check sesuai dengan cara yang sis bilang di atas tapi hasilnya E0000236 : No record found..

    1. Hi Annz,

      Kalo untuk melihat berapa lama sih kapan aja bisa. Tapi untuk dapet berita accepted / rejected, harus nunggu kira-kira 12 hari kerja dari setelah aplikasi dikirim.

      No record found itu artinya, HR nya belum mendaftarkan aplikasi kamu. Makanya di sistemnya belum ada datanya.

  33. Okay makasih utk infonya ya sis, kalo begitu saya akan konfirmasi sama pihak hrd. Haha, saya kira mank butuh beberapa hari baru bisa lihat statusnya di sistem. Smoga semua berjalan lancar 🙂

  34. Thanks Stef, infonya keren banget! Gw mau tanya, berapa lama proses idle kita selama proses pindah kerja dari Malaysia ke Singapore? Idle ini maksudnya nganggur alias gak gajian. Soalnya kalo di Malaysia, untuk pindah ke perusahaan lainnya biasanya bikin kita nganggur 2 minggu, karena menunggu stage 2 clear. Kalau pindah dari Malaysia ke Singapore gimana? Ada masa-masa nganggurnya? Siapa tau setelah nyebrang dengan IPA dan serahin ke perusahaan di hari yang sama, besoknya bisa langsung kerja.

    1. Hi Isan,

      Berapa lama proses idle itu ya tergantung pinter-pinternya kamu atur waktu dan tergantung pesetujuan kamu dan employer kamu. Visa kerja Malaysia dan visa kerja Singapura tidak berhubungan. Pihak Singapura ga peduli visa Malaysia kamu masih aktif, sudah tidak aktif, atau apapun statusnya.

      Intinya setelah IPA kamu jadi, kamu bisa langsung masuk ke SG dan bisa langsung ke kantor yang baru minta Notification Letter. Berbekal Notification Letter itu sendiri, kamu sebenernya udah boleh kerja kok. Hanya saja, dalam waktu 2 minggu, kamu tetap harus dateng ke kantor MoM dan mengurus work pass kamu.

  35. Sangat membantu, sedang galau dengan status ‘Pending inputs from vetting agencies. Expected outcome is 2 months from the Date of Application’ sudah 10 hari kerja, moga-moga dapat terealisasi secepatnya.
    Good luck buat kawan-kawan yang berada dan menuju ke Singapore.

  36. Sis, tnya lagi donk. Kalau company bantu apply-nya kan spass tapi stelah saya check status berubah jdi epass. Kira2 bisa diapprove gak ya? soalnya gaji yg dikasih perusahaan masih jauh dari nominal epass. Skrg sudah memasuki 11 hari kerja jdi makin deg2an.

    1. Hi Annz,

      Yg nentuin kamu dapet S-Pass atau EP itu MoM-nya. Walaupun range gajinya kurang dari requirement, terkadang ada juga yang bisa dapet EP, tergantung job field, experience, nationality, dan lain-lain.

      Coba aja tunggu sampe di approved, beneran dapet EP atau S-Pass. Santai aja, selama masih pending, berarti masih ada harapan. Hehehe..

  37. Haha, makasi sis infonya sangat membantu. Haha, mau santai juga sich tpi suka deg2an sendiri. Semoga smuanya aman and lancar :)…

  38. Iya, makasi ya sis.. Hahaha, ya loh stiap hari berharap hasilnya cepat keluar.. Memang butuh kesabaran tingkat tinggi, tapi always stay positive ajalah seperti kata sis masih ada harapan.. 😀

  39. Thank you la. ini aku cek di mom belum ada company submit EP nya. gaji masuk, tapi pas di SAT bilang nya elgible untuk S-Pass. hehe

    saya tinggal di Batam, jadi biasa bolak balik ke pusat gitu.

      1. wadoo lama betul ya.

        saya pas di SAT, hasilnya eligble for Spass. tapi pas di submit oleh HR berubah jadi EP. apa karena gaji nya di atas minimum EP ya.

        submitted tgl 14/12. hingga hari ni masih pending.

Leave a Reply

Your email address will not be published.