Aturan Sang Mama Health Freak

Gw punya mama yang bener-bener peduli tentang kesehatan. Bahkan terlalu peduli dan suka paranoid sendiri. Lebih-lebih kalo ngeliat anak-anaknya yang bandel, mengkonsumsi makanan dan memiliki gaya hidup yang kurang sehat.

Berikut beberapa contoh ‘aturan’ tidak tertulisnya.

Makan dan Minuman

  1. Minum susu yang berkalsium tinggi setiap hari itu wajib, khususnya cewek karena cewek lebih rentan osteoporosis.
  2. Harus sering-sering minum air putih. Kemana-mana juga kalo bisa bawa air putih sendiri biar lebih hemat.
  3. Minum kopi cuma boleh kadang-kadang. Itupun harus dicampur dengan susu.
  4. Mau minuman bersoda kaya Coca-C*la atau P*psi? Itu juga cuma boleh sekali-kali aja. Dalam artian seminggu sekali, dan sebotol kecil dibagi dua sama adek gw.
  5. Minuman yang manis-manis di jual di pasaran kaya Ok*y Jelly, Nutris*ri, dan lainnya? No! Itu mengandung pemanis buatan (aspartam). Kalo minum itu sering-sering ntar bisa rentan kanker.
  6. Tidak boleh sering-sering minum air dingin. Menurut dia, air dingin itu ga sehat dan bikin lemak menggumpal di badan, dan bisa menjadi sumber penyakit.
  7. Masak di rumah sendiri ga pernah pake micin (vetsin). Jangan harap nemu R*yco atau Ajinom*to di rumah gw.
  8. Pesen bakso di pinggir jalan atau pesen makanan di restoran? Pas pesen, dia bakalan bilang: ‘Ga mau pake micin (vetsin) ya, Bang! Garemnya juga jangan banyak-banyak. Rasanya ga enak juga ga apa-apa, kok. Saya tetep makan.’
  9. Makan mie instant cuma boleh seminggu sekali. Lebih baik lagi kalo ditambah sayur-sayuran lain. Mama gw sendiri makan mie instant kayanya cuma sebulan sekali, itupun karena kepepet, daaannn… sebungkus masih dibagi dua sama papa gw.
  10. Makanan kalengan? Atau makanan beku kaya nugget, sosis, dan teman-temannya? Itu pengawetnya banyak, ga baik buat kesehatan. Sebulan sekali juga belum tentu.
  11. Kalo makan snack, seperti Cheet*s, T*ro, dan sejenisnya, walau cuma sebungkus kecil, tetep ga boleh diabisin sekaligus. Dimakan sedikit-sedikit, abis itu ditutup masukin kulkas buat besok atau besok-besok (alias waktu yang tidak bisa ditentukan).
  12. Abis makan snack, harus minum teh herbal yang hangat.
  13. Kalo makan daging, lemaknya jangan dimakan. Itu kolestrol jahat.
  14. Tidak boleh terlalu sering makan gorengan atau makan yang bakar-bakaran.
  15. Kalo makan yang sate, ayam bakar, atau makanan lain yang dibakar, bagian yang berwarna hitam karena gosong ga boleh dimakan. Itu bisa menyebabkan kanker dan 10x lebih jahat daripada minyak.
  16. Abis makan bakar-bakaran, harus makan timun. Timun sangat bagus buat detoksifikasi.
  17. Makan buah tiap hari.
  18. Kupaslah apel sebelum dimakan. Kulit apel mengandung lapisan lilin.
  19. Berbeda dengan apel, kalo makan anggur, kulit dan bijinya harus dimakan juga. Di situlah sumber vitaminnya.
  20. Jangan sering-sering makan ‘jeroan’, nanti asam urat.

Gaya Hidup

  1. Berolahraga minimal seminggu sekali.
  2. Tiap hari harus mandi. Badan harus bersih saat mau tidur. Adek gw yang paling males mandi sering banget diingetin: ‘Kamu udah 27 jam 48 menit ga mandi, lho, alias udah 1 hari lebih. Kemarin kan, mandinya pagi doank, sekarang udah sore masih belum mandi juga.’
  3. Paling lambat jam 11 malam sudah harus tidur.
  4. Sikat gigi 2x sehari dan minimal 2 menit.
  5. Cuci tangan harus pake sabun dan minimal 20 detik.
  6. Rokok itu ga sehat. Cuma entah kenapa papa gw tetap bandel ngerokok terus sampe jantungnya tersumbat. Untunglah sekarang udah berhenti.


List di atas makin bertambah seiring berjalannya waktu, namun ga pernah berkurang.

Gw sendiri kurang tahu apa poin-poin dan angka-angka di atas berdasarkan hasil penelitian atau mama gw yang asal nyebut. Jadi tolong jangan sembarangan copy poin-poin di atas buat skripsi. Hehehe…

 

Gw jadi inget dulu gw sering bandel sembunyi-sembunyi ngabisin snack satu bungkus sendirian, masak mie instant 2 kali dalam seminggu, nyeruput kopi papa gw (kadang nyeruputnya sampe abis secangkir), tidur jam 12 malem karena keasyikkan baca novel, dan masih terlalu banyak kalo disebutkan satu-satu. Ah, anak kecil mana sih, yang ga bandel *membela diri*.

Tapi entah kenapa, sekarang gw justru mempunyai pola pikir yang mirip sama nyokap gw, walau gw ga se-health freak mama gw.

  • Gw jarang makan mie instant. Sebulan sekali juga belum tentu.
  • Gw jarang minum minuman dingin atau minuman bersoda, mungkin karena tidak begitu suka juga. Kopi pun, gw ga minum.
  • Gw masak tanpa vetsin.
  • Gw sering minum teh herbal, apalagi kalo makanan yang gw makan cenderung bikin ‘panas’.
  • Soal cuci tangan, sikat gigi sih, sepertinya gw memang dari dulu rajin. Cuma mandi aja yang males, seringnya sih mandi cuma sehari sekali. Oops!
  • Anti rokok, shisha, atau sejenisnya. Anti sama perokok juga.
  • dan lainnya.
Ah ternyata, gw ga beda jauh sama mama gw. Like mother, like daughter!Walaupun begitu, satu yang gw tahu, mama gw sayang banget sama keluarganya. Dia ingin memastikan keluarganya senantiasa sehat. Buktinya, dia sendiri sampe sekarang tetap sehat walafiat, dan mudah-mudahan selalu sehat sampai akhir hayatnya.

Akhir kata, gw cuma mau ngucapin:

SELAMAT ULANG TAHUN MAMA / EMAK!!
Semoga panjang umur dan selalu sehat.
Buddha bless you!
WE LOVE YOU

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published.