Jalan-Jalan Terus: Toronto

Gw sama sekali ga pernah berpikir bakal ke Canada sebelumnya…Canada, ga pernah terbesit dalam otak gw, ga pernah ada dalam list liburan gw…

Terlalu jauh, terlalu mahal, terlalu dingin (winter-nya bisa -30 derajat Celcius)…

Ga ada temen, ga ada watu, ga ada uang…

Namun hidup memang penuh kejutan, dan di sanalah gw. Bahkan, gw bisa dapet kesempatan mengunjungi Niagara Falls (Canadian side) secara langsung, dengan mata gw sendiri!  I’m really blessed beyond measure!!

Memang sih, judulnya business trip. Tapi berasa kaya vacation buat gw, apalagi bos gw terbilang easy going. Hihihi…


Informasi Umum

Mata uangnya Canadian Dollar (CAD), lebih rendah sedikit nilainya dibanding USD. Berikut informasi umum tentang Canada, khususnya Toronto:
  • Saat ini 1 CAD = IDR 10.300. Tapi biar gampang, anggep aja 10.000 rupiah.
  • Koin satu dolar CAD disebut loonie, sedangkan yang dua dolar disebut toonie.
  • Nominal uang kertas paling kecil adalah CAD 5.
  • Total luas daratan Canada 9,985 juta km², 5 kali lipat lebih besar dibanding Indonesia yang luas daratannya hanya 1,905 juta km². Namun, jumlah penduduk Canada hanya sekitar 35 juta jiwa, sangat jauh dibanding Indonesia yang mencapai 250 juta jiwa.
  • Harga barang yang tertulis biasanya belum termasuk pajak 13%. Jadi jangan seneng dulu kalo liat barang murah. Persentasi pajak bisa berbeda di tiap provinsi, klik di SINI untuk list lengkapnya.
  • It’s rude to not tip, kecuali pelayanannya sangat-sangat tidak memuaskan! Tip biasanya sekitar 10-20% dari total bill.
  • Sekali makan rata-rata sekitar CAD 10-15 (termasuk pajak dan tip).
  • Data plan mahal. Gw pake ‘Pay As You Goplan-nya Rogers, untuk 250 MB CAD 30, 500 MB CAD 50.
  • Tiket subway, CAD 3,25 sekali masuk, jauh dekat tidak masalah. Kalo berniat pake subway kemana-mana, mending beli Day Pass (CAD 12) atau Weekly Pass (CAD 42,25).
  • Lupain tax refund, kecuali kamu beli barang senilai CAD 625 ke atas dalam satu receipt. Klik di SINI untuk informasi lebih lanjut mengenai tax refund.
  • Band ter-ter-terfavorit gw, Simple Plan, asalnya dari Quebec, Canada. Mereka baru-baru aja ngerilis album baru (Taking One for the Team) bulan Februari lalu.
  • Salah satu penyanyi idola gw, Avril Lavigne, juga kelahiran Canada. Gw pengen banget Simple Plan sama Avril duet!!


Objek Wisata


Toronto City Hall

Toronto City Hall
Hmm, sebenernya ga ada apa-apa sih di sini, hanya saja kalo belum ke sini, belum ke Toronto namanya…


CN Tower

CN Tower bisa diakses dengan mudah menggunakan subway. Station terdekat adalah Union, dan selanjutnya tinggal berjalan kaki 10 menit menelusuri SkyWalk.

Untuk naik ke main observation deck, pengunjung harus membayar CAD 39,55 (CAD 35 + 13% tax), dan harus membayar ekstra CAD 13,56 (CAD 12 + 13% tax) kalo mau naik sampe ke Skypod.

Gw suka ketinggian, dan suka banget naik ke tower-tower. Namun, entah karena gw banyak pengalaman naik tower dan ekpektasi gw terlalu tinggi, gw ngerasa CN Tower ga worth it, apalagi harganya semahal itu. Gw agak kecewa karena pemandangannya kurang bagus, teleskopnya yang ga gratis, skypod-nya yang terlalu kecil untuk CAD 13,56, glass floor yang cuma beberapa petak, serta kaca dan kawat di mana-mana yang menghalangi pemandangan.

Tapi ada satu yang gw mau coba, dan gw yakin pecinta ketinggian ga akan melewatkan kesempatan ini: Edge Walk!

Edge Walk at the CN Tower!

Harganya memang agak mahal, CAD 220,35 (CAD 195 + 13% tax). Sayangnya, pas gw ke sana, gw datengnya terlalu larut, dan Edge Walk udah tutup. Jadi kalo ada pembaca yang berminat, lebih baik booking terlebih dahulu biar ga kelewatan. Untuk booking atau informasi lebih lanjut bisa dilihat di SINI.

Ah, semoga suatu hari gw bisa nyobain…



Ripley’s Aquarium of Canada

Ripley’s Aquarium of Canada

Letaknya sangat berdekatan dengan CN Tower, and it’s one of my favorite! Cukup jelas dari namanya, tempat ini adalah tempat berkumpulnya hewan-hewan laut.

Walaupun gw udah pernah ke beberapa ‘aquarium‘ sejenis, seperti S.E.A Aquarium Singapore, SeaWorld Ancol, Ocean Park Hong Kong, dan mungkin beberapa aquarium skala kecil yang gw ga begitu ingat, tapi gw masih tetap enjoy berada di sini. Ditambah lagi saat gw dateng, ada Friday Night Jazz Event. Mayoritas pengunjung memesan wine, dan menonton hewan-hewan laut yang mondar-mandir sambil sesekali meneguk wine. Aroma wine, alunan musik jazz, pemandangan laut yang menakjubkan, membuat malam Jumat gw saat itu begitu perfect!

 


Eaton Center and Yonge Street

Berada di pusat Downtown Toronto. Bisa diakses dari beberapa subway station, seperti Queen, Dundas, dan St Andrew, tergantung mau ke sebelah mananya Yonge Street.


Eaton Center merupakan shopping mall yang terletak di kawasan Yonge Street. Di sekitarnya, terdapat berbagai macam restoran (dari Chinese food, Western, Thai, Middle East, sampe Indonesian food, ada di sini), gift shops, hotel, dan juga night clubs.Memang ga ada yang spesial dari mall ataupun Yonge Street ini, hanya saja, tempat ini hidup banget pada sore dan malam hari. Selain itu, kawasan ini merupakan kawasan paling strategis untuk menginap.


Chinatown

Terletak di sepanjang jalan Dundas Street West dan Spadina Avenue West. Station subway terdekatnya adalah St Patrick atau Queen’s Park, lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 1 km atau naik streetcar ke Spadina.Chinatown merupakan tempat paling lengkap dan paling murah untuk membeli souvenir khas Toronto, seperti magnet, gantungan kunci, baju, topi, maple syrup, maple biscuit, dan barang-barang lainnya yang ada maple leaf nya. Cuma satu souvenir khas Canada yang ga bisa gw temuin di Chinatown: Ice wine! Untuk ice wine, harus beli di duty free atau Liquid Control Board of Ontario (LCBO).

Kuncinya, pinter-pinter nyari toko yang paling murah aja, karena setiap toko harganya beraneka ragam. Berikut informasi harga souvenir yang paling murah, hasil research gw selama 1 jam di Chinatown:

  • Lima buah kaos untuk CAD 9,90. Bahannya 100% katun dan lumayan bagus. Kalo beli satu, harganya mungkin CAD 2,90. Tokonya saat itu lagi obral gede-gedean, cuma nyari ukurannya agak susah aja karena rata-rata tinggal ukuran raksasa. Gw ga tau sekarang masih ada atau ga.
  • Magnet dan gantungan kunci, rata-rata CAD 1,25 each.
  • Topi winter CAD 6,90.
  • Maple syrup ukuran kecil, 3 biji CAD 12. Gw beli yang gede di Eaton Center, lebih mahal memang.
  • Maple biscuit ukuran kecil CAD 3,90 each.
  • Gelas (beserta sendoknya) bergambar Old Toronto, CAD 4,90.
  • CN Tower berukuran besar CAD 12.
Souvenir dari Toronto
Ice wine, baby!


Royal Ontario Museum

Merupakan gabungan museum seni, budaya, dan sejarah dunia. Royal Ontario Museum (ROM) merupakan museum terbesar di Canada. Museum ini bisa diakses dengan 5 menit berjalan kaki dari ‘Museum’ subway station.
I want this! Cuma sekeping koin, kok.

 

 

 

 

 

Tattoo exhibition (18+ only)


Casa Loma

Sebuah rumah bergaya Gothic Revival peninggalan Sir Henry Pellat, yang sekarang dijadikan museum dan landmark karena arsitekturnya yang unik. Rumah ini berbentuk seperti castle, didesain oleh arsitek bernama E.J. Lennox, bernilai 3,5 juta dolar, dibangun oleh 300 pekerja, dan memakan waktu selama 3 tahun.Berikut foto-fotonya:

Seneng juga pas tau ada temen SMA yang ‘kesasar’ di Toronto (abaikan orang di belakang, dia bukan temen gw).

 

Indoor fountain di dalam indoor garden
Lady Pellatt’s Suite
Windsor Room
Itu bukan kolam renang!
Wine… wine everywhere
Sebenernya ada banyak banget ruangan di dalemnya. Cuma supaya post nya ga kepanjangan, fotonya ga bakalan gw post semua di sini.



Niagara Falls and Niagara on the Lake

Sayangnya, Niagara Falls tidak terjangkau dengan subway, sehingga untuk menuju ke sini, harus menggunakan kendaraan sendiri atau bus umum. Berhubung gw sendirian, gw memutuskan ikut 1 day tour seharga CAD 81 (sudah termasuk tax). Tour dimulai dari jam 9 pagi hingga jam 7 malam. Perjalanan dari Downtown Toronto ke Niagara memakan waktu 2 – 2,5 jam.Ada 3 destinasi utama dalam tour tersebut:


Wine Visitor + Education Centre
Kampus pertama yang dibuka di Canada dan Amerika Utara yang mengajarkan segala sesuatu tentang pembuatan anggur, dari proses penanaman, pemetikan, sampe penjualan.Di sini, pengunjung akan dipersilakan mencicipi produk andalan mereka: ICE WINE! Berbeda dari wine biasa, ice wine hanya bisa dibuat saat suhu udara sekitar -8 atau lebih rendah. Makanya ga heran kalo Canada (yang saat winter bisa mencapai -30 derajat) merupakan penghasil 70% ice wine di dunia.

Pertama kali coba, gw langsung jatuh cinta, rasanya manis sejuk dan smooth, rasa yang cukup unik untuk wine. Buat yang suka stronger wine, bisa mencoba ice wine yang lebih tua, yang rasanya jauh lebih strong (tapi tetap manis). Namun buat yang bener-bener hardcore, gw rasa ga akan suka sama ice wine.

Soal harga, ice wine jauh lebih mahal daripada red wine atau white wine. Harga yang paling murah, 150-200 ml ice wine (berumur sekitar 4-6 tahun) mencapai CAD 40 (belum termasuk tax). Harga yang sama bisa mendapatkan 750 ml red wine dengan kualitas yang lumayan. Yang versi mahal, ada yang mencapai CAD 450 untuk 375 ml.

 
 
 
Niagara Falls
Destinasi utama tur kali ini. Niagara Falls, merupakan air terjun perbatasan Ontario (Canada) dan New York (Amerika Serikat), terdiri dari 3 air terjun (dari paling besar ke paling kecil): Horseshoe Falls (sebagian besar terletak di wilayah Canada), American Falls (Amerika), dan Bridal Veil Falls (Amerika).
 
Di Niagara, akan ada 5 jembatan panjang yang menghubungkan New York dengan Ontario, yang juga merupakan jarak terpendek antara US dan Canada. Buat yang memerlukan visa untuk pergi US, JANGAN MENYEBRANGI JEMBATAN TERSEBUT!
Niagara Falls dilihat dari atas (The U.S. National Archives and Records Administration)
Di belakang gw, dari kiri ke kanan: American Falls, Bridal Falls, Horseshoe Falls.

Selain ngeliatin air terjun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan di sana, seperti naik kapal, mengunjungi indoor theme parks di Clifton Hill: Wax Museum, Guinness World Records Museum, arena golf, tempat maen bowling, dan lainnya; menaiki Niagara Skywheel, menguji keberuntungan di casino, mengunjungi Bird Kingdom dan Butterfly Conservatory, menikmati gemerlapnya lampu yang menerangi air terjun pada malam hari, dan masih banyak lagi.Yakin deh, setengah hari disini juga ga cukup. Kalo ada kesempatan, gw mau ke sana lagi, saat udaranya jauh lebih hangat tentunya.

Niagara Skywheel

Dan saat gw lagi jalan-jalan di Clifton Hill, tiba-tiba turun salju. Inilah pertama kalinya gw ngerasain hujan salju.

It was cold but super fun!

Niagara on the Lake
Penduduk lokal bilang, Niagara on the Lake adalah kota paling indah di Toronto. Tempat ini dulunya adalah sebuah desa dari abad ke 19, namun masih terawat dengan sangat baik sampai sekarang.

 

 

 

 



University of Waterloo

Memang bukan tujuan wisata, namun ini salah satu univeristas top di dunia untuk IT dan engineering. Blackberry, Google, Facebook, Twitter, Apple, dan perusahaan-perusahaan IT kelas atas lainnya, banyak yang mengambil karyawannya dari universitas ini. Di perusahaan gw sendiri, beberapa staff juga lulusan University of Waterloo.Waterloo, yang katanya next Silicon Valley, bisa diakses dengan menggunakan GO Bus, dengan waktu tempuh 3 jam, dari Union station.

Berhubung gw penasaran dengan mata kuliah di kampus ini, gw pun menyelinap ke kelas Computer Engineering dan ikut belajar bareng temen gw. Kelas pertama tentang Android Studio, kelas kedua tentang Circuit Programming, dan kelas ketiga tentang Discrete Math.

Entah karena gw memang lagi beruntung, gw ngerasa dosen-dosen di sini cukup kompeten di bidangnya. Materinya cukup standard, tapi dosennya benar-benar bisa mengajar, banyak praktikum, dan jadwalnya kuliahnya pun cukup padat.

Ah, lumayan juga buat mengenang masa-masa kuliah. Hihihi..

University of Waterloo

Sebenernya, masih ada beberapa tempat yang mau gw kunjungin tapi ga kesampean karena kurangnya waktu. Beberapa tempat butuh waktu satu hari penuh, beberapa tempat sudah tutup setelah gw pulang kerja.

Sekian dulu ya, gw mau nyiapin berjuta alasan supaya bos gw ngijinin gw ‘business trip‘ ke Toronto lagi. See ya!

 

Share this!

6 thoughts on “Jalan-Jalan Terus: Toronto

Leave a Reply

Your email address will not be published.