Resep Masakan Secukupnya

Bahan-Bahan Masakan
Bahan-Bahan Secukupnya

Resep Nasi Goreng Telur

Bahan-bahan:

  • Semangkuk nasi
  • Daging ayam suwir secukupnya
  • Telur secukupnya
  • Kecap manis secukupnya
  • Saos sambal secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Boleh ditambah sayur sesuai selera

Bahan untuk bumbu:

  • Cabai secukupnya
  • Garam dan gula sesuai selera
  • Bawang putih dan bawang merah

Cara Memasak:

  1. Haluskan bahan untuk bumbu.
  2. Panaskan minyak dan masukkan bumbu yang telah dihaluskan.
  3. Masukkan sayur-sayuran, aduk sampai merata.
  4. Masukkan nasi dan daging ayam sambil terus diaduk.
  5. Masukkan telur.
  6. Hidangkan setelah matang.

INI MAU BERBAGI RESEP ATAU BERBAGI PUZZLE?!

Secukupnya… Sesuai selera… Seiprit… atau tanpa keterangan…

Gw sering banget ngeliat kata-kata tersebut dalam resep, apalagi untuk gula, garam, merica, dan kecap.

Iya gw ngerti, selera orang berbeda-beda. Ada yang suka asin, ada yang ga suka. Ada yang 1 cabe udah kepedesan, ada yang makan 5 batang cabe rawit pun, masih nyengir-nyengir. Tapi ya, ga ada salahnya memberi patokan untuk dijadikan pedoman.

Belum lagi orang yang menggunakan ukuran-ukuran yang tidak standard seperti semangkuk, seciduk, segelas, sebotol, segenggam, dan sejenisnya. Mangkuk dia sama mangkuk gw kan, belom tentu sama. Apa mungkin dia ga tau kalo ada buanyak sekali design dan ukuran mangkuk?

Bisa aja kan, resepnya ternyata butuh 10 sendok makan kecap manis. Tapi karena ditulis secukupnya, scenario-nya jadi gini:

Newbie 1: Jangan lupa tambahin kecap manis secukupnya.

Newbie 2: Secukupnya tuh berapa ya?

Newbie 1: Hmm, 1 sendok makan kali ya? Kebanyakan ga ya?

Newbie 2: Wah jangan sampe kebanyakan, kalo kemanisan ga enak. Coba setengah sendok makan dul.

Newbie 1: (Masukkin setengah sendok makan kecap manis terus ngincipin) Uuh, kok kurang manis ya?

Newbie 2: (Ikutan ngincip) Wah iya, kaya ga ada rasanya. (Nambahin satu sendok makan kecap mani) Coba incipin lagi. Aku udah tambahin satu sendok.

Newbie 1: (Ngincip lagi) Kayanya ga ada bedanya, sama-sama tawar. Ah, jangan-jangan ini resep salah kali, ya.

Newbie 2: Atau jangan-jangan merk kecapnya beda? Padahal udah 1,5 sendok lho.

Newbie 1: Entahlah. Pasti sengaja ngasih resep salah. Biar dia ga ada saingannya. Uh! Cari resep lain aja, deh.

Newbie 2: Udah ah, mending pergi makan di restoran aja. Masak sendiri tuh udah buang-buang waktu, makanannya rasanya ga enak pula.

Nah lho.

Belum lagi kalo cara masaknya juga kurang jelas. Terkadang gw harus menebak-nebak minyaknya harus berapa banyak, apakah menggorengnya harus dengan api kecil, api sedang, atau lidah-lidah api. Atau menebak-nebak berapa lama gw harus mengaduk sebelum memasukkan bahan berikutnya. Jangankan gw, kalo ayam yang direbus masih hidup pun, gw yakin ayam itu bingung ketika ditanya apakah dia sudah setengah matang atau baru 3/7 matang.

Wajarlah kalo resepnya ditujukan untuk si Gordon Ramsay, chef yang sudah terkenal galak berpengalaman begitu. Lah, ini yang baca gw, yang mecahin telor aja kadang berceceran dan kuningnya ga utuh. Gara-gara resep begini, masakan yang harusnya selesai dalam waktu 10 menit, jadi baru selesai setelah 2 jam. Itupun karena nasi gorengnya (yang ayamnya baru setengah atua mungkin 2/5 matang) udah abis duluan saat gw masih mencari-cari proporsi gula, garam, cabe, dan kecap yang tepat. Atau mungkin malah masih bingung bagaimana cara menghaluskan bahan-bahan untuk bumbu. Diamplas? Dicampur pelembut pakaian? Dikasih masker pepaya-tomat-mentimun?

Ah, besok-besok, gw ikutan share resep juga ah di sini. Gw salah-salahin biar ga ada yang bisa nyaingin masakan gw. Muahahaha!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published.