Bertanya Pada Diri Sendiri (Part 10)

The Book of Questions (Gregory Stock, Ph.D.)


Kelanjutan dari Bertanya Pada Diri Sendiri (Part 9). Pertanyaan-pertanyaan di bawah bersumber dari ‘The Book of Questions‘, karangan Gregory Stock, Ph.D.

Apa yang paling kamu sukai dari hidupmu? Yang paling tidak kamu sukai?

Banyak yang gw sukai dari hidup gw. Gw punya keluarga baik-baik, sampe sekarang juga semua sehat walafiat. Dikaruniai otak yang cukup encer, berkesempatan jalan-jalan ke beberapa negara, makan berkecukupan, kerjaan cukup challenging, punya sahabat-sahabat yang baik, dan banyak lagi hal lainnya. Gw bahagia dengan hidup gw.

 

Yang paling ga gw sukai adalah masa lalu gw. But it’s ok. Masa lalu biarlah berlalu.

Apakah kamu pernah tidak suka dengan seseorang karena dia lebih beruntung atau lebih sukses dibandingkan kamu?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

Kamu dengan seseorang yang tidak kamu kenal terkurung di dalam ruang bawah tanah dan terkunci. Kalian berdua tahu bahwa akan ada bantuan yang datang 30 jam lagi. Namun kadar oksigen di ruang tersebut sangat terbatas, hanya cukup untuk digunakan satu orang sampai bantuan datang. Namun, jika dipakai berdua, oksigen akan habis dalam 20 jam, setelah itu kalian berdua akan mati sebelum bantuan datang. Seseorang yang tidak kamu kenal memutuskan untuk pasrah dan menyerahkan semuanya pada Tuhan, dia meminum beberapa obat tidur dan terlelap. Kamu memiliki sebuah pistol dengan beberapa peluru. Kamu mempunyai beberapa pilihan: 1) Menembaknya dan kamu tetap hidup, 2) Menembak diri sendiri sehingga orang lain hidup, atau 3) Tidak berbuat apa-apa dan kalian berdua akan mati. Apa yang akan kamu lakukan?

Membunuh orang lain salah, membunuh diri sendiri juga salah. Jadi pilih yang ke 3 aja: Tidak berbuat apa-apa. Pasrah dan berdoa aja, berharap mukjizat terjadi. Kalo mati ya sudah.

Ketika mendapat pujian, apakah biasanya kamu menerimanya atau merasa tidak pantas menerimanya?

Kalo kadarnya wajar biasanya gw bilang ‘thank you‘ sambil tersenyum. Tapi kalo pujiannya terlalu wah, gw timpalin ‘jangan lebay deh’. Hihihi…

Hal apa yang paling ingin kamu lakukan? Apakah kamu biasanya mendekati orang duluan atau menunggu untuk didekati?

Jalan-jalan keliling dunia. Ada yang mau sponsorin?

Biasanya nunggu didekati. Gw kan orangnya pemalu. Hihihihi.

Jika kamu memutuskan untuk melakukan sesuatu namun teman-temanmu berpendapat bahwa kamu tidak seharusnya melakukannya, apakah kamu akan tetap melakukannya?

Kalo gw udah pengen banget, gw tetep akan ngelakuin. Iya, gw sekeras-kepala itu.

Ketika berada di sebuah restoran, kamu menyadari bahwa kasir lupa menghitung salah satu dari makananmu. Apakah yang akan kamu lakukan?

Kasih tahu si kasir kalo salah satu makanannya ga keitung. Kasian kan, kalo dia rugi.

Apakah kamu orang yang suka dengan rutinitas, seperti selalu tidur di tempat yang sama, punya jam makan yang sama, atau ketika pergi ke restoran favorit selalu duduk di tempat yang sama?

Enggak, gw ga suka rutinitas. Bisa dibilang gw orang yang mudah bosan, selalu mau coba makanan baru, tempat baru. Jam makan siang gw aja beda-beda setiap harinya.

Apakah kamu bisa memegang ucapanmu? Apakah kamu sulit mempercayai orang lain? Apa yang membuatmu bisa mempercayai orang lain?

Ga 100% sih, tapi gw selalu mencoba bertindak sesuai apa yang udah gw ucapin.

Gw sulit percaya sama orang. Kalo soal-soal penting, pasti gw kerjain sendiri. Urusan yang ga gitu penting, gw expect less atau hampir ga punya expectation aja biar ga kecewa.

Apakah kamu merasa kamu mempunyai pengaruh yang cukup besar untuk orang-orang di kehidupanmu? Adakah seseorang dalam hidupmu, yang dalam waktu singkat memberikan pengaruh besar dalam hidupmu?

Nope untuk keduanya.

Apakah kamu lebih baik menjadi orang yang bahagia tapi lemot dan tidak punya imajinasi, atau tidak bahagia tapi cerdas dan kreatif?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

0

Ketika bersama teman-temanmu, apakah kamu sering bersentuhan (seperti berpelukkan, berciuman, menepuk-nepuk punggung, dan lainnya) dalam berinteraksi? Jika tidak, apakah kamu mau seperti itu?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

1

Jika kamu bisa pergi ke masa yang akan datang namun tidak dapat kembali lagi, maukah kamu melakukannya? Bagaimana jika kamu diperbolehkan membawa seseorang bersamamu? Seberapa jauh kamu akan pergi?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

2

Lebih baik memakai pakaian yang terlalu simpel, atau yang terlalu mewah dan berlebihan ke sebuah pesta?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

3

Dari semua orang-orang yang dekat denganmu, siapakah yang paling membuatmu sedih kalo dia meninggal?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

4

Kamu sudah sepakat untuk makan malam dengan temanmu. Namun siangnya, ada acara spesial yang lebih menarik yang membuatmu. Kalo kamu datang ke acara spesial ini, kamu tidak akan bisa makan malam bersama temanmu. Bagaimana kamu mengatasi situasi ini?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

5

Apa kekecewaan terbesar dalam hidupmu? Kegagalan terbesar?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

6

Kalo kamu hanya boleh tidur atau bermalas-malasan seumur hidup tetapi semua yang kamu butuhkan selalu tersedia di samping tempat tidur, maukah kamu melakukannya?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

7

Kamu dikasih 1 juta USD untuk didonasikan kepada charity atau untuk orang yang tidak kamu kenal. Ke mana kah akan kamu donasikan uang tersebut?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

8

Keteika ngumpul bersama teman-teman, kamu biasanya lebih banyak mendengar atau berbicara? Topik apa yang biasanya kamu omongin?

Pernah. Biasanya suka sebel kalo liat orang jahat tapi hidupnya lebih beruntung. Dalam hati suka mikir, ‘Ih, aneh banget, kok orang kayak gitu hidupnya bisa lebih beruntung dan lebih sukses ya?’

9
Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published.