Hadiah Wisuda Buatan Sendiri

Postingan ini terinspirasi dari adek gw yang baru saja wisuda. Beberapa minggu sebelum wisuda, gw pusing delapan keliling mikirin mau kasih hadiah apa.

Gw mau hadiah gw bisa dipake sehari-hari sama dia, bukan sekedar pajangan seperti boneka atau bunga. Selain itu, gw juga mau bikin sesuatu yang ada elemen wisudanya, seenggaknya pas orang ngeliat itu, orang tersebut bakalan tahu kalo ini hadiah wisuda.

Dan beginilah hasil akhirnya…

Hadiah Wisuda
Hadiah Wisuda

Ya, memang ga sepenuhnya bikin sendiri sih. Gw cuma bikin topinya doank karena ga ada topi yang ready-made. Jadi di postingan ini, gw cuma akan membahas bagaimana gw bikin topi wisudanya.

Gw pilih bantal kecil supaya dia bisa pake dan ditaro di mobil atau di kamar kosnya. Ada fungsi lain daripada sekedar pajangan. Soal emoticon-nya, memang gw pilih smiley yang keliatan agak gila begitu. Anti mainstream. Dan entah kenapa, gw rasa smiley itu melambangkan kita banget.

Topi wisudanya gw pasangin velcro supaya bisa dipasang dan dicopot. Sengaja gw bikin gitu, takut kalo topinya ketindihan dan rusak pas ditidurin.

Ok langsung saja. Berikut langkah-langkah pembuatan topi wisudanya:

Bahan-bahan

  • Kertas karton yang tidak terlalu tebal. Gw pake kotak pembungkus susu Anlene (bukan promosi).
  • Kain flanel, ukuran tergantung kebutuhan. Gw sih 30 cm x 30 cm udah lebih dari cukup.
  • Tali rumbai-rumbai, biasanya bebas (biasanya warna merah atau kuning) untuk toga.
  • Lem kain, gw pake lem UHU (bukan promosi juga).
  • Gunting
  • Penggaris
  • Jarum dan benang untuk menjahit
  • Velcro
Bahan-bahan
Bahan-bahan
Velcro
Velcro. Fotonya kepisah karena baru dibeli keesokan harinya

 

Langkah-langkah

1). Gunting kertas karton 10 cm x 10 cm untuk bagian atas topi. Lebar topi bisa diganti sesuai kebutuhan.

2). Gunting kain flanel dengan ukuran 13 cm x 13 cm. Lapisi karton tersebut dengan kain flanel. Rekatkan, tapi jangan terlalu rekat.

3). Tinggi topi gw 2.5 cm, dan kelilingnya kira-kira 20 cm. Untuk membuat ukuran yang sama, gunting kertas karton dengan ukuran 21 cm x 4 cm (masing-masing dilebihkan 1,5 cm untuk lem).

4). Satukan kedua sisi ujung karton sehingga membentuk tabung dan rekatkan.

5). Gunting bagian bawah tabung sehingga menjadi seperti gambar berikut:

6). Selipkan tabung tersebut ke bawah kain flanel dan lapisi permukaan tabung dengan kain flanel.

7). Gunting lagi kain flanel berukuran 10 cm x 10 cm atau ukuran yang sama dengan lebar topi. Bolongi tengahnya sesuai dengan diameter topi.

8). Masukkan kain flanel agar menutupi sisi bawah topi dan rekatkan.

9. Untuk tali toga, gunting kain flanel berbentuk lingkaran berukuran kecil. Taruh tali rumbai-rumbai di bawahnya dan rekatkan tepat di tengah-tengah sisi atas topi.

10). Balik lagi ke bagian bawah topi, untuk mengisi rongga kosong, gunting karton berbentuk persegi panjang dan lingkaran sesuai diameter topi. Kemudian buat seperti gambar berikut:

11). Gunting kain flanel dengan ukuran yang sama seperti lingkar topi dan rekatkan.

12). Tempelkan salah satu sisi velcro di bagian bawah topi (di atas lingkaran pada gambar di atas). Sisi velcro yang lain dijahit di boneka yang kamu pilih.

TA DA! Jadi deh.

Smiley Gila Lulus S1
Smiley Gila Lulus S1
Chamander dan Squrtle juga bisa pake
Chamander dan Squirtle juga merengek-rengek minta pake. Hadiah yang cocok buat pencinta Pokemon.

 

Ok segitu aja. Semoga tutorial berguna!

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published.