Jalan-Jalan Terus: Iceland – Things to Know Before You Go

Welcome to Iceland - Official Information
Welcome to Iceland – Official Information

Informasi Umum

  • Iceland atau Islandia merupakan salah satu negara dengan kualitas udara paling bersih di dunia.
  • Air dingin dari keran bisa diminum. Yang dingin lho, ya, bukan yang panas. Keran air panasnya butek dan berbau sulfur. Jadi biar hemat, bawa botol kosong sendiri buat diisi ulang.
  • Kalo mau road trip, beli roti dan snack ringan untuk dimakan di mobil. Di Iceland, mencari restoran agak susah.
  • Pake sepatu boot yang waterproof. Walaupun dipakenya ga senyaman sepatu kets, tapi berguna banget untuk dipake jalan di gunung, lumpur, pantai yang berbatu-batu tajam, dan glacier. Ditambah lagi kalo cuacanya dingin. Gw sendiri pake sepatu boot yang gw beli di Timberland (bukan sponsor), cukup kuat dan awet.
  • Bawa raincoat dan pakaian yang waterproof. Angin di Iceland gede, payung sekali buka bisa rusak.
  • Uang cash ga butuh-butuh banget. Semua bisa dibayar pake debit card atau credit card. Kabar baiknya, no tips needed. Kabar buruknya, apa-apa mahal.

Mode Pembayaran

Mata uang Iceland adalah Icelandic Króna (ISK), rate-nya saat ini – per 22 Oktober 2017:

1 ISK = 128.14 IDR

Akan tetapi, gw ga nemu satu pun money changer lokal yang menjual ISK. Kata orang sih, kita nuker di money changer di Iceland. Gw nurut aja.

Di Iceland, gw cuma nemu satu money changer: di airport. Satu-satunya. Itu pun cuma nerima USD, EUR, GBP, dan beberapa mata uang negara Scandinavia. Rupiah jelas ga masuk daftar. Jadi kalo emang mau tuker cash, bawa USD / EUR / GBP.

Ga bawa cash? Tenang aja, sebenernya cash ga perlu-perlu banget karena semua tempat nerima credit card. Termasuk parkir, tiket masuk objek wisata, tol (yang sepertinya cuma 1), hotel, restoran, supermarket, pom bensin, dan toilet. Iya, toilet yang cuma ISK 100-200 itu bisa bayar pake credit card! So, jangan lupa aktifkan credit card overseas usage kamu, dan jangan lupa PIN credit card kamu. Karena untuk isi bensin, kamu akan diminta memasukkan kartu kamu sekaligus kode PIN.

Gw sendiri nuker USD 100. Sepuluh hari kemudian tetap utuh ga kepake satu sen pun.

Restoran dan Fasilitas Umum

Biaya hidup di Iceland sangat tinggi. Makanya jangan heran kalo harga makanan pun mahal. Sekali makan, bisa habis ISK 1500 – 2500 (193 – 320 ribu rupiah) untuk hamburger dan sandwich, dan ISK 2500 – 4000++ (320 – 513++ ribu rupiah) untuk makan berat (umumnya pasta atau steak — sangat jarang ketemu nasi).

Selain makanannya yang mahal, restoran pun agak sulit ditemui, apalagi kalo keluar dari Reykjavík. Restoran, pom bensin, toilet, supermarket, penginapan, dan fasilitas umum lain hanya berada di kota.

Berbeda dengan Indonesia yang kota satu dengan kota lainnya saling berdempetan, di Iceland tidak. Jarak satu kota dan kota lain agak berjauhan, terpisahkan oleh tanah bebatuan, pohon-pohon, atau pegunungan. Kalo pun menemukan sebuah kota, kemungkinan besar kota tersebut radiusnya hanya 200 meter. Ga heran sih, mengingat luas Iceland kira-kira 103 ribu km persegi tapi total penduduknya hanya 330 ribu jiwa.

Tips biar hemat: Gw beli snack dan roti di supermarket buat camilan di mobil. Begitu pula untuk breakfast dan dinner, gw lebih sering makan sereal, minum susu, makan roti, bikin pasta, sup, atau makan mie instant dibanding makan di restoran.

Bahasa

Bahasa nasional Iceland adalah bahasa Islandia atau Icelandic. Bahasa yang menurut gw susah dan banyak huruf anehnya, seperti á, é, i, í, ó, ú, y, ý, æ,ö, þ, dan ð.

Tapi jangan khawatir, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang wajib dipejari di sekolah-sekolah Iceland. Selama gw di sana, gw ga ketemu satu orang pun yang ga bisa berbahasa Inggris.

Weather

Souvenir di Iceland (Gullfoss Kaffi Ehf, 2016)
Souvenir di Iceland (Gullfoss Kaffi Ehf, 2016)

Yap, kira-kira begitulah. Cuaca di Iceland bisa berganti hanya dalam 5 menit.

Konon katanya, Iceland itu the third windiest country in the world. Jadi, percuma aja bawa payung. Iceland bakalan ngerusakin payung kamu dalam sekejap! Mending pake jas ujan atau pake pakaian yang waterproof. Berguna banget lho, mengingat objek wisatanya rata-rata outdoor.

Cuaca yang ekstrim dan tidak menentu juga bisa mempengaruhi itinerary kamu, lho. Contohnya, beberapa hari sebelum gw tiba di Iceland, jalan satu-satunya yang menghubungkan Jökulsárlón dan Höfn rusak akibat banjir. Akibatnya, ga ada satu kendaraan pun bisa ke sana. Untungnya, 6 jam sebelum gw lewat sana, temporary bridge-nya selesai dibangun. Aahhh, lega deh ga perlu bongkar itinerary.

Kasus lain lagi, saat gw di Iceland, bagian utara Iceland hujan salju. Apa dampaknya? Jalan satu-satunya ke air terjun Dettifoss dianggap impassable (tidak bisa dilalui karena tertutup salju). Batal deh, rencana gw ke Dettifoss.

So, always, always, ALWAYS check the news. Semua alert tentang jalan di Iceland, bisa dicek di Safetravel.is.

Camping

Gw ga begitu tahu banyak informasi tentang camping karena gw ga camping di sana. Tapi dari informasi yang gw dapet, camping di Iceland itu nge-trend banget pas summer. Kenapa summer? Karena campsites memang cuma buka pada saat summer (Mei – mid September). Di luar bulan tersebut, beberapa campsites tetap buka, tapi fasilitas umum seperti toilet, listrik, dan lainnya tidak ada.

Tips dan informasi tambahan untuk yang mau camping:

  • Jangan berhenti dan tidur di sembarang tempat. Camping cuma boleh di campsites yang telah disediakan.
  • Biar lebih nyaman, sewa camper van yang ada heater-nya.
  • Bawa handuk sendiri. Beli handuk di campsites itu MAHAL.
  • Toilet gratis tapi shower harus bayar. Kamu harus nyemplungin koin supaya shower-nya nyala. Pas di sana, gw ngeliat satu tempat shower sekali mandi harganya ISK 300 (38.500 rupiah), itu pun cuma dibatasin 5 menit.

Sewa Mobil

Kalo niatnya mau camping, sewalah campervan. Harganya memang agak mahal dibanding mobil biasa, tapi dengan campervan, kamu ga perlu cari-cari hotel buat tidur. Kalo diitung-itung, pengeluaran totalnya tetep lebih murah dibanding sewa mobil dan tidur di hotel / hostel.

Untuk yang tidak mau camping, tapi tetap mau mengitari Iceland, bisa sewa mobil 2WD atau 4WD. Dari segi harga, mobil 2WD lebih murah dibanding 4WD. Terus kelebihannya 4WD apa? Mobil 4WD bisa jalan di F-roads, sedangkan kalo mobil 2WD ga bisa, so 2WD better stick to Route 1. Gw akan bahas tentang Route 1 dan F-roads di sub-judul berikutnya.

Gw kemaren sewa mobil Dacia Duster 4WD di Blue Car Rental. Sewa mobil bisa pake SIM Indonesia, mereka ga nanyain SIM internasional sama sekali. Blue Car Rental cukup ok, harga kompetitif, mobilnya bagus ga ada kendala, pas ngambil dan balikin mobil juga ga ribet. Hanya pas ngambil mobil, antrinya cukup panjang aja karena rame (bukan sponsor).

Mobil Dacia Duster yang gw sewa harganya ISK 76.745 (9,8 juta rupiah) untuk  10 hari. Itu mobil 4WD yang paling murah, transmisinya manual, ada GPS, heater, dan kata Mr Hamburger sih, mobilnya enak disetir. Harga udah termasuk semua paket asuransi, kecuali asuransi Sand & Ash Protection (SAAP). Kenapa gw ga ambil asuransi itu?

  • Karena harganya mahal – ISK 1.500 (192 ribu rupiah) per hari.
  • Karena gw ga pergi pas musim badai. Kalo kamu pergi pas musim badai, sebaiknya beli asuransi ini karena badai pasir bisa merusak kaca, badan, lampu, dan cat mobil. Dan biaya untuk memperbaikinya berkisar ISK 500.000 –  ISK 1.500.000 (64 juta – 192 jura rupiah)!!
Tempelan di dashboard mobil yang gw sewa
Tempelan di dashboard mobil yang gw sewa

Note: Ga ada asuransi yang meng-cover ban, bagian bawah mobil, mobil kemasukan air, atau pintu yang rusak karena tertiup angin (yeah, angin di sana kadang kenceng banget!! Pegang pintu kuat-kuat ketika angin kencang!).

Route 1 dan F-Roads

Route 1, atau biasa juga disebut Ring Road, adalah jalan utama yang mengitari pulau Iceland dan menghubungkan hampir semua kota-kota di Iceland. Jalan ini terbuka di musim apapun, termasuk winterRoute 1 jalannya beraspal, bagus, dan mulus, dapat diakses oleh semua kendaraan baik 2WD atau 4WD. Hampir semua objek wisata terkenal di Iceland terletak di sekitar Route 1.

Route 1 Iceland
Route 1 Iceland

F-Roads, atau disebut juga mountain roads, biasanya terletak di tengah-tengah pulau Iceland. F-roads hanya bisa diakses dengan mobil 4WD. F-roads ditutup saat turun salju atau saat musim winter (awal November), dan baru dibuka bulan Juni-Juli (tergantung cuaca). Selalu cek road.is untuk informasi yang lebih up to date.

Bingung mau sewa 2WD atau 4WD?

  • Apa kamu ke Iceland saat winter? Sewa 2WD karena F-roads tutup saat winter.
  • Mau muterin Route 1 doank? Sewa 2WD.
  • Budget limited? Sewa 2WD.
  • Adventurous? Sewa 4WD.
  • Ga mau ke Iceland? Sewa ^%#$@WD.

Bingung objek wisata yang kamu tuju butuh 4WD atau ga? Gampaanngg. Buka aja Google Map, masukkan destinasi sebelumnya ke destinasi tujuan. Lihat nomer jalannya, kalo nomer jalannya ada F di depannya, itu berarti F-road, harus pake 4WD. Kalo tidak, itu berarti bukan F-road, pake 2WD juga bisa.

Kalo mau peta lebih jelas dan up-to-date tentang jalan di Iceland (termasuk letak webcams, traffic, rest areas, road surface, etc), bisa langsung cek aja di SINI.

Aturan Lalu Lintas

Mobilnya setir kiri, jalannya di kanan jalan, kebalikan dengan Indonesia. Belok kanan langsung (kecuali ada tandanya), belok kiri nunggu lampu merah. Tapi di Iceland (selain di Reykjavík) jarang ada lampu merah. Sebagai gantinya, di setiap persimpangan ada bunderan. Efektif juga buat memperlambat kendaraan dan membuat sopir tetap alert.

Sebelum nyetir di sana, walaupun rambu-rambunya rata-rata sama dengan di Indonesia, ada baiknya liat-liat dan pelajari rambu-rambu Iceland dulu di SINI.

Batas kecepatan di Iceland itu 80 km/jam untuk gravel road, dan 90 km/jam untuk paved road. Kalo di dalam kota, batas kecepatannya bisa lebih lambat dari siput 30-50 km/jam.

Jangan ngebut kalo nyetir di sekitar Reykjavík atau di terowongan karena banyak kamera / speed trap bertebaran. Kalo sampe kena tilang gara-gara ngebut, dendanya mahal, bisa sampe ISK 100 ribu (12,8 juta rupiah). Mau kabur dari denda? Oh ga bisa. Meski udah pulang ke tanah air pun, bakalan tetep ditagih. Ingat, tempat nyewa mobilnya punya semua data kamu. Kalo tetep nekat mau ngebut, pilihannya cuma bayar denda atau kamu di blacklist!

Hati-hati juga sama domba yang suka nyebrang jalan sembarangan. Kalo ada domba yang ga mau minggir, di-klakson-in aja, nanti mereka bakal kaget, kebingungan, terus lari ke pinggir. Lucu deh, pokoknya. Jangan ditabrak ya. Kasian nanti orang tuanya sedih.

Dan seperti yang sudah gw jelasin di atas, selalu cek Safetravel.is untuk memastikan rute perjalananmu aman.

Bensin vs. Diesel

Ternyata, harga bahan bakar di Iceland juga mahal! Bensin (RON 95) harganya ISK 203 (26 ribu rupiah) per liter, dan diesel ISK 194 (24.800 rupiah) per liter.

Mobil yang gw sewa pake diesel, lumayan lah bisa hemat sedikit. Total 9,5 hari perjalanan, muterin route 1 (entah totalnya berapa km), abis kira-kira 170 liter diesel (ISK 32.980 – 4,2 juta rupiah).

Informasi penting: Pom bensin di Iceland hanya menerima credit card / debit card yang model “chip and PIN“, artinya kamu harus slot in dan masukin kode PIN. Kalo kamu ga punya (atau pas sampe sana ternyata kartumu ga bisa dipake), beli ekstraPrepaid N1 gas card‘ yang dijual di pom bensin di Reykjavík. Kenapa gw bilang ekstra? Karena di luar Reykjavík, jarang sekali ada pom bensin yang ada penjaganya. Nah prepaid N1 gas card ini berguna banget buat situasi semacam ini.

Aurora Borealis 

ICELAND BUKAN CUMA TENTANG AURORA! – kata barisan orang sakit hati. Iya, gw salah satu membernya. HAHAHA.

Aurora itu hanya plus point. Kalo beruntung, kamu bakal dapet aurora yang bagus. Kalo ga beruntung, jangan kecewa, ada banyak hal lain yang bisa dilihat dan dinikmati di Iceland.

Gw salah satu contoh orang yang kurang beruntung. Sempat liat aurora yang tipis, tapi ga begitu jelas kalo difoto. But well, I still think Iceland worth to go!

Buat yang mau hunt aurora, forecast-nya bisa dilihat di SINI. Ada juga aplikasi yang namanya ‘Aurora Cast’ yang bisa di-download di Playstore. Cara membacanya juga sudah dijelaskan di dalam aplikasi tersebut. Intinya, semakin besar angka KP-nya, semakin besar chance-nya dan semakin jelas aurora-nya.

Hanya saja, mereka hanya bisa memprediksi aurora untuk hari ini dan 2 hari ke depan. Supaya peluang melihat aurora lebih besar, datang ke Iceland pada bulan September – pertengahan April.

Untuk melihat aurora yang bagus, kamu perlu:

  • Ke utara sekitar bulan September sampe pertengahan April.
  • KP index yang besar. Minimal 4 lah.
  • Langit yang cerah tanpa awan dan tanpa bulan.
  • Spot yang jauh dari lampu-lampu kota.
  • Lots of luck!

Hmm, ga banyak kan, syaratnya? 🙂

 

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published.