Jalan-Jalan Terus: Iceland – Into the Glacier Tour

Iceland ‘Into the Glacier’ tour – English subtitle available

Biaya

Paket tur nya beraneka macam, silakan liat sendiri di website-nya.

Gw sendiri pilih tour yang paling basic, cuma liat ice cave-nya doank: ‘Your Into The Glacier Adventure – the classic tour‘. Biaya untuk tour ini ISK 19.500 (2,5 juta rupiah).

Durasi

Terbuka kapan saja, termasuk saat musim panas. Durasi tour-nya, saat musim panas 2,5 jam. Saat musim dingin 4 jam. Terkadang bisa lebih dari 4 jam tergantung cuaca dan kondisi glacier.

Kenapa beda musim durasinya beda? Karena kondisi glacier, kecepatan angin, dan cuaca tiap musim berbeda-beda. Saat summer, perjalanan dari base camp ke ice cave hanya memakan waktu 30 menit. Saat winter atau saat badai salju, perjalanan dari base camp ke ice cave bisa lebih dari 1 jam. Tapi tenang aja, musim apapun itu, durasi di dalam ice cave tetap 30 menit.

Tour-nya Ngapain?

Meeting point-nya di Klaki Base Camp, tapi untuk ke sini, dibutuhkan mobil 4WD. Kalo ga punya mobil 4WD, cukup bayar ISK 2.000 (257 ribu rupiah) per orang untuk minta di antar jemput dari dan ke Húsafell.

Sampai di Klaki Base Camp, para petugas langsung ngecek apakah pakaian dan sepatu kita ‘cocok’ untuk masuk ke ice cave. Jika tidak, mereka punya baju dan sepatu yang bisa dipinjam dengan cuma-cuma.

Setelah itu, kita naik 8WD monster truck ke Langjökull glacier (artinya Long glacier), yang merupakan glacier terbesar kedua di Iceland. Di Langjökull-lah, ice cave ini berada.

By the way, ini bentuk 8WD monster truck-nya:

Monster truck bekas cruise missile launcher milik NATO

Monster truck ini bekas cruise missile launcher milik NATO yang sudah dimodifikasi. Jika diperhatikan lebih detail, ada selang di setiap ban-nya? Hayooo, ada yang tahu selang itu buat apa?

Untuk bisa berjalan di atas salju yang empuk, ban harus dikempesin. Nah, monster truck ini punya tire pressure system yang berfungsi untuk mengatur pressure ban. Berhubung gw duduk di belakang, gw ga bisa ngeliat sistemnya, tapi tour guide-nya bilang sistemnya mudah digunakan. Pas lagi nyetir, si sopir cukup menekan satu tombol dan pressure ban pun bisa berkurang hingga 95%.

Setelah kira-kira 30 menit, kita nyampe di depan ice cave. Berhubung grup gw giliran kedua, kita punya waktu beberapa menit untuk main-main di hamparan salju yang luaasss. Rencana awalnya sih, gw mau bikin snowman, tapi eehh, si Mr Hamburger (dan orang-orang lainnya) malah lari-lari dan lempar-lemparan salju. Gw kena timpuk juga. Siapa lagi yang nimpuk kalo bukan Mr Hamburger? So, BALEEESSSSS!! Akhirnya, lupa deh sama rencana bikin snowman. Uuh.

Begitu masuk, ruangan pertama adalah ruangan untuk duduk dan masang crampons. Apa itu crampon? Itu lho, rantai besi untuk ditaro di bawah sepatu boot, supaya tidak mudah terpeleset saat berjalan di es. Semua peserta diwajibkan memakai crampons. Berdasar pengalaman gw, narik karetnya memang sedikit keras, jangan segan untuk bertanya atau meminta bantuan kalo ga bisa.

Tur yang sesungguhnya baru dimulai saat sepatumu sudah ber-crampon. Si tour guide bukan cuma membawa kita ke ruangan-ruangan di dalam ice cave, tapi juga menjelaskan sejarah dan informasi di baliknya.

Total durasi di dalam ice cave kira-kira 30 menit an.

Berikut foto-fotonya:

Snow mobile

Review Dari Gw

Tour yang satu ni recommended banget. Semua terorganisir dengan baik, mulai dari perjalanan menuju ke Langjökull dengan monster truck, masuk ke dalam ice cave, sampai perjalanan pulangnya.

Dan ternyata, ice cave-nya JAUH lebih besar dari apa yang gw bayangkan. Ada chapel-nya buat wedding pulaa! Dan amazing-nya lagi, ini semua man-made!!! Yap, ini memang ice-cave buatan TERBESAR di dunia!

TIPS

  • Penjemputan di Húsafell bayar ISK 2.000 (250 ribu rupiah) per orang. Kalo sewa mobil 4WD, bisa langsung berangkat sendiri ke Klaki Base Camp.
  • PALING PENTING: Pake pakaian dan sepatu waterproof!!! Ga seru banget kalo sampe pakaian dan kaos kakimu basah.
  • JUGA PENTING: Es itu LICIN. Pasang crampons dengan baik dan benar sebelum mulai berjalan. Berhati-hatilah saat jalan di dalam ice cave. Di beberapa lorong disediakan matras dari besi, berjalanlah di atas matras. Gunakan sepatu boot yang panjangnya sampai di atas pergelangan kaki dan ikat kuat talinya sampai ke atas. Ini untuk melindungi agar pergelangan kakimu tidak sampe cedera dan ‘tergeser’ saat terjatuh.
  • Selama tour, stick to the group.
  • Di atas sana sepertinya ga ada toilet. Pergilah ke toilet sebelum naik ke ice cave.
  • Extra tips: Enam menit dari tempat penjemputan di Húsafell, ada air terjun cantik ‘Hraunfossar falls‘, jangan dilewatkan.
Hraunfossar falls
Hraunfossar falls – 6 menit dari tempat penjemputan ‘Into the Glacier Tour‘ di Húsafell.
Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published.