Jalan-Jalan Terus: Itinerary Iceland 10 Hari 9 Malam

Hari 1: Minggu, 1 Oktober 2017

Keflavik – Reykjavik

Bermalam di Reykjavik

Keflavik Airport

Nyampe Keflavik International Airport jam 3.10 sore. Nungguin bagasi, beli sim card, nuker duit, ngambil mobil, eehh, tau-tau udah jam 6 sore. Yeah, ngambil mobilnya antri panjang dan lamaaa.

Baca juga: Jalan-Jalan Terus: Iceland – Things to Know Before You Go

Setelah 40 menit nyetir, gw tiba di pusat kota Reykjavik (baca: Reykyavik). Abis mandi, makan malem, gw keluar buat berburu aurora.

Hari 2: Senin, 2 Oktober 2017

Þingvellir – Brúarfoss – Geysir Strokkur – Kerið

Bermalam di Hvolsvöllur

Þingvellir National Park

Jam 8 pagi udah keluar rumah dan langsung menuju ke Þingvellir (baca: Thingvellir) National Park, salah satu situs budaya UNESCO. Di sini, kalian bisa snorkeling / diving di Silfra, atau sekedar melihat air terjun Öxarárfoss dan foto-foto.

Air Terjun Öxarárfoss

Brúarfoss

Setelah itu gw ke Brúarfossair terjun cantik yang berwarna biru. Tidak heran Brúarfoss juga dikenal sebagai ‘The Blue Waterfall’.

Air terjun ini tidak begitu ramai turis karena letaknya agak tersembunyi. Jalan menuju ke sana sempit, gw rasa bus ga akan bisa masuk. Palang petunjuknya pun ga ada. Tapi asal ngikutin Google map, pasti bisa sampe. Bravo Google map!

Brúarfoss, The Blue Waterfall

Geysir Strokkur

Kemudian lanjut melihat Geysir Strokkur.

Kerið

Diakhiri dengan Kerið (baca:Kerith).

Hari 3: Selasa, 3 Oktober 2017

Seljalandsfoss – Skógafoss – Reynisfjall – Fjaðrárgljúfur

Bermalam di Kirkjubæjarklaustur

Seljalandsfoss dan Skógafoss

Dua air terjun ini letaknya berdekatan, hanya 30 menit. Dua-duanya juga mudah dijangkau karena ga perlu hiking. Begitu parkir mobil, depan mata udah keliatan air terjunnya.

Seljalandsfoss
Skógafoss

Reynisfjall

Abis puas ngeliatin air terjun, gw menuju ke kota Vik untuk makan siang dan mengunjungi Reynisfjall.

Reynisfjall, pantai berpasir hitam

Fjaðrárgljúfur

Gara-gara restorannya antri dan di Reynisfjall agak lamaan, sampe Fjaðrárgljúfur (gw juga ga tau cara bacanya) udah jam setengah enam sore. Untungnya langit belum gelap-gelap banget, jadi masih bisa menikmati pemandangan dan foto-foto sebentar.

Fjaðrárgljúfur ini canyon sepanjang 2 km, dan berkedalaman 100 m. Di bawahnya, ada sungai yang mengalir. Di ujung sungai, ada air terjun mini.

Hari 4: Rabu, 4 Oktober 2017

Skaftafell – Jökulsárlón

Bermalam di Höfn (baca: hep)

Skaftafell National Park

Langsung olahraga pagi, hiking 2 km di Skaftafell National Park untuk melihat air terjun Svartifoss yang juga dikenal dengan ‘The Black Waterfall‘.

Jalannya agak mendaki, tapi begitu melihat air terjunnya, dijamin ga nyesel dan capeknya hilang semua!

The Black Waterfall
Svartifoss – The Black Waterfall

Jökulsárlón

Abis makan sandwich di Skaftafell Visitor Center, gw lanjut ke Jökulsárlón (baca: Yohkursarlon). Udara yang dingin dan angin yang kencang tidak mengurangi tingkat kenarsisan gw sedikit pun.

Hari 5: Kamis, 5 Oktober 2017

Stokksnes – Arctic Henge

Bermalam di Raufarhöfn

Stokknes

Sebelum memulai perjalanan panjang menuju ke utara Iceland, gw mampir dulu ke Viking Cafe dan Stokknes. Kebetulan letaknya memang dekat dengan hostel di Höfn yang gw tempatin semalam.

Untuk ke Stokknes (gambar di bawah) dan ke Viking village, harus bayar ISK 800, bayarnya ke yang punya viking cafe. Orangnya agak menyebalkan, bawel, dan mata duitan sih. Tapi yah, gw udah terlanjur datang. Personally, gw rasa akses ke sesuatu yang natural seharusnya gratis. Dan… viking village-nya jelek, don’t bother to waste your time go down there.

Arctic Henge

Enam jam berikutnya, gw sudah tiba di Arctic Henge, saudara jauhnya Stonehenge. Gw suka karena di sini sepi banget, udah berasa kaya tempat ini milik pribadi. Hihihi.

Hari 6: Jumat, 6 Oktober 2017

Dettifoss – Hverarond – Grjótagjá Cave – Goðafoss

Bermalam di Akureyri

Dettifoss

Jadwalnya pagi-pagi cus ngeliat Dettifoss, salah satu air terjun yang terkenal di Iceland. Perjalanan ke sana sangaatt sepi. Gw pikir, gw kepagian, sampe-sampe ga ngeliat satu mobil pun. Eeehh tahunya, di tengah jalan, gw ga bisa lanjut karena jalanannya tertutup salju. Mr Hamburger bilang, mobil yang kita sewa ga punya rantai salju, jadi sangat berbahaya untuk melanjutkan perjalanan.

Alhasil, setelah setengah jalan, kita puter balik. Kecewa sih, tapi ilang kecewanya karena keasikan main salju. Oops, maklum orang kampung.

Di tengah perjalanan menuju Dettifoss

Hverarond dan Grjótagjá Cave

Setelah makan siang, lanjut menuju Hverarond hotspring dan Grjótagjá Cave (baca: Griotakyo). Grjótagjá Cave ini menjadi terkenal setelah dijadikan sarang cinta oleh Jon Snow dan Ygritte dalam series Game of Thrones (GoT). Penggemar GoT, pasti tidak akan melewatkan spot yang satu ini.

Grjótagjá Cave

Goðafoss

Destinasi terakhir hari ke 6 ini adalah Goðafoss (baca: Gothafos). Bentuknya sangat mirip dengan air terjun Niagara, hanya saja ini versi mini-nya.

Hari 7: Sabtu, 7 Oktober 2017

Hvítserkur – Illugastaðir – Svalbarð

Bermalam di Grundarfjörður

Seal Watching di Hvítserkur, Illugastaðir, dan Svalbarð

Hari ini hari yang cukup santai (kecuali untuk yang nyetir yang harus nyetir 5 jam). Stop point-nya hanya di Hvítserkur, Illugastaðir, dan Svalbarð. Ketiganya merupakan tempat melihat anjing laut (seal) di habitat asalnya. Informasi lebih lengkapnya, bisa dilihat di SINI.

Hari 8: Minggu, 8 Oktober 2017

Húsafell – Hraunfossar – Reykjavik

Bermalam di Reykjavik (via Airbnb)

Langjökull, ikut Into the Glaciertour

Langsung cus ke Húsafell untuk mengikuti Into the Glaciertour. Di dalam tour ini, gw dibawa ke Langjökull (baca: Lonkyokul) Glacier, yang merupakan glacier terbesar ke 2 di Iceland, dan menelusuri gua es buatan di bawahnya.

Baca juga: Jalan-Jalan Terus: Iceland – Into the Glacier Tour

Hraunfossar

Selesai tour, balik lagi ke Húsafell, dan melihat air terjun Hraunfossar yang sangat cantik. Sebenernya, air terjun ini tidak termasuk dalam itinerary awal. Gw cuma penasaran karena banyak banget orang yang berhenti di lokasi ini. Karena kepo, gw ikutan parkir mobil dan turun. Ternyataaaaa… CANTIK!

Air terjun aslinya lebih panjang dan lebih cantik daripada gambar ini!

Gereja Hallgrímskirkja

Dan akhirnya, baru hari ke 8, gw berkesempatan mengeksplorasi ibukota Iceland. Destinasi pertama yaitu ikon sekaligus bangunan tertinggi di Reykjavik: Gereja Hallgrímskirkja (baca: Hakskrimkirkya).

Hari 9: Senin, 9 Oktober 2017

Thrihnukagigur Volcano – Phallological Museum – Blue Lagoon

Bermalam di Reykjavik (via Airbnb)

Thrihnukagigur Volcano, ikut ‘Inside the Volcano’ tour

Pukul 7.30 pagi udah siap di tempat penjemputan Inside the Volcanotour. Durasi tour sekitar 5 jam, di mana kita dibawa ke dalam (iya, DALAM) gunung Thrihnukagigur yang statusnya sudah dormant. Ini juga merupakan satu-satunya tempat di dunia, di mana kita bisa masuk dan melihat isi gunung.

Lift untuk masuk ke dalam gunung

Baca juga: Jalan-Jalan Terus: Iceland – Inside the Volcano Tour

Phallological Museum

Destinasi berikutnya yang ga kalah anehnya dengan Thrihnukagigur Volcano adalah The Icelandic Phallological Museum, yang juga hanya satu-satunya di dunia.

By the way, apa sih Phallological museum itu, Stef? Phallological diambil dari kata phallology, yang artinya ilmu yang mempelajari tentang penis. So yeahPhallological Museum itu nama keren dari Penis Museum.

Blue Lagoon

Setelah 9 hari yang melelahkan (iya, liburan juga lelah lho, karena banyak hiking-nya), gw pun memanjakan diri berendam di Blue Lagoon yang terkenal itu.

Baca juga: Jalan-Jalan Terus: Blue Lagoon

Malamnya, gw ke pusat kota Reykjavik, jalan-jalan cari souvenir, sekaligus mencoba kuliner lokal: Grilled puffin, fermented shark, dan dried fish.

Penasaran sama rasanya? Lihat aja reaksi gw dan Mr Hamburger nyobain makanan-makanan aneh di Iceland!

Hari 10: Selasa, 10 Oktober 2017

Pulang

Bermalam di pesawat 🙁

***

Untuk orang-orang Indonesia yang berniat jalan-jalan ke Iceland dan bingung soal itinerary-nya, jangan segan-segan untuk bertanya di kolom komentar di bawah atau menghubungi:

Willy Iceland: https://www.facebook.com/willy.iceland

PS: Willy itu orang Indonesia yang tinggal di Iceland. Orangnya baik, ga gigit, jadi jangan segan kalo mau nanya-nanya tentang Iceland, ya.

PPS: Buat yang belum punya akun Airbnb, bisa join dengan referensi gw dengan meng-klik link INI dan register. Dengan link itu, kamu akan mendapat kredit SGD 45 yang bisa kamu gunakan untuk stay pertamamu!