Debat Nama Makanan

Stef, lo mau ini ga?

Teman1, orang Singapura, nawarin kue yang penampakannya kaya gini:

Gambar diambil dari Cookpad

Gw sebagai orang yang rakus baik hati dan tidak sombong, tentu mau donk. Gw comot satu.

Pas gw makan, enak juga, rasanya kaya klepon tapi tanpa gula merah di dalamnya.

Gw: Ini di Indonesia juga ada makanan yang mirip kaya gini. Tapi bentuknya kaya bola, warnanya ijo, dalemnya ada…

Teman1: (Motong) Gula merah, kan? Yang dibalutin kelapa juga kaya gini?

Gw: Ah iya bener… Kue itu namanya…

Teman1: (Motong lagi) Onde-onde!

Gw: Bukaaaannnnn.

Teman1: Iya. Onde-onde. Yang ijo kan?

Gw: Onde-onde mah warnanya ga ijo. Onde-onde itu warnanya coklat muda terus ada biji wijennya.

Teman1: (Bengong sebentar, ngeliatin gw, seolah-olah gw ngomong kalo kucing itu kakinya 2 dan bisa terbang) No, Stef. Onde-onde itu ijo.

Gw: Bukaaannnn. (Nunjukin foto hasil Googling) Ini nih onde-onde.

Onde-onde (Indonesia-Tourism forum, 2016)
Onde-onde (Indonesia-Tourism forum, 2016)

Teman1: (Ngambil HP gw, ngeliat fotonya) Oh, gw tau makanan ini. Ini mah bukan onde-onde.

Gw: Terus apa?

Teman1: Hmm.. gw tau bahasa mandarinnya. Tapi lupa. Kayanya XXX (dia menyebutkan sesuatu dalam bahasa Mandarin, tapi gw lupa).

Gw: Ga pernah denger kata itu. Yang jelas ini namanya onde-onde.

Teman1: Iya, yang isinya macem-macem kan? Kacang ijo, ketan item, ubi…

Gw: Eerrr… gw taunya sih kacang ijo doank. Ya pokoknya gitu lah, ini namanya onde-onde, yang ijo namanya klepon.

Teman1: Enggak. Yang ijo itu onde-onde. Ini namanya XXX.

Gw: Ih dibilangin ga percaya. Coba deh google sana.

Teman1: Gimana cara nulisnya?

Gw: K-L-E-P-O-N

Teman1: Kle.. kle… apa? Gimana ini cara bacanya?

Gw: Kle-pon.

 

(Pas di Google, muncul gambar klepon – yang warnanya ijo – sama seperti yang gw maksud)

Teman1: Hmm…

(Tiba-tiba Teman2, yang juga orang Singapura, masuk)

Teman2: Apa nih ribut-ribut?

Teman1: Eh eh, Temen2, sini deh. Kita main tebak-tebakan.

Kue apa yang bentuknya bulet, warna ijo, dalemnya gula merah, terus di luarnya ada kelapanya?

Teman2: ONDE-ONDE!!

Gw:

Lalu pembicaraan beberapa menit sebelumnya mengenai klepon dan onde-onde terulang lagi. Kali ini gw harus melawan 2 orang.

Teman2: Coba google onde-onde.

Gw yang asalnya mau bilang ‘NAH KAN!’ jadi ga jadi. Kayanya kubu sebelah juga gitu. Kita semua jadi diam, karena gambarnya 50:50.

Teman2: Coba kalo pake H, jadi ondeh-ondeh.

Teman2: NAH KAN, ini namanya ondeh-ondeh. Bukan klepon.

Gw: Uh. (Berat hati) Tapi itu klepon.

Teman2: Udah gini aja. Sekarang lo lagi di Indonesia atau Singapura?

Gw: (Sebel) Iya deh iya. Terserah mau bilang onde-onde, ondeh-ondeh, atau apalah.

Teman1 + Teman2: (Senyum-senyum sambil pasang muka kemenangan).

 

Belom nyerah, gw pun jalan-jalan ke toko yang menjual kue-kue basah, berharap gw bisa mendapatkan sumber lain yang menguatkan argumentasi gw.

Tapi ternyata… Beginilah yang gw dapat:

 

Gile, ondeh-ondeh klepon di sini mahal amat! Ngeliat harganya, ngidam gw ilang seketika.

***

Jadi mana yang bener? Berikut menurut Wikipedia:

Klepon is Javanese name for this sweet glutinous rice balls. In other parts of Indonesia, such as in Sulawesi, Sumatra and in neighbouring Malaysia, it is mainly known as onde-onde or in some regions, ‘buah melaka’ (Malaccan fruit). In Java however, onde-onde refers to the Chinese Jin deui, a rice cake ball coated with sesame seeds and filled with sweet greenbean paste. Although popular across Southeast Asia, klepon may have originated in Java. The dish is also called as klepon in the Netherlands.

Kalo kamu, #timklepon kaya gw, #teamondeonde, atau #teamondehondeh?

Share this!

4
Leave a Reply

2 Comment threads
2 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
1 Comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Anonymous

di tempatku namanya jg klepon mba stef… kita satu kubu. klo onde -onde y yang pake wijen. wkwkw ato krn cirebon brebes masih deket y jd masih satu suara. hahaha

Aku pilih Klepon. Stef

Aku domisili di sebuah kota kecil di Jawa Tengah, Kota Tegal. Disini (rumah aku dekat pasar tradisional) harga Klepon dan Onde-ondeh cukup terjangkau. Untuk klepon beli 2k aja udah dapat 6-8 ‘glinding’ (biji). Untuk onde-onde harganya 500, malah kadang kalau yg mimpes (udah nginep sehari) 2000 seplastik dapat 5 biji.

Kalau rasanya kamu pilih mana? Klepon or Onde-onde ?