Pengalaman Pertama Pake Obat Semprot Asma

Kira-kira 3-4 bulan yang lalu. Saat itu Singapore lagi sering-seringnya hujan. Udara dingin banget. Di kantor dan transportasi umum pun, banyak orang sakit.

Sebagai anak yang bandel, kalo ujan, ya gw ujan-ujanan doonnkkk. Males kan, bawa payung kemana-mana. Hampir tiap hari ujan-ujanan, akhirnya sakit deh. Lemes, sakit tenggorokan dan (kata Mr Hamburger) demam.

Dengan berat hati, besok siangnya gw pun ke dokter. Dokter langganan deket kantor.

Dokter (D): How can I help you?

Gw: (Bisik-bisik) I have a very bad sore throat, it’s burning. A little bit of cough. Also, I had slight fever yesterday.

D: (Ngecek temperatur gw) You still have a slight fever.

Gw: (Bisik-bisik) Masak? Gw ga ngerasa demam sekarang.

D: Do you feel cold?

Gw: (Masih bisik-bisik) Nah.

D: Tapi suhu badanmu di atas normal. Never mind. I still give you a fever med, just in case.

Gw: (Bisik-bisik) Alright.

Gw ngalah, secara gw lagi sakit tenggorokan dia dokter. Dia ngecek tenggorokan gw, katanya ada infeksi. Terus pake stetoskop ngecek… errr sesuatu. Sesuatu yang cuma dokter yang tau.

Gw dikasih obat demam, obat batuk, obat buat infeksi tenggorokan, sama permen pelega tenggorokan.

Terakhir si dokter nanya, gw perlu surat sakit ga. Gw jawab enggak. Jarang-jarang kan ada pasien ditawarin surat sakit malah nolak?

***

Tiga hari kemudian, tenggorokan gw much better. (Hampir semua) obat gw abis, tapi batuk gw malah makin parah, ditambah pilek malah. Gw pergi lagi ke dokter yang sama minta pertanggungjawaban. Dikasih obat sakit tenggorokan lagi, obat pilek, 2 macam obat batuk, dan obat untuk ngeluarin dahak. Gw disuruh istirahat, jangan capek-capek.

Dia nanya lagi, perlu surat sakit ga. Gw tetep bilang enggak. Gw ga punya waktu untuk istirahat. Saat itu, gw lagi sibuk-sibuknya. Sabtu minggu pun gw ga bisa istirahat cukup. Mungkin inilah yang menyebabkan asma gw kambuh: kecapekan pas lagi sakit.

***

Gw dateng lagi ke dokter yang sama. Liat gw sesak napas, dokternya langsung telepon counter, minta obat semprot buat asma dianter ke ruangan.

D: Kamu punya riwayat asma?

Gw: Iya.

D: (Nunjukin obat semprot) Have you used it before?

Gw: Pernah sekali. Dulu banget waktu kecil. I remember I don’t like the taste.

D: Lah, terus biasanya pake obat apa?

Gw: Obat oral, racikan resep dokter.

D: (Nyodorin obat) Oh begitu. Tapi ini ga ada rasanya kok. Cobain dulu deh.

Gw: How to use it?

 

Si dokter ngajarin cara pake obat semprot. Tapi teorinya doank (ya iyalaahhh -.-‘).

D: (Ngasih obatnya ke gw) Try it.

Gw: Berapa banyak?

D: Two pumps. Try one pump first.

 

Gw nyobain sekali.

Semprot…

Tarik napas…

Oh iya bener ga ada rasanya. Cuma geli-geli aja, lidahnya kena semprot.

D: No no, that is not correct. Kamu harus tarik napas dulu baru semprot. Tarik napasnya yang panjang.

Gw: Oh, alright (Nih dokter kaga tau apa, gw tuh lagi capek, sesek napas. Mana bisa narik napas panjang?)

D: Now try again.

 

Gw coba lagi.

Tarik napas…

Semprot…

D: Masih kurang benar. Napasnya kurang panjang.

Gw: Terus gimana donk? Apa semprot lagi? Kan udah 2 kali.

D: Nanti sorean abis makan kamu coba lagi. Just practice, lama-lama pasti bisa kok.

 

Kali ini dokternya ga nanyain surat sakit lagi. Mungkin dia tahu kalo ditanya, gw bakal bilang enggak. Dia pun langsung nyuruh gw pulang dan istirahat di rumah selama 3 hari. Daaannn… akhirnya dikasih antibiotik. Yeah, di sini dokter-dokter itu pelit antibiotik. Beda sama dokter di Indonesia, kunjungan pertama aja langsung antibiotik.

Abis mulai minum antibiotik, batuk gw cepet banget sembuhnya. Sesaknya bertahan lebih lama, sampe 1 mingguan baru pulih. Lho, kok bisa lama gitu? Iya, soalnya frekuensi dan cara minum obat gw salah. Dan gw baru nyadar beberapa hari setelahnya. Huahahahahaha.

Mungkin di postingan selanjutnya, gw akan bahas gimana cara menggunakan obat semprot asma dengan benar.

Stay tuned!

Share this!

6
Leave a Reply

1 Comment threads
5 Thread replies
2 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Jason

Beda banget sama dokter di Indonesia ya, disini apapun penyakitnya selalu dikasih antibiotik, banyak pula, kadang bisa sampai 20 butir, harus sampai habis.

Demam, cepirit (mencret), jerawat, semua di kasih antibiotik, kadang sampai heran. hahaha