My Engagement Ring

Gw buta soal perhiasan, apalagi soal batu permata. Gw ga pernah pake perhiasan sebelumnya. Perhiasan yang gw pake cuma kalung (itupun buat masang liontin yang sudah diberkati), dan terkadang gelang, yang juga sudah diberkati.

Setelah banyak buanget research, nanya-nanya, ikut crash course gratis di toko berlian, gw (dan Mr Hamburger tentunya) cukup ngerti mana yang bagus mana yang kurang bagus. Step ini penting banget buat kalian yang ingin membeli berlian solitaire. Sayang kan, kalo budget yang ada ga digunakan secara maksimal. Banyak lho, toko-toko yang jualnya mahal ga kira-kira tapi ga bagus-bagus amat.

Untuk summary-nya gw pernah tulis di: Tips Memilih Berlian Berkualitas.

***

Oke, langsung to the point aja, kali ini, gw mau bahas tentaaannngggg….

MY ENGAGEMENT RIINNGGG!

FYI, gw engaged udah lama, hampir setahun. Artikel ini juga ditulisnya udah lama. Cuma… kelupaan baru pengen di-publish aja.

Baca Juga: The Proposal

Desainnya cincin tunangan gw terinspirasi dari ‘Claddagh Ring‘ yang sangat terkenal di Irlandia. Di sana, claddagh ring sudah umum digunakan sejak tahun 1800an untuk cincin tunangan maupun cincin nikah.

Bentuk claddagh ring seperti ini:

Claddagh Ring yang melambangkan Love, Friendship, dan Loyalty
Claddagh ring yang melambangkan Love, Friendship, dan Loyalty

Claddagh ring punya 3 elemen utama: hati di tengah, dua tangan memegang hati, dan mahkota di atas hati. Masing-masing elemen mempunyai arti tersendiri.

  • Hati di tengah melambangkan cinta (love)
  • Kedua tangan memegang hati melambangkan persahabatan (friendship)
  • Mahkota di atas hati melambangkan kesetiaan (loyalty).

Cincin sendiri tidak memiliki ujung, sehingga dikenal dengan lambang keabadian (infinity). Makanya kalo orang menikah pake cincin, bukan kalung, anting, atau perhiasan lainnya. Jadi claddagh ring secara keseluruhan berarti “Let Love and Friendship Reign Forever“.

Cincin gw, yang mirip Claddagh Ring, ada hati dan mahkotanya juga. Tetapi tangannya ga terlalu berbentuk seperti tangan, hanya berupa ukiran-ukiran simpel.

  • Mahkotanya pake berlian dengan 4-prong setting.
  • Hati di tengahnya pake batu safir warna merah muda, dengan pinggiran rose gold.
  • Kedua tangannya hanya berbentuk ukiran-ukiran warna rose gold juga.

Hatinya sengaja pake batu safir merah muda biar cincinnya unyu kaya cincin mainan berwarna-warni sedikit. Batu safir, yang juga merupakan birth stone bulan September (pas banget ya – padahal sebelumnya gw ga tau), melambangkan kebijaksanaan, keberuntungan, dan kesucian. Bila diletakkan pada cincin tunangan, batu safir merah muda juga melambangkan kesetiaan dan ketulusan.

Baca Juga: Seputar Cincin Berlian Solitaire (FAQ)

So, here you go… A few pictures of my engagement ring:

Tampak depan - pake kamera abal-abal
Tampak depan – pake kamera abal-abal. Ternyata foto cincin itu susah 🙁
My Engagement Ring - Tampak Samping
Tampak samping – difoto sama fotografer profesional. Beda banget kan, sama foto abal-abal sebelumnya?

Share this!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of