Jalan-Jalan Terus: Hanbok Photo Shoot Tour

Ke Korea kurang lengkap rasanya kalo belum berfoto pake pakaian tradisional Korea alias hanbok. Selain terlihat ganteng-cantik-unik, pake hanbok juga bisa dapat keuntungan lainnya: masuk gratis ke palace!

Udah gitu, karena hanbok itu modelnya mengembang di bagian bawah, cewek-cewek ga perlu takut perutnya keliatan gendut. Kalo foto pun, ga perlu tahan napas. Untung banyak kan, selain bisa masuk gratis ke palace, perutnya juga ga keliatan gendut! Hahaha.

Karena gw dan Mr Hamburger perginya cuma berdua, kita memutuskan untuk ikut Hanbok Photo Shoot Tour. Lumayan buat menghemat waktu, karena kalo setup kamera dan foto-foto sendiri itu makan waktu yang lama.

Apa Itu Hanbok Photo Shoot Tour?

Hanbok Photo Shoot Tour adalah tour pake hanbok bersama seorang fotografer yang juga merangkap jadi tour guide.

Rute

Tempat rental hanbok (dekat Anguk station exit 1) -> Gyeongbokgung Palace (kalo hari Selasa: Changdeokgung Palace, karena Gyeongbokgung tutup) -> Bukchon Hanok Village -> Tempat rental hanbok (dekat Anguk station exit 1).

Jarak ketiga tempat tersebut berdekatan, ditempuh dengan berjalan kaki.

Durasi

Ada 2 pilihan:

  • Jalan kaki, langsung ketemu fotografer di lokasi (3 jam).
  • Dijemput dari hotel dan dianter pulang ke hotel dengan private vehicle (4 jam).

Kedua pilihan tersebut rutenya sama, cuma beda dijemput dan dianter ke hotel atau enggak.

Gw pilih pilihan yang pertama (3 jam), toh dari tempat kita tinggal ke lokasi juga ga begitu jauh.

Dari 3 jam itu, 15-20 menit pertama dipake buat pilih hanbok dan hairdo. Semakin lama kamu pilih hanbok, ya semakin habis waktunya. Sebaiknya riset dulu. Jadi pas dateng ke sini, kamu kira-kira udah tau mau warna dan corak kayak gimana.

Waktu sisanya (2 jam 35-45 menit) digunakan untuk foto.

Pas waktu gw dan Mr Hamburger foto sih, jalan balik ke tempat rentalnya udah melebihi batas waktu, jadi bener-bener waktu abisnya itu pas kita masih di Bukchon Hanok Village. Baru nyampe tempat rental dan lepas hanbok 15-20 menit kemudian.

Kamera

Kalian juga bisa pilih mau pake kamera yang biasa atau pake kamera yang lebih advance  (full-frame) seperti Canon 5D Mark II atau 6D, atau Sony A7 dengan lensa 35mm atau lensa 50 mm.

Dan… entah kenapa, Mr Hamburger maunya pake yang advanced camera. Mungkin dia pengen advanced camera cuma belom kesampean hahaha.

Biaya

Biayanya USD 230 untuk sepasang (kita memang pilih paket untuk couple).

Paket sudah termasuk:

  • Sewa hanbok untuk 1 perempuan dan 1 laki-laki.
  • Aksesoris rambut (tapi tidak termasuk hairdo)
  • Seorang fotografer dengan advanced digital camera (bisa ngomong Inggris).
  • SEMUA foto (softcopy, JPG fileshigh resolution).

Paket tidak termasuk:

  • Tas, tambah KRW 2.000 kalo mau. Gw sih ga sewa. Kalo bawa-bawa tas, tangan gw jadi ga bebas berekspresi. Barang-barang gw yang ga perlu, gw taro di loker (gratis). Barang-barang berharga, gw titipin ke Mr Hamburger. Serius, kantong celana hanbok itu besar banget. Hahaha.
  • Sepatu.
  • Topi.
  • Makanan dan minuman.
  • Hairdo. Untuk hairdo, gw harus nambah KRW 5.000.
  • Make up. Mereka ga melayani make up, jadi harus make up sendiri.

Harga tersebut agak mahal karena Mr Hamburger maunya yang advanced digital camera. Untuk yang normal digital camera, harganya kalo ga salah USD 190-200 an. Gw lupa dan ga bisa cek lagi karena mereka udah ganti paket dan ganti price list.

Sesi Foto

Fotografer kita namanya Jonathan. Selama perjalanan, dia sama sekali ga ngarahin gaya. Dia lebih milih foto-foto candid dan natural. Paling dia nunjuk beberapa spot yang bagus dan suruh kita berdiri di sana. Kita sendiri yang mesti pinter-pinter bergaya.

Untung Mr Hamburger orangnya ekspresif, cuek, dan ga tau malu. Walaupun biasanya dia ga mau difoto, kali ini dia justru lebih banyak bergaya daripada gw. Si fotografer sampe bilang kalo kita termasuk couple yang enak, makanya bisa banyak dapet gambar bagus. Dia pernah foto couple yang pemalu, tapi hasilnya kurang karena posenya variasinya kurang dan kaku.

So yang tertarik ikut tour beginian, beranilah berekspresi biar jadinya bagus ^^

Hasil Foto

Gw dapet hasil foto sehari setelahnya. Foto di-upload ke dropbox dan link-nya dikirim lewat email. Kita dapet SEMUA foto, totalnya sekitar 380-an, semua high resolution JPG. Ada 5-10 foto yang pewarnaannya sedikit di-edit sama si fotografer.

Overall, hasilnya bagus. Kita PUAAASSS!

Tempat kita sewa hanbok, letaknya deket Anguk Station exit 1
Tempat kita sewa hanbok, letaknya deket Anguk Station exit 1

Buat yang tertarik sama Hanbok Photo Shoot Tour, bisa cek link nya di SINI (not sponsored, tapi kalo ada yang mau sponsor-in gw ga nolak :P).

Sayangnya, harganya udah naik. Kalo cuma 2 orang sih agak kemahalan, tapi kalo kalian beramai-ramai dengan teman sekampung, bisa patungan biar murah. Hehehe…

Hanbok Photo Shoot Tour

Share this!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of