Cara Menggunakan Obat Semprot Asma

Seperti yang gw bilang di postingan ‘Pengalaman Pertama Pake Obat Semprot Asma‘, di postingan ini gw akan menjelaskan tentang bagaimana cara menggunakan obat semprot asma yang benar.

Obat semprot yang diresepkan dokter buat gw namanya Ventolin, bentuknya seperti ini:

Ventolin Inhaler
Ventolin Inhaler

Berhubung gw ga familiar sama obat / semprotan yang lain, gw cuma bahas cara pemakaian untuk obat semprot yang bentuknya seperti gambar di atas ya. Kalo bentuk obat semprotnya lain, maaf saja, gw ga bisa bantu. Read more “Cara Menggunakan Obat Semprot Asma”

Share this!

Pengalaman Pertama Pake Obat Semprot Asma

Kira-kira 3-4 bulan yang lalu. Saat itu Singapore lagi sering-seringnya hujan. Udara dingin banget. Di kantor dan transportasi umum pun, banyak orang sakit.

Sebagai anak yang bandel, kalo ujan, ya gw ujan-ujanan doonnkkk. Males kan, bawa payung kemana-mana. Hampir tiap hari ujan-ujanan, akhirnya sakit deh. Lemes, sakit tenggorokan dan (kata Mr Hamburger) demam.

Dengan berat hati, besok siangnya gw pun ke dokter. Dokter langganan deket kantor.

Dokter (D): How can I help you?

Gw: (Bisik-bisik) I have a very bad sore throat, it’s burning. A little bit of cough. Also, I had slight fever yesterday.

D: (Ngecek temperatur gw) You still have a slight fever. Read more “Pengalaman Pertama Pake Obat Semprot Asma”

Share this!

Tips Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat

Pernah ngerasa telinga sakit saat terbang?

Gw pernah. Dulu banget, pas awal-awal gw naek pesawat, telinga gw sering sakit. Kadang udah mendarat pun gw masih ‘budek’. ‘Budek’nya ini bisa bertahan beberapa jam, bahkan pernah sampe keesokan harinya baru kebuka.

Pernah juga agak parah. Ceritanya gw ketiduran. Begitu bangun, kedua telinga rasanya nyut-nyutan, kaya ditusuk-tusuk, sakit banget, sampe gw mau nangis. Takut gendang telinga gw pecah terus gw tuli seumur hidup.

Gw langsung baca doa, tarik napas panjang-panjang, gosok-gosok telinga, tutup hidung. Pokoknya cara apapun gw lakuin. Tetap ga berhasil. Untungnya, itu udah mau mendarat. Lima belas menit kemudian setelah pesawat turun dan hampir menyentuh darat, sakitnya mereda.

Untungnya, seiring dengan meningkatnya frekuensi gw naek pesawat, telinga gw udah ga pernah sakit lagi. Mungkin udah terbiasa. Read more “Tips Telinga Tidak Sakit Saat Naik Pesawat”

Share this!

Salah Urat Leher

Beberapa minggu lalu, pagi-pagi udah ada kejadian yang benar-benar mengesalkan. Begitu bangun tidur, leher kiri belakang gw sakit banget. Kepala ga bisa nengok kiri kanan. Gw duduk diem aja berasa ga nyaman, apalagi nengok kiri kanan. Berhubung kesal, gw misuh-misuh dalam hati.

Kenapa manusia (atau mungkin gw doank) lemah sekali, sih? Kalah sama kucing, mereka tidur posisi apapun ga pernah salah urat.

Buzzfeed, 2015

Read more “Salah Urat Leher”

Share this!

Operasi Kista Ovarium

Note: Pengalaman di bawah bukan pengalaman gw, tapi pengalaman pacar adek gw yang bernama Gisela Yulita atau biasa dipanggil Lala (22 tahun).

Kisah di bawah diceritakan langsung dan dipublikasikan di sini atas seizin Lala, dengan harapan informasi ini bisa berguna bagi wanita-wanita lain.

***

Gejala

Siklus menstruasi gw normal banget, tiap bulan tepat 30-31 hari, ga kurang ga lebih. Tapi memang dari dulu, tiap menstruasi selalu sakit banget. Memang ga sampe pingsan sih, tapi gw pikir itu normal, jadi gw cuek aja.

Beberapa bulan terakhir sebelum operasi, sakitnya justru hilang. Yah ga hilang total sih, sakitnya cuma muncul kalo udah hampir selesai menstruasi aja. Itu pun cuma di perut kiri bagian bawah kalo pas lagi jalan atau buang air kecil. Sampai kejadian ini terjadi, gw masih tetep cuek. Read more “Operasi Kista Ovarium”

Share this!