Bertanya Pada Diri Sendiri (Part 7)

The Book of Questions (Gregory Stock, Ph.D.)

Kelanjutan dari Bertanya Pada Diri Sendiri (Part 6). Pertanyaan-pertanyaan di bawah bersumber dari ‘The Book of Questions‘, karangan Gregory Stock, Ph.D.

Jika kamu bisa menukar tubuhmu dengan tubuh orang lain, tubuh siapakah yang akan kamu pilih?

Sekarang sih gw ga kepikiran siapa orangnya. Tapi gw mau jadi bule ah. Yang seumuran gw, lebih tinggi dikit, matanya biru, dan rambutnya coklat tua. Terus pastinya yang badannya sehat, proporsional, seksi, dan alami.

Kamu sudah menikah dan cukup bahagia dengan pasanganmu. Namun suatu ketika, kamu bertemu degan seseorang yang kamu yakin akan selalu membuatmu lebih bergairah dan penuh cinta dalam menjalani hidup. Akankah kamu meninggalkan pasanganmu untuknya? Bagaimana kalo kamu sudah mempunyai anak?

Enggak.

Bagaimana reaksimu ketika orang-orang di sekitarmu mentertawakanmu karena kamu melakukan hal yang konyol?

Pasrah aja, biasanya sih gw ikut ketawa juga.

Siapakah orang paling penting dalam hidupmu? Apa yang dapat kamu lakukan untuk mempererat hubunganmu dengannya? Sudahkah kamu melakukan itu?

Adek gw. Sempat-sempatin pulang Indonesia kalo liburan, sering-sering ngobrol juga walau hanya di social media. Yup, sudah.

Kamu bisa menyelamatkan ikan paus biru spesies tertentu dari kepunahan dengan cara mengorbankan diri kamu dan kamu menjadi lumpuh dari leher ke bawah selama setahun. Akankah kamu melakukannya?

Enggak.

Bagaimana pendapatmu terhadap hukuman mati? Kamu dipercaya oleh mayoritas untuk mengeksekusi seseorang, namun kamu tidak diberikan informasi apapun tentang orang tersebut. Apabila kamu menolak, orang itu akan bebas. Maukah kamu melakukannya?

Gw ga kontra sama hukuman mati. Tapi gw ga mau jadi eksekutor, gw ga seberani itu.

Jika kamu bisa mengubah bagaimana cara kamu dibesarkan, apa yang akan kamu ubah?

Banyak hal, seperti talk to me gently, no shouting, no screaming, no swearing, no name-calling; spend a lot more quality time with me; democracy, instead of dictatorship; love and care for me; dan masih banyak lagi sebenarnya…

Kamu sedang berada di pinggir danau. Matahari bersinar tidak terlalu terik, menyinari air danau yang dingin. Kamu tahu berenang di danau akan membuatmu kedinginan, tetapi dengan begitu, kamu jadi lebih bisa merasakan hangatnya sinar matahari. Apakah kamu akan turun ke danau?

Tergantung. Gw baru mau nyemplung kalo danaunya jernih, arusnya tidak deras, dan banyak ikannya.

Apakah kamu percaya akan Tuhan? Jika tidak, apakah kamu masih tetap akan berdoa ketika kamu dalam keadaan sekarat?

Percaya. Ga sekarat juga gw masih berdoa.

Ketika sedang berjalan-jalan, kamu melihat ibumu sedang berpegangan tangan dengan seseorang yang sangat dicintainya. Ibumu melihatmu, dan memohon agar kamu tidak memberi tahu ayahmu tentang hal ini. Bagaimana responmu? Apa yang akan kamu lakukan jika ayahmu tiba-tiba bercerita bahwa dia mempunyai firasat bahwa ibumu berselingkuh?

Wah, rumit ini masalahnya. Kayanya mendingan gw ga ikut campur dan pura-pura bego aja deh.

Seratus orang yang sepantaran denganmu dipilih secara acak. Menurutmu, kira-kira ada berapa orang yang mempunyai hidup lebih menyenangkan dibandingkan hidupmu?

Tiga puluh orang mungkin.

Kamu pergi ke sebuah pantai dan ternyata pantai tersebut adalah pantai telanjang. Apakah kamu akan tetap bermain-main dan berenang di sana? Apakah kamu keberatan jika harus berenang telanjang?

Iya tetep main dan berenang di sana. Kalo bener-bener nude beach yang peraturannya ketat (no camera, no video, mind your own business), gw ga keberatan berenang telanjang.

Dalam 3 bulan terakhir, apakah kamu pernah berhubungan seksual?

Enggak.

Apakah kamu keberatan jika setelah meninggal tubuhmu dibuang ke hutan dan dibiarkan membusuk begitu saja? Mengapa?

Keberataaannn! Hidup gw ga ada artinya banget, sampe-sampe udah meninggal aja cuma dibuang di hutan gitu aja? Miris sekaliiiii :'(

Manakah yang lebih kamu sukai: Kehidupan yang bergejolak yang penuh dengan suka cita, kesedihan, kesuksesan, dan kegagalan; atau kehidupan yang membosankan namun bahagia?

Yang membosankan namun bahagia. Hidup gw udah cukup bergejolak kok. Hahahaha.

Jika kamu tahu bahwa anakmu akan sangat terbelakang dan meninggal dunia saat berumur 5 tahun, apakah kamu akan mengaborsinya?

Say no to abortion, kecuali situasinya sangat membahayakan nyawa sang ibu.

Apakah kamu biasanya mengalami kesulitan untuk mengatakan ‘tidak’ pada sesuatu yang sebenernya tidak mau kamu lakukan? Jika iya, mengapa?

Enggak sama sekali. Kayanya justru kebalikannya. HAHAHAHA

Jika kamu tertarik dengan seseorang dari ras yang berbeda, apakah perilakumu kepadanya juga akan berbeda dibanding orang-orang yang satu ras denganmu? Jika iya, apa perbedaannya?

Kayanya sih enggak. Perilaku gw baru berbeda kalo berhadapan sama orang close-minded atau orang yang membawa pengaruh negatif. Oh well, kayanya gw ga bakalan tertarik sama tipikal orang macam itu.

Manakah yang kamu pilih: Pergi berlibur dengan keluarga selama sebulan atau bekerja lembur selama 4 minggu di kantormu yang sekarang?

Pergi liburan sama keluarga lah. Mana ada yang mau pilih kerja lembur selama 4 minggu?

Apakah kamu ingin mengetahui tanggal kematianmu?

Antara iya dan enggak sih. Hmm… kayanya untuk sekarang, enggak dulu deh.

Share this!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of