Jemput Mami?

Pengenalan Tokoh:

Jovan (koko) – ponakan gw, usianya 7 tahun 1 bulan.

Jovannie (meimei) – ponakan gw, adik Jovan, usianya 5 tahun 4 bulan.

Papi – koko gw, papanya Jovan dan Jovannie.

Mami – istri koko gw, mamanya Jovan dan Jovannie. Gw manggil dia dengan sebutan sao-sao (kakak ipar).

***

Jovan lagi nonton film kartun di TV. Gw ga begitu merhatiin film kartun apa yang dia tonton. Yang jelas, kalo lagi nonton, dia bisa berjam-jam duduk di depan TV.

Maminya mau turun ke bawah nyari jasa pengiriman barang pun dia ga peduli. Tapi demi kenyamanan semua pihak, si meimei diajak maminya ikut turun. Maklum, dia anak yang nempel banget sama maminya. Bisa teriak-teriak nangis jerit-jerit kalo maminya ilang.

Situasi aman terkendali sampai tiba-tiba… langit gelap dan turun hujan rintik-rintik.

Jovan: Engkong, engkong…

Papa gw: Ya?

Jovan: Ini kok, TV nya begini, Engkong? (Jovan nunjuk-nunjuk TV yang item yang ga muncul apa-apa).

Papa gw: Oh ya ujan, channel-nya rusak.

Gw pikir channel mati karena ujan ini cuma dongeng doank. Ternyata beneran terjadi di Indonesia…

Ekspresi Jovan kecewa. Dia pun guling-guling di lantai, melepas bosan.

Jovan: Ako, mami mana?

Gw: Mami di bawah, lagi di JN*, mau kirim barang.

Jovan: Meimei?

Gw: Sama mami di bawah.

Jovan: Koko mau ke bawah juga.

Gw: Gih sana turun sendiri…

Jovan: Ako anterin.

Gw: Coba minta tolong acek (Jovan manggil adek gw dengan sebutan acek).

Jovan: Acek…

Adek gw: (Sebelum Jovan selesai ngomong) Enggak mau.

Gw: Bentar lagi juga mami naek.

Jovan: Koko mau ke meimei.

Adek gw: Iya meimei juga mau ke koko. Koko tunggu sini aja.

Jovan: Koko mau turun.

Adek gw: Nanti kalo koko turun terus meimei naik gimana? Ga ketemu donk.

Jovan: Enggak apa-apa.

Adek gw: Terus koko di bawah sendirian?

Jovan: Hah? Kan, ada meimei.

Jovan keliatan kebingungan. Adek gw bukannya jelasin, malah makin sengaja diputer-puter biar Jovan makin bingung.

Gw mengepalkan kedua tangan, mencoba menjelaskan secara visual. Kepalan tangan kanan berada di atas melambangkan Jovan, kepalan satunya di bawah melambangkan Meimei.

Gw: Nih gini, sekarang kan, koko di atas. Kalo pas koko turun terus meimei naik, berarti pas koko di bawah, meimei udah di atas. Jadi ga ketemu deh.

Jovan: Iya koko udah tau.

Gw: Terus?

Jovan: (Diam sejenak) Koko mau ke mami.

Gw WhatsApp sao-sao gw yang lagi di bawah, ngabarin kalo anaknya yang gede pengen turun. Ternyata dia udah ga ada di JN*, tapi lagi di playground, nungguin Meimei main.

Dia WhatsApp, dia bilang:

Kita udah ga di JN*, lagi maen di playground.

Ada yang mau nemein dia ke bawah?

Kalo ga ada, jangan kasih tau dia kalo kita lagi di playground ya, ntar dia nangis…

Gw nunjukin teksnya ke adek gw dan Mr Hamburger. Ga perlu diskusi ataupun aba-aba, kita semua sepakat kalo kita harus berusaha ekstra keras mengisi kebosanan dia daripada nganterin dia ke bawah. Hahahahaha.

Gimana ngisi kebosanannya? Berhubung kita udah di posisi wuenak anak ini buawel banget dan pinter ngomong, kita ajak ngomong aja sampe dia capek. Muahahaha.

Gw: Nanti papi siapa yang nemenin?

Jovan: Papi kan di bawah sama mami.

Gw: Enggak. Papi di kamar tuh, lagi bobo.

Jovan: Coba koko liat…

Jovan jalan ke kamar, mengecek apakah papinya benar-benar sedang tidur di kasur.

Gw: Tuh papi bobo, kan?

Jovan: Iya. Koko mau ke bawah, Ako…

Gw: Lah, terus papinya ga ada yang nemenin donk?

Adek gw: Kalo papinya nangis gimana?

Jovan: Papi udah gede, enggak bakalan nangis.

Dan segudang topik non-sense lainnya sampe ga lama kemudian… channel kartunnya udah nyala lagi. Jovan kembali duduk anteng di depan TV.

***

Kurang lebih 10-15 menit kemudian, gw dapet WhatsApp dari sao-sao yang minta dijemput di lobby. Yah, beginilah kalo cuma dapet satu access card, pas ada yang mau naik harus dijemput di lobby.

Gw: Jovan, kamu mau jemput mami ga di bawah?

Jovan: (Geleng-geleng).

Gw: Ada meimei juga lho.

Jovan: (Tanpa memalingkan wajah dari TV) Ga mau. Koko mau di sini aja.

Gw: Tadi katanya mau ketemu meimei.

Adek gw: Pasti gara-gara TV nya udah nyala lagi, kan?

Jovan berhenti merespon kita. Dia lagi serius nonton TV.

Gw, adek gw, dan Mr Hamburger speechless. Kita turun ke lobby tanpa Jovan.

Mami… mami… kasian deh mami, pamornya kalah sama film kartun. Hihihi…

***

Anyway, happy Chinese New Year bagi yang merayakan. May this Chinese New Year brings you happiness, wealth, longevity, and good fortune! Kiong hie kiong hie 🙂

Share this!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of