Pengalaman Kedua Membersihkan Karang Gigi

Minggu lalu, gw akhirnya memutuskan ke dokter gigi lagi untuk membersihkan karang gigi, setelah berulang kali diyakinkan kalo dokter giginya ramah dan baik hati. Pembersihan karang gigi kali ini merupakan pembersihan yang kedua, setelah empat tahun lamanya absen ke dokter gigi. Hihihi…

Prosesnya menurut gw sama-sama mengerikan dan bikin linu. Dibanding pembersihan karang gigi yang pertama, pembersihan karang gigi kali ini memakan waktu 12 menit lebih lama, karena prosedurnya lebih lengkap.

Proses pembersihan karang gigi gw yang pertama

  1. Duduk di kursi pasien.
  2. Dokter memeriksa gigi dan mulai membersihkan karangnya.
  3. Di tengah proses pembersihan, sesekali disuruh berkumur.
  4. Proses pembersihan selesai.

Lokasi: Dokter gigi Cirebon, Indonesia (Juli 2011).
Lama pembersihan: 15 menit.
Biaya: 75 ribu rupiah.

Proses pembersihan karang gigi gw yang kedua

  1. Duduk di kursi pasien.
  2. Asisten dokter memberikan cermin. Gw pun memegang cermin sementara si dokter memperlihatkan karang gigi gw sambil menjelaskan apa itu karang gigi.
  3. Konfirmasi biaya.
  4. Dokter mulai membersihkan karang gigi.
  5. Sesekali disuruh berkumur.
  6. Setelah proses pembersihan selesai, asisten dokter memberikan cermin ke gw lagi. Dokter menunjukan perbedaan sebelum dan sesudah gigi gw dibersihkan.
  7. Masih memegang cermin dan melihat gusi yang masih berdarah-darah, dokter menyikat gigi gw satu per satu, sambil mengajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar.
  8. Selesai sikat gigi, dengan kondisi gusi yang masih berdarah-darah, dokter mem-flos gigi gw bagian bawah, sambil mengajarkan bagaimana cara menggunakan dental floss yang baik dan benar.
  9. Proses pembersihan selesai.

Lokasi: Klinik Pergigian Puchong, Malaysia (Juni 2015).
Lama pembersihan: 27 menit.
Biaya: RM 100 (sekitar 330 ribu rupiah).

Saran gw sih, sebelum membersihkan karang gigi, lebih baik makan dulu. Karena setelah pembersihan karang gigi, gusi gw mengalami sedikit pendarahan kecil dan inflamasi atau peradangan. Khususnya di gigi bagian depan bawah, bagian yang karang giginya paling banyak. Gigi gw jadi berasa aneh, agak renggang, dan ga nyaman saat makan. Gw juga ngerasa sakit kalo buka mulut besar-besar dan mingkem kuat-kuat. Dan berhubung masih radang, hari pertama setelah membersihkan karang, gw tidak makan makanan yang keras, panas, atau pedas.

Kata dokternya sih, ga perlu khawatir sama pendarahan dan peradangan gusinya. Pendarahan akan berhenti dalam waktu 5-10 menit setelah proses pembersihan selesai. Sedangkan untuk peradangannya, butuh waktu 1-2 hari. Tetaplah sikat gigi seperti biasa 2x sehari, dan mem-flos gigi setiap malam.

Dan memang benar, 10 menit kemudian, gusi gw berhenti mengeluarkan darah. Keesokkan harinya, gusi gw juga sudah membaik dan bisa makan seperti biasa tanpa ada rasa sakit ataupun tidak nyaman.

Yang terpenting: gigi gw sehat dan bersih tanpa karang. Yay!

Share this!

15
Leave a Reply

9 Comment threads
6 Thread replies
1 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
7 Comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Ryan

Pengen scalling tapi ngeri nih, soalnya gigi taring gw itu masih gigi susu, entah kenapa dulu saat kecil ngga copot dan berganti gigi permanent, padahal umur sekarang sudah 30th. Tapi posisi semua gigi rapih dan bagus, sampai waktu dulu saya SD pernah ditawari untuk jadi talent sebuah brand pasta gigi, tapi ngga jadi. Kata orang-orang, kalau ke dokter gigi, dia bakal saranin untuk cabut itu gigi, nanti ompong dong gigi gw. hehehe Dan gigi bungsu geraham juga katanya lebih baik di cabut, tapi teman gw ada yang dicabut atas saran dokter, entah bagaimana kena saraf, jadinya sekarang sebelah muka dia… Read more »

Sofie

saya juga belum pernah sama sekali scalling gigi, untuk sekali periksa apa langsung rahang atas dan bawah ditangani?? atau satu satu dulu?? Thanks kakak penjelasannya

Saya belum pernah bersihin plak gigi ke dokter. Kalau mau bersihin gigi ke dokter gigi keluhannya apa ya?
Untuk bersihin karang gigi (scaling) biayanya berapa ya di dokter gigi ?
Dokter gigi di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Terima kasih 🙂

Saya belum pernah bersihin plak gigi ke dokter. Kalau mau bersihin gigi ke dokter gigi keluhannya apa ya?
Untuk bersihin karang gigi (scaling) biayanya berapa ya di dokter gigi ?
Dokter gigi di Kota Tegal, Jawa Tengah.

Terima kasih 🙂

beberapa bulan lalu saya scaling di klinik swasta dan membayar 175ribu

Kak, aku udh baca pengalamanmu bersihin karang gigi bag. 1 dan 2 ini.

Waktu yg pengalaman pertama, apa karangnya bener² udh ngelapisin gigi sampai kena gusi?
Dan apa gusi kakak agak bengkak saat ada karangnya?
Makasih kak.

Laila

Di suntik ga kalo bersihn karang gigi

Makasih juga udah mampir, Nurul 😀

wah jadi pengen segera bersihin gigi. makasih sharingnya kak