BTS: Bayar Toilet Pake Credit Card

Ada yang pernah ke Iceland?

Ada yang bingung nyari money changer yang jual mata uang Iceland alias Icelandic Krona (ÍKR)?

Sama donk. Gw dulu udah datengin puluhan money changer, tapi ga ada satu pun yang jual Icelandic Krona (ÍKR). Malah ada yang nanya:

“Mau pre-order aja?”

“Kalo pre-order rate-nya berapa?”

“Wah, itu saya belom tahu. Nanti kalo sudah dapat baru saya itung rate-nya. Butuhnya berapa, ya?”

“Yah, kalo ga tau rate-nya, saya juga ga janji mau beli.”

Terus gw kabur.

Perjuangan gw nyari ÍKR tamat sampe di sini. 

***

Akhirnya, ngikutin saran-saran dari pelancong lain, gw bawa USD dan temen gw bawa EUR buat dituker di sana. Jangan bawa IDR ya, mata uang yang mereka terima terbatas. Yang gw inget, cuma USD, EUR, GBP, dan DKK (mata uang Denmark).

Selama di sana 10 hari, satu-satunya money changer yang gw liat, ya di bandara Reykjavik. Berapa pun rate-nya, take it or miss it.

Baca Juga: Jalan-Jalan Terus: Itinerary Iceland 10 Hari 9 Malam 

Pas dateng, gw tuker USD 100, buat koleksi. Tapi kalo kepepet ya dibelanjain. Gw ga inget totalnya jadi berapa ÍKR, karena tercampur dengan uang cash temen gw dan kita ga dikasih kwitansi.

Hari-hari berlalu cepat. Satu jam berasa kaya 10 menit. Beda kalo lagi kerja yang 10 menit berasa  jam. Tiba-tiba aja, gw udah harus pulang. Sepuluh hari stay di sana, ÍKR gw ga berkurang sepeser pun. Sampe akhirnya terpaksa gw pake di bandara buat beli makanan. Iya terpaksa, karena uang segitu terlalu banyak untuk koleksi. Hihihi.

***

Di Iceland (dan katanya negara-negara Nordik lainnya) itu, kartu debit / kredit justru lebih berguna dibanding uang kas. Mereka bener-bener cashless society sejati. SEMUA transaksi bisa pake credit card. Gw ulang, SEMUA.

  • Belanja groceries di supermarket.
  • Beli makan.
  • Beli kopi.
  • Bayar tol.
  • Sewa mobil.
  • Bayar parkir.
  • Bayar tiket masuk ke objek wisata.
  • Beli souvenir.
  • Bayar akomodasi.
  • Beli bensin.
  • Sampe masuk toilet pun, bisa bayar pake credit card. IYA SERIUS. Gw malah ga liat ada penjaga atau kotak buat masukin cash malah.
Sign toilet di Þingvellir National Park. IKR 200, bayar pake kartu kredit
Sign toilet di Þingvellir National Park. ÍKR 200, bayar pake kartu kredit
Ini credit card terminal di dalam toilet. Bayarnya gampang, tinggal sentuh layar, dan masukin kartu slot-nya. Setelah selesai, mesin akan mengeluarkan tiket untuk di-scan di auto-gate. Ckckck toilet aja masuknya pake auto-gate.

***

Abis ngomongin toilet, kita ngomongin pom bensin. Pom bensin di luar kota Reykjavik biasanya kecil dan ga ada penjaganya. Kita harus turun sendiri, bayar sendiri, dan isi bensin sendiri. Mesinnya terintegrasi dengan debit / credit card yang PIN based. Artinya, kamu harus masukkin PIN buat validasi credit card kamu, ibarat kalo kamu pake credit card buat narik duit di ATM.

Baca Juga: Jalan-Jalan Terus: Blue Lagoon Iceland 

Selain ga ada yang ngelayanin, pom bensin di luar kota Reykjavik juga jarang ada customer. Kalo kamu ga punya debit / credit card, atau lupa PIN credit card kamu, ya mau ga mau kamu harus nunggu orang lain dateng membantu.

***

Pokoknya, kalo ke sini (atau negara Nordik lainnya), lebih worth kalo pake kartu kredit yang cash back-nya banyak. Sebelum hari-H, cek sama bank, pastikan kartunya bisa digunakan di luar negeri.

PS: Berhubung gw ga tinggal di Indonesia, jadi jangan nanya rekomendasi kartu kredit dari gw ya.

Share this!
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments