Jalan-Jalan Terus: Korea Selatan (Seoul) – Rincian Biaya

Rincian Biaya Korea Selatan (Seoul) 9 Hari 8 Malam
Rincian Biaya Korea Selatan (Seoul) 9 Hari 8 Malam

Tiket Pesawat

SGD 727.10

Yeah, tiket pesawat gw emang mahal. Gw terbang pake Korean Air, langsung dari SG – Seoul (tanpa transit). Entah kenapa, opsi penerbangan langsung dari SG ke Seoul itu dikit banget. Yang transit banyak, harganya juga bisa hampir setengahnya. Tapi gw ga mau buang waktu transit, jadi ya cus, ambil yang direct walaupun mahal. Buat gw dan Mr Hamburger yang cutinya sangat terbatas, time is money too. ^^

Untuk itinerary lengkapnya, bisa dilihat di SINI.

Akomodasi

SGD 455.53 untuk berdua. Jadi SGD 227.77 per orang.

Seperti biasa, semenjak gw kenal Airbnb, gw kemana-mana selalu nginep di Airbnb. Harganya jauh lebih bersahabat daripada hotel.

PS: Buat yang belum punya akun Airbnb, bisa join dengan referensi gw dengan meng-klik link INI dan register. Dengan link itu, kamu akan mendapat kredit SGD 45 yang bisa kamu gunakan untuk stay pertamamu! Lumayan, kan!

***

Link unit Airbnb yang gw sewa: https://www.airbnb.com.sg/rooms/17406767.

Kamarnya berukuran sedang, lumayan bersih. Lokasinya 7 menit jalan kaki dari Jegi-dong subway station, 2 menit jalan kaki ke tempat pemberhentian bus ke Dongdaemun, Myeongdong, dan sekitarnya.

T-Money

SGD 39.57

Kartu T-Money ini berguna banget. Bisa dipake buat naek bus dan subway. Harga kartunya KRW 2.500, belinya di mini mart (Seven Eleven, etc). Selama 9 hari di sana, gw abis kira-kira KRW 30.000.

Kalo takut kebanyakan, ngisinya KRW 10.000 aja, nanti kalo abis baru ditambahin lagi.

Baca Juga: Itinerary Korea Selatan (Seoul) 9 Hari 8 Malam

Makan

SGD 243.52

Soal makan ini subjektif banget. Gw ga doyan sayur (oops), apalagi kimchi. Sedangkan makanan Korea itu penuh dengan sayur-sayuran. Kimchi ga perlu ditanya, dikasih gratis malah, bebas mau refill berapa kali.

Gara-gara ini, budget makan gw jadi mahal. Gw selalu pergi ke tempat BBQ. Sekali makan BBQ gitu bisa 200-300 ribuan per orang. Ini bukan di tempat wisata lho yaaa… Ini di restoran BBQ lokal. Untuk meminimalisasikan budget, sarapan dan makan malemnya biasa gw cari street food (walau jatuhnya tetep mahal), atau beli bungkusan di mini mart. Kalo dirata-rata, gw abis KRW 25.000 per hari untuk makan.

Tapi kalo kalian bisa makan makanan lokal seperti mie, kimchi, dan sayur-sayuran gitu, sekali makan paling cuma 90-120 ribuan. Tetep lumayan tinggi sih jika dibandingkan sama Indonesia. Ga heran kalo temen-temen gw selalu bilang makanan di Korea itu lebih mahal dibanding makanan di Jepang.

Internet

SGD 34.2 dipake berdua = SGD 17.1 per orang

Kita sewa Pocket WiFi 4G dari airport Seoul. Nyewanya udah dari beberapa hari sebelumnya, via aplikasi Klook. Kalo enggak gitu, bisa-bisa keburu kehabisan. Harganya SGD 3.8 per hari, bisa dipake beramai-ramai.

Review gw sih recommended banget. Sinyal stabil, data unlimited, hanya saja baterai agak kurang awet. Kalo mau pergi seharian dari pagi sampe malem, jangan lupa ajak power bank.

PS: Khusus buat kalian yang belum punya akun Klook, dapatkan voucher diskon senilai SGD 4.3 (45 ribu rupiah) ketika mendaftar dengan link INI.

Paket Tour dan Atraksi

Di sini lah budget yang paling bisa dimaenin.

Ga mau masuk sini? Jangan masuk.

Masuk sana kemahalan? Jangan masuk.

Tour ini ga worth? Jangan ikut.

Baca Juga: Ice Museum dan Trickeye Museum Seoul

Gw tau ketertarikan dan hobi orang berbeda-beda. Berikut atraksi / objek wisata yang menurut gw reccommended:

Dan berikut atraksi / objek wisata yang menurut gw ga reccommended:

  • Nami Island.
  • Petite France.

Tempat atraksi lain yang ga ada di list di atas, seperti Hello Kitty Island Museum, Raccoon Cafe, Trickeye Museum, sifatnya netral. Oke buat didatengin, tapi ga perlu sampe disempat-sempatin.

Share this!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of