Diary of Us: Gula Aren

Gw lagi ngidam bumbu rujak.

Karena ga nemu asam dan gula di sini, gw sampe bela-belain nitip adek gw bawain gula aren dan asam dari Indonesia. Begitu titipan sudah di tangan, gw langsung beli cabe dan buah-buahan.

Sebelum gw dapet gula aren, si tukang buah yang biasa gw datengin itu selalu punya buah mangga. Eehh setelah dapet gula aren, gw ga pernah liat dia jualan mangga lagi. Tiap ditanya, selalu bilang ‘mangganya udah abis’. Yang tersisa hanya 3-4 jenis buah lainnya dan… DURIAN. Ditulis kapital karena jumlahnya buanyaaak banget. Sempat kepikiran buat makan durian pake bumbu rujak, tapi cepet-cepet gw usir pikiran itu sebelum gw didemo para fans berat durian.

Setelah pertimbangan yang matang, gw beli durian jambu, pepaya, dan semangka melon.

Sampe rumah, gw langsung siap-siap buat bikin bumbu rujak. Mr Hamburger yang penasaran, duduk di kursi samping gw sambil ngeliatin gw. Dia ga pernah bikin rujak katanya. Tapi meski ga pernah, tetep harus bawel doonnkk. ‘Kalo bisa berkomentar kenapa harus diem’, itu prinsip utamanya.

Mr Hamburger: Emang bahannya gini doank? Ga pake petis?

Gw: Ada juga versi pake petis. Tapi biasa aku bikin ya begini doank. Yang pake petis biasa orang Jawa Timur.

Mr Hamburger: Oohh.. iya sih. Tante aku yang biasa bikin emang orang Surabaya.

Gw: (Ngambil pisau sama talenan).

Mr Hamburger: Sama kayanya kadang dikasih kaldu Kn*rr deh. Kaldu ayam gitu.

Gw: Hah? Mana ada. Aku ga pernah tahu versi bumbu rujak pake kaldu ayam.

Mr Hamburger: Eh ga tau deh. Aku salah mungkin.

Gw: (Motong-motongin gula aren).

Mr Hamburger: Emang harus dipotong-potong gitu ya?

Gw: Iya, kalo dipotong-potong, nguleknya entar gampang. Terus kadang gulanya ada kotorannya. Jadi sambil motong-motong gini, bisa buangin kotorannya juga. Tapi gula yang ini keliatannya bersih.

Mr Hamburger: (Nunjuk-nunjuk) Ini masih besar. Ini. Itu. Ini. (Hampir semua dia tunjuk kayanya, persis kaya anak kecil yang baru belajar ngomong ‘ini’ ‘itu’ sambil nunjuk-nunjuk).

Gw: Udah, segini udah cukup kecil. Ntar pas diulek juga larut.

***

Selesai motong-motong gula, gw nyiapin cabe, dan air asam.

Mr Hamburger: Ini udah, ya? Dimasukin dalam cobek?

Gw: Iya masukin, terus nanti diulek. (Jalan ke wastafel buat nyuci tangan dan nyuci cabe).

Mr Hamburger: (Nyam nyam – suara mengunyah sesuatu).

Gw: (Noleh ke arah meja makan, ngeliatin Mr Hamburger masukin potongan gula sambil ngunyah sesuatu) Sayang, gulanya kamu makanin, ya??

Mr Hamburger: (Ngeliat gw, masih sambil ngunyah sambil nyengir-nyengir) Enggaaakkk. (Matanya membesar, mirip kaya gambar di bawah).

Gw: Iihh.. Ditinggal bentar aja udah dicomotin. Ayo masukin semua ke cobek. Ini cabenya. Aku siapin air asem nya dulu.

Mr Hamburger: (Masukin gula ke cobek. Tapi kayanya, gulanya sempat dicomot lagi).

Akhirnya, setelah entah berapa potongan gula yang dia comot, bumbu rujaknya jadi juga. Gw taro di kulkas sebentar biar sedikit mengental. Kita berdua sepakat untuk mandi dulu baru makan (sebenernya sih gw doank yang ‘sepakat’ soalnya prinsip Mr Hamburger yang kedua: ‘Kalo bisa ga mandi, kenapa harus mandi’).

Bumbu Rujak Ala Chef Stefanie 😛

***

Selesai mandi, kita siap-siap makan rujak.

Gw: (Nyari sendok dan piring kecil) Itu buahnya jangan langsung dicelupin ya. Biar bumbu rujaknya ga cepet rusak.

Mr Hamburger: Terus gimana makannya?

Gw: Diambil seperlunya terus ditaro di piring kecil.

Mr Hamburger: (Nuang bumbu rujak ke piring kecil) Segini cukup?

Gw: Boleh. Nanti kalo kurang ambil lagi pake sendok ini.

Mr Hamburger: (Nyomot jambu yang udah dipotong kecil-kecil) Hmmm.. enaakk. Aneh ya, cuma gula, cabe, sama asem gini doank bisa enak.

Gw: Iya.

Mr Hamburger: Oh kayanya aku salah deh. Kayanya bumbu Kn*rr nya itu bukan kaldu ayam. Tapi terasi.

Gw: Oh kalo itu masih make sense. Kalo bumbu rujak kaldu ayam itu yang aneh.

Mr Hamburger makan barbar banget. Kalo umumnya orang makan buah pake bumbu rujak, Mr Hamburger makan bumbu rujak pake buah. Ngerti kan, bedanya di mana?

Bumbu segitu biasanya buat 4x gw makan sendirian. Tapi kalo sama Mr Hamburger, 2x makan udah lenyap tak bersisa.

Pas jambu abis, bumbu rujak itu udah tinggal setengah.

Gw: Udah, ini simpen buat besok.

Mr Hamburger: Enggaaakkk. Ini masih ada pepaya sama melon.

Gw: Kayanya ga ada deh, orang makan pepaya sama melon pake bumbu rujak begini.

Mr Hamburger: Adaaa. Keluargaku buah apapun juga dicocol bumbu rujak.

Gw: Rasanya mana masuk?

Mr Hamburger: Masuukkk. Ini langsung tuang aja, ya? (Ngangkat mangkok bumbu rujak. Setengahnya dituang di atas potongan pepaya yang memanjang).

 

Gw nyomot pepaya yang udah ‘terkontaminasi’ bumbu rujak. Menurut gw sih, rasanya ga masuk. Ada rasa manis pepaya, manis-asem-pedes bumbu rujak, tapi ga menyatu. Agak sulit dijelasin, kalo penasaran, cobain sendiri aja. Tapi bikin sendiri lho, jangan minta gw.

Mr Hamburger: Ini langsung dicocol aja ya. Udah pasti abis ini. Kurang malah.

Gw: Melon juga pake bumbu rujak?

Mr Hamburger: Iyaaa.

Gw: Uuh, ya udah.

Sekali lagi, Mr Hamburger makan bumbu rujak pake buah. Bahkan buah melon itu dijadiin spatula buat nyendok dan bersihin sisa-sisa bumbu di mangkok. Potongan melon gw yang terakhir sampe ga dapet bumbu karena semua sudah ludes des deesss.

Padahal kalo gw makan sendiri, bumbu segitu itu bisa at least buat 4 kali makan.

Hmm.. baiklah, besok-besok gw bikin porsi 2x lipat lebih banyak deh… sekaligus harus make sure kalo potongan-potongan gula gw ga dicomotin sebelum diulek.

Share this!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of