Pregnancy Journey: 05 Prenatal Visit (24 Minggu) – Breech Baby

Sebelumnya: Pregnancy Journey: 04 Prenatal Visit (20 Minggu) – Fetal Anomaly Scan

Prenatal visit kali ini cepet banget: masuk, timbang badan, tes urin, dan USG.

Dokter bilang semuanya normal, hanya saja posisi bayi masih melintang, kepalanya belum di bawah. Supaya kepala bayi turun ke bawah, dokter nyuruh gw bikin pose seperti gambar di bawah, 10 menit setiap harinya.

Turn breech baby pose

Gw nyobain pose yang kanan dan pose yang bawah. Dua-duanya ga ada yang nyaman. Susah emang nyari posisi enak pas lagi hamil. Dari kedua pose yang tidak nyaman itu, akhirnya gw pilih pose yang kanan (yang diganjal banyak bantal), seenggaknya gw bisa sambil main handphone pas bikin pose begitu.

Selain bikin pose, dokter juga menyarankan hal-hal berikut untuk mencegah atau mengurangi sakit punggung:

  • Tidak tidur terlentang.
  • Tidurnya setidaknya 30 derajat miring ke kanan atau samping kiri — padahal gw ga suka tidur nyamping.
  • Tidak duduk terlalu lama atau berdiri terlalu lama. Ganti posisi (dari duduk ke berdiri atau berdiri ke duduk) setiap 30 menit sekali.
  • Olahraga, cari olahraga yang menguatkan otot punggung — gw biasanya yoga, jadi gw cari yoga yang khusus hamil.

Sejauh ini masih oke sih, punggungnya cuma berasa capek aja kalo terlalu lama jalan atau terlalu lama berdiri.

Berikutnya: Pregnancy Journey: 06 Prenatal Visit (28 Minggu) – Gestational Diabetes Test

Share this!
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments