Jalan-Jalan Terus: Rincian Biaya New Zealand 15 Hari 14 Malam




Tiket Pesawat

SGD 1,719

Gw pergi dan pulang dari kota yang berbeda.

Rute gw:

  • Singapore Auckland (bagian atas North Island) — naek pesawat Qantas SGD 938, transit di Brisbane.
  • Auckland – Wellington (bagian bawah North Island — naek mobil.
  • Wellington – Christchurch (bagian atas South Island) — naek pesawat Air New Zealand SGD 72 (penerbangan domestik).
  • Christchurch – Queenstown (bagian bawah South Island) — naek mobil.
  • Queenstown – Singapore — naek pesawat Singapore Airlines SGD 709, transit di Melbourne.

Tiket pesawat gw termasuk agak mahal karena belinya mepet (H – 2 bulan), udah gitu, gw pilih yang jam yang enak.

Harga tiket pesawat bisa lebih mahal / murah tergantung dari maspakai, waktu pembelian, musim di New Zealand, jam, transit di mana, dan berbagai hal lain.

Warga negara Indonesia yang transit di Australia kurang dari 8 jam, tidak perlu visa. KECUALI, jika memang mau keluar bandara atau DIHARUSKAN keluar bandara. Maksudnya diharuskan itu bagaimana? Contoh, kamu sampe Australia jam 11.30 malam, flight kamu selanjutnya jam 7 pagi. Saat kamu sampai bandara sudah tidak beroperasi (iya, beberapa bandara ada operation hour-nya, ga 24 jam), kamu diharuskan keluar dan masuk lagi keesokan paginya. Untuk soal ini, kamu butuh transit visa.

SIM Card

SGD 72.68 (NZD 79) / 3 = SGD 24.23

Awalnya beli SIM Card Spark + 3 GB data plan seharga NZD 59. Beli satu, dipake bertiga biar hemat. Eehh… pas hari ke 10 an, ternyata datanya abis. Jadi nambah lagi NZD 20 untuk 2 GB.


NORTH ISLAND

Sewa Mobil 7,5 hari

SGD 522.37 / 3 = SGD 174.24

Kita nyewa mobil di GO rental, booking online dulu sebelumnya. Pas booking, kita bisa langsung milih mobil yang kita mau dan nentuin pick up dan drop off point-nya. Ada extra charge kalo pick up dan drop off-nya beda lokasi. Kalo masih satu pulau, ga begitu mahal charge-nya. Tapi kalo udah dibawa ke pulau berbeda (misal dari North Island ke South Island atau sebaliknya), charge-nya lebih mahal.

Mobil yang kita pilih Toyota Aurion 2012 (matic). Mobilnya bagus, tarikannya mantep. Walau cuma bertiga, kita pilih mobil yang kapasitas 5 orang + bagasi yang bisa muat 2 koper besar. Bagasi satu lagi, bisa ikutan duduk di kursi belakang, nemenin gw. Yah begitulah kita, kalo pergi lama gini, tiap orang bawa koper segede gaban.

Sampe bandara, ada shuttle van gratis yang anter jemput dari dan ke tempat rental. Proses ngambilnya gampang. Ga antri, ga dipersulit, pokoknya ga sampe 15 menit, kita udah di mobil siap buat berpetualang. Proses balikin mobilnya juga cepet, meskipun gw balikin di lokasi yang jauhnya 650 km dari tempat gw ambil. Mengikuti prosedur, mereka ngecek kondisi mobilnya dan ga sampe 15 menit, kita udah duduk manis di shuttle van, dianter ke bandara.

Baca Juga: Jalan-Jalan Terus: Itinerary New Zealand North Island 8 Hari 7 Malam

Bahan Bakar

SGD 219.92 / 3 = SGD 73.31

Kesalahan kita adalah pas nyewa mobil, kita pilih opsi untuk bayar prepaid fuel juga. Jadi biasanya, balikin mobil itu harus dalam kondisi tangki bensin penuh, kalo enggak, bakalan disuruh bayar extra. Nah, kalo pilih opsi prepaid fuel, kamu bisa balikin mobil dalam kondisi tangki bensin kosong, karena sudah membayar sebelumnya.

Kenapa gw bilang salah?

  1. Kita pikir, nyari pom bensin di sini bakalan susah seperti waktu kita road trip di Iceland. Ternyata kita salah, pom bensin itu hampir tersedia dimana-mana.
  2. Sebagai turis, ga mungkin itungan pemakaian bensin kita jitu banget, kan? Bisa pas balikin mobil dalam kondisi tangki bensin kosong? Pas kita balikin mobil, bensin masih ada setengah lebih. Jadi bisa dibilang… kita rugi setengah tangki bensin. Ya udah lah ya…

Akomodasi 7 malam

SGD 623.03 / 3 = SGD 207.68

Full Airbnb.

Berhubung temen gw satunya tidurnya ngorok, kita sebisa mungkin cari yang 2 kamar. Lebih mahal dikit ga apa, daripada gw dan Mr Hamburger ga bisa tidur…

Berikut list Airbnb yang gw sewa (rata-rata: SGD 30 per orang per malam):

PS: Buat yang belum punya akun Airbnb, bisa join dengan referensi gw dengan meng-klik link INI dan register. Dengan link itu, kamu akan mendapat kredit SGD 45 yang bisa kamu gunakan untuk stay pertamamu! Lumayan, kan!

Groceries

SGD 46 / 3 = SGD 15.33

Hari pertama udah langsung mampir ke supermarket buat beli roti, susu, selai, buah, dan sup buat sarapan. Tidak lupa, aneka snack buat nyemil di mobil selama perjalanan.

Makanan dan Minuman

SGD 290

Harga makanan dan minuman di New Zealand ga beda jauh sama harga-harga makanan dan minuman di restoran Singapore. Restoran lho ya, bukan hawker center.

Gw sempat makan steak di Taupo, makanya harganya jadi agak mahal. Ditambah lagi, gw tipe orang yang kalo makan, nasinya dikit lauknya banyak. Tapi sebenernya, kalo nyari makanan yang agak murahan juga banyak.

Berikut list harga makanan gw. Gw mix harganya pake SGD dan NZD, karena ga semua item gw inget harganya. Yang SGD, itu dari tagihan credit card gw:

  • Fish and chips di deket Skytower Auckland: NZD 29.10
  • Burger di Gone Burger: NZD 15.83
  • Pizza di sekitar Hamilton: NZD 12.33
  • Segelas kopi di Craters of the Moon: NZD 2.00
  • Beer di Lone Star: NZD 9.00
  • Steak di Lone Star: NZD 45.00
  • KFC di Taupo: NZD 7.87
  • Western lunch di sekitar Tongariro National Park: NZD 20.35
  • Fish and chips di pinggir pantai Wellington: NZD 22.50
  • Dessert kue dan cemilan ringan di Park Kitchen Wellington: NZD 9.70

Abisnya kira-kira SGD 290, soal makan emang gw ga begitu irit.

Parkir Mobil

SGD 9.2 / 3 = SGD 3.07

Yang ini harga kira-kira, karena gw lupa nyatetin harga parkir mobil.

Hari pertama, karena bertepatan dengan Good Friday, perkantoran libur. Kita pun dapet parkir gratis di pusat kota Auckland. Lumayan… rejeki anak imut. Kalo objek wisatanya, biasa mereka punya parkiran sendiri dan ga perlu bayar. Kita cuma bayar parkir kalo parkir di pinggir jalan buat cari makan doank.

Baca Juga: Pengalaman Skydiving

Paket Tour dan Tiket Masuk Objek Wisata

SGD 1,093.67

  • Hobbiton (SGD 80.55) — Recommended, apalagi kalo kamu pencinta film The Lord of the Ring dan The Hobbit.
  • Hot Air Balloon (NZD 370) — Recommended.
  • Waitomo Cave (Glowworm + Ruakuri) — Recommended, gw lebih suka Ruakuri Cave daripada Glowworm Cave.
  • Craters of the Moon (NZD 8) — Biasa aja.
  • Tandem Skydive 15.000 ft (NZD 559) – Termasuk Foto + Video — Recommended kalo kamu fit dan suka tantangan. Pengalaman skydive gw bisa dibaca di SINI.
  • Lava Glass Entrance (NZD 15) — kecil tapi unik, cuma biaya masuknya menurut gw agak mahal.
  • Weta Workshop (NZD 45) — Recommended, apalagi kalo suka nonton film fiction gitu.

SOUTH ISLAND

Sewa Mobil 7,5 hari

SGD 370.01 / 3 = SGD 123.34

Kali ini kita nyewa di APEX Car Rental, booking online dulu sebelumnya. Harga sewa mobil di South Island lebih murah dibanding North Island, mungkin karena di South Island, kebanyakan sewa camper van, jadi ga banyak saingan.

Pas booking, kita bisa langsung milih mobil yang kita mau dan nentuin pick up dan drop off point nya. Ada extra charge kalo pick up dan drop off-nya beda lokasi. Kalo masih satu pulau, ga begitu mahal charge-nya. Tapi kalo udah dibawa ke pulau berbeda (misal dari South Island ke North Island atau sebaliknya), charge-nya lebih mahal.

Mobil yang kita pilih Ford Focus (matic). Soal tarikan, mobil ini ga sebagus mobil yang kita sewa di New Zealand North Island, tapi gw suka karena warnanya merah ngejreng. Ga jarang jadi prop foto gw. HAHAHA. Ukurannya juga sedikit lebih kecil dibanding mobil sebelumnya, tapi untungnya masih muat 3 orang + 3 koper segede gaban, walau gw harus sempit-sempitan.

Sama seperti GO rental, pick up dan drop off nya pun ga bertele-tele, ga lebih dari 15 menit udah beres lah. Mereka juga nyediain shuttle van gratis yang anter jemput dari bandara ke tempat rental, dan sebaliknya.

Bahan Bakar

SGD 314.31 / 3 = SGD 104.77

Belajar dari pengalaman di North Island, kita ga beli prepaid fuel, jadi kita harus isi full tank sebelum balikin mobil.

Kenapa harga bensinnya lebih mahal daripada North Island? Karenaaa…

  1. Kita ga beli prepaid fuel. Biaya isi bensin jadi nambah, sedangkan biaya sewa mobil berkurang.
  2. South Island lebih besar dibanding North Island. Total kilometer di South Island hampir 2x lipat total kilometer di North Island.

Akomodasi

SGD 862.65 / 3 = SGD 287.55

Kali ini mix Airbnb dan hostel. Karena di sekitar Mt Cook, kita ga nemu Airbnb yang lokasi dan harganya sreg.

Berikut list Airbnb / hostel yang gw sewa (rata-rata SGD 40 per orang per malam – penginapan di South Island lebih mahal karena supply-nya sedikit):

PS: Buat yang belum punya akun Airbnb, bisa join dengan referensi gw dengan meng-klik link INI dan register. Dengan link itu, kamu akan mendapat kredit SGD 45 yang bisa kamu gunakan untuk stay pertamamu! Lumayan, kan!

Groceries

SGD 27.6 / 3 = SGD 9.20

Belanjanya lebih sedikit karena kita masih punya sisa roti dan selai dari North Island. Roti itu ikutan naek pesawat menuju South Island. Hoki banget nih roti…

Baca Juga: Jalan-Jalan Terus: Itinerary New Zealand South Island 8 Hari 7 Malam

Makanan dan Minuman

SGD 330

Bukan cuma hotel aja yang lebih mahal, tapi makanan dan minuman di South Island juga gw ngerasa lebih mahal dibanding North Island. Apalagi pas di area yang jauh dari kota, udah mahal, pilihan restorannya pun ga banyak. Buat gw lebih mahal lagi karena gw tipe orang yang kalo makan nasinya sedikit, lauknya banyak. Hehehehe.

Berikut list harga makanan gw. Gw mix harganya pake SGD dan NZD, karena ga semua item gw inget harganya. Yang SGD, itu dari tagihan credit card gw:

  • Burger King di bandara Christchurch: NZD 5.50 (gw makan nugget set doank buat sarapan)
  • Western bistro di Lake Pukaki: NZD 25.00
  • Restoran India di Lake Pukaki: NZD 21.00
  • Restoran Thai di Lake Pukaki: NZD 22.83
  • Restoran Nepal di Wanaka: NZD 12.84
  • Snack and tea time di Kiwi Birdlife Park: NZD 10.25
  • Makan pao di pinggir jalan saat menuju Invercargil: NZD 12.00
  • Sarapan roti dan teh di Invercargil: NZD 11.33
  • Restoran Jepang di Queenstown: SGD 25.88
  • Pizza di bandara Queenstown (beli 2 pizza dibagi 3): SGD 7.49

Parkir Mobil

SGD 9.2 / 3 = SGD 3.07

Yang ini harga kira-kira, karena gw lupa keep track harga parkir mobil.

Kalo parkir di parkiran yang disediakan sama objek wisatanya, biasa ga perlu bayar. Kita cuma bayar parkir kalo parkir di pinggir jalan buat cari makan doank, dan jumlahnya ga begitu signifikan lah ya.

Paket Tour dan Tiket Masuk Objek Wisata

SGD 160.23

Di South Island, kita lebih banyak mengeksplorasi wisata alam yang gratis. Makanya paket tour nya ga mahal, apalagi tour helikopter kita dibatalin gara-gara cuaca tidak mendukung.

  • Christchurch Gondola (NZD 30) — Pemandangan dari atas bagus, cuma harganya menurut gw agak kemahalan.
  • Mt John Observatory Car Entrance Fee (NZD 8) — Recommended.
  • Puzzling World (NZD 22.5) — Recommended, apalagi kalo bawa anak-anak dan suka puzzle. Gw aja suka lho :D.
  • Kiwi Birdlife Park (NZD 50) — Kecil, tapi recommended. Dijamin bisa liat kiwi (meski gelap-gelapan).
  • Milford Sound Cruise (NZD 69) — Recommended buat yang ga mabok laut.
Share this!

Leave a Reply

  Subscribe  
Notify of