Foto Prewedding di Singapura

Halo semuanya!

Sebelumnya, gw udah menceritakan proses pre-wedding photoshoot gw di Korea Selatan. Yang belom baca, bisa cek postingannya di SINI.

Baca Juga: Jasa Personal Fotografer di Singapura

Di postingan ini, gw akan menceritakan proses pre-wedding photoshoot gw di Singapore. Yes, kita emang hobi foto. Dari foto studio profesional, sampe studio kaki tiga (tripod sendiri maksudnya =P)

Paket dan Harga

Judulnya “{Nama Perusahaan} Anniversary Maga Sale”. Enggak, gw ga typo, emang tulisannya ‘Maga‘ bukan Mega.

PS: Gw ga mau sebut nama perusahaan seperti postingan gw tentang prewedding di Korea, karena…. perusahaan ini GAK recommended banget banget buangeettt.

————–

Singapore (outdoor service): SGD 1,288. (Usual Price: SGD 2,088)

5 Hours Package Include:

  • Professional Photography Service.
  • Professional Makeup plus hair do.
  • 3 gowns off the rack rental for pre-wedding shoot.
  • 1 men’s suit off the rack rental for pre-wedding shoot.
  • 1 set of classic wedding album 12″ by 8″R size: 10 images.
  • 1 pc 8R Classic table top.
  • 1 pc bed top 12′ by 12′ bed top.
  • 100 pc 2R give away photo.
  • 1 classic signature book.
  • Selected photos return in CD.

*No hidden cost.

————–

Gw mikir. Ini ‘maga’ sale kok masih above average. Tapiiii… hasil editannya baguusss. Gw  dan Mr Hamburger suka. Style ala-ala di majalah gitu.

Akhirnya setelah tawar menawar yang sengit (Mr Hamburger sampe gw suruh diem karena dia ga bisa nawar. Masa dia bukannya dukung gw malah dukung orang marketing-nya? #sigh), harganya pun turun. Drastis. Banget.

Paket akhirnya jadi begini:

Singapore (indoor + outdoor {3 location of customer’s choice} service): SGD 1,288 (Nett – inclusive 7% GST)

5 8 Hours Package Include:

  • Professional Photography Service.
  • Professional Makeup plus hair do.
  • 3 gowns off-the-rack rental for pre-wedding shoot + 1 own outfit.
  • 1 2 men’s suit off-the-rack rental for pre-wedding shoot + 1 own outfit.
  • 1 set of classic wedding album 12′ by 8′ 12′ by 15′ size: 10 25 images.
  • 1 pc 8R Classic table top.
  • 1 pc bed top 12′ by 12′ 20′ by 24′ or 3-in-1 bed top kita pilih 3 in 1 karena keliatan lebih elegan.
  • 100 pc 2R give away photo.
  • 1 classic signature book.
  • Selected photos return in CD.
  • Free of charge ampoule and fake eyelashes – biasanya harus nambah SGD 40.
  • Free transportation (include petrol, driver, parking, toll) – biasanya harus nambah SGD 100.

*No hidden cost (uhuk!)

Studio

Kantornya sebenernya lumayan luas, lebih dari 10m x 10m, cuma keliatan sumpek karena banyak dress-nya. Untuk tempat foto studio-nya sendiri ruangannya terbatas banget. Tapi kita ga mempermasalahkan karena niatnya mau banyakin outdoor.

Komunikasi

Semua via telepon. Beberapa kali agak kesulitan karena salah satu karyawannya ga bisa bahasa Inggris sama sekali.

Kalo dibandingin sama pengalaman gw sama yang di Korea Selatan, yang ini pelayanannya jauh banget. Jauh lebih jelek maksudnya. Padahal lokasi gw sama mereka itu sama-sama di Singapore. Telepon murah, email, dan Whatsapp pun praktis, tapi… mereka sama sekali ga ada inisiatif kontak gw.

Contoh simpelnya, kita udah telepon janjian mau dress fitting tanggal sekian jam sekian. Eeeehh pas gw dan Mr Hamburger dateng pada tanggal dan waktu yang ditentukan, mereka malah nanya kita siapa dan mau ngapain. Duh. Kita pun jelasin kalo kita punya appointment, terus mereka keliatan agak kelabakan karena mereka… sibuk. Alhasil kita nunggu di sana bengong-bengong dulu 15 menit.

Setelah bengong-bengong 15 menit, kita pun fitting. Proses fitting-nya lamaaaaa, 4 jam lebih. Mereka sama sekali ga punya persiapan. Kadang harus keliling-keliling dulu nyari ukuran yang pas.

Begitu juga pas udah deket photo shoot. Mereka bilang fotografernya bakalan nelepon pas deket-deket hari H buat diskusi jadwal. Guess what, sampe sehari sebelumnya pun, mereka ga telepon. Kita yang berinisiatif nelpon sendiri buat diskusi jadwal.

Pas hari H, kita disuruh dateng jam 11 pagi buat makeup. Eeehh, jam 10:53 kita sampe sana, kantornya MASIH TUTUP dan dikunci dari luar. Baru jam 11:05 kita liat ada ada satu karyawannya dateng #sigh.

Baca Juga: Foto Prewedding di Korea Selatan (Seoul)

Pembayaran

Mereka minta semua langsung dibayar lunas waktu sign up. Pembayaran bisa cash atau pake kartu debit / kredit.

Proses Fitting

Seperti yang udah gw sebut di poin sebelumnya tentang komunikasi, proses fitting berlangsung selama lebih dari 4 jam. Lama, karena mereka sama sekali ga ada (dan sepertinya mereka ga berniat ada) persiapan.

Dress-nya banyak dan bervariasi. Sayang yang ngelayanin cuma satu orang. Udah gitu dia ga bisa bahasa Inggris sama sekali sampai akhirnya kita ngobok-ngobok sendiri. Gw nyoba kira-kira 9 dress, Mr Hamburger nyoba kira-kira 4 suit.

Selain ga ada persiapan dan kendala bahasa, yang bikin lama lainnya adalah ukuran baju. Mr Hamburger suka baju A dan B, tapi karena A dan B ga ada ukuran yang pas buat Mr Hamburger, dia akhirnya harus milih yang lain. Harusnya kalo udah tau ga ada ukurannya, ga usah disuruh coba lah ya.

Proses fitting di Singapore ga ada fotonya karena memang tidak diperbolehkan.

Baca Juga: Jasa Personal Fotografer di Singapura

Proses Foto

  • Dateng jam 11, tapi studio-nya masih tutup dan dikunci dari luar.
  • Beberapa menit kemudian, ada satu staff yang berjalan ke arah kita. Ternyata dia makeup artist sekaligus yang membantu kita fitting kemaren.
  • Makeup mulai jam 11.15, dan selesai dalam waktu 1,5 – 2 jam. Bukan cuma gw yang di makeup, tapi Mr Hamburger juga.
  • Foto indoor. Studio-nya kecil, ga sampe 15 menit beres. Fotografer-nya profesional tapi agak ketus. Orang Malaysia Chinese yang bahasa Inggrisnya agak belepotan. Terus kalo kita ga ngerti dia ngomong apa, dia kesel sendiri dan nadanya jadi ketus.
  • Karena matahari lagi silau dan menyengat, kita disuruh makan dulu. Gw dan Mr Hamburger pun keluar makan di hawker center deket-deket sana. Ga dikasih makan gratis di sini.
  • Jam 3 sore, balik lagi ke studio-nya buat retouch makeup, ganti style rambut, dan ganti dress. Kali ini prosesnya cepet, cuma 30 menit, dan gw udah siap buat foto outdoor.
  • Menuju lokasi outdoor 1, foto, dan ganti dress untuk lokasi outdoor 2.
  • Menuju lokasi outdoor 2, foto, dan ganti dress lagi untuk lokasi outdoor 3.
  • Menuju lokasi outdoor 3, foto, balik ke studio.
  • Sampe studio, balikin dress dan beres-beres. Kalo ga salah, kita sampe studio udah sekitar jam 7 an.
  • AKHIRNYA SELESAI JUGAAAAA. DUH CAPEKNYA.

Kenapa capek?

Setelah kita keluar dari studio untuk menuju lokasi outdoor 1, semua harus dikerjakan sendiri. Mulai dari mencincing gaun sendiri, bawa-bawa gaun sendiri (untuk di lokasi lain), bawa pakaian kasual sendiri, sampe aksesoris dan peralatan makeup pun bawa sendiri.

Ga ada dress assistant yang ikut. Cuma kita berdua, satu fotografer (yang ketus, super cuek, dan cuma mau bawa kamera doank) dan satu sopir yang selalu standby di mobil.

Ga ada makeup artist yang ikut juga. Jadi jangan heran kalo style rambut kita di lokasi outdoor semuanya sama, cuma aksesorisnya aja yang beda. Wong kita berdua ga ada yang ngerti cara style rambut. Hahaha.

Sampe di lokasi, kita harus jalan menuju spot yang cocok untuk foto. Dan kadang… jalannya… agak jauh. Begitu selesai foto di lokasi 1, gw harus ganti gaun buat foto di lokasi 2. Gantinya di mana? Di toilet disabled. Mending kalo toiletnya deket, spot foto ke toilet disabled itu lumayan juga jaraknya. Ditambah harus sambil angkat-angkat gaun di tengah sinar matahari Singapura yang menyengat.

Ukuran toilet disabled agak besar tetep terasa terlalu kecil untuk 2 orang dengan bawaan segudang. Kita di dalam udah mandi keringat, bagai masuk ruang sauna. Sesekali komplen, kenapa toilet disabled ga ada AC-nya. Mana proses ganti gaun kan, ga sesimpel ganti baju. Ganti gaun lebih ribet, lebih berat, dan lebih… melelahkan. Untungnya gw bawa tissue basah, lumayan seger buat menyeka keringat di (seluruh) badan.

Makanya pas akhirnya kita selesai, rasanya tuh capeeekkkk gitu. Mungkin dehidrasi juga, kurang minum dan terlalu banyak berkeringat. Beda banget feel-nya sama proses foto prewedding kita di Korea Selatan.

Baca Juga: Jasa Personal Fotografer di Singapura

Hasil Foto

Hasil fotonya biasa aja, tapi editannya bagus. Kaya model di majalah-majalah gituuu. Iyalah, kalo ga bagus, masa kita sign up?

Nih gw kasih preview yang belom di-edit:

Yang udah di-edit ala-ala majalah keren banget karena mereka gabung-gabungin beberapa gambar jadi 1 halaman. Cuma ya gituuu… proses pemilihan fotonya sedikit alot dan bikin emosi.

Yang penasaran sama cerita dan hasilnya, baca part 2 nya di SINI!

Baca Juga: Hasil Foto Prewedding di Singapura

Share this!
Subscribe
Notify of
2 Comments
Newest
Oldest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
laurensia
5 years ago

ci, boleh pm namanya? soalnya gw jg baru sign up paket pre-wed di spore dengan harga segitu (bahkan harga sebelum diskon pun sama) dan yang didapet dari paketnya kurang lebih sama juga. #jadiharapharapcemas